23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

PROFESI YANG PALING DICARI DI ERA TEKNOLOGI

duniafintech.com – Profesi mengalami dampak yang cukup signifikan akibat perkembangan zaman yang serba teknologi. Saat ini, sudah banyak jenis pekerjaan baru yang tercipta dari semakin majunya teknologi informasi.

Baca juga : DISTRIBUSI TEKNOLOGI BISA BANTU SESAMA?

Dengan perkembangan teknologi itu pula, profesi yang dulunya dianggap biasa saja, kini mungkin menjadi yang paling banyak dicari. Berikut adalah lima  profesi yang diprediksi paling sering dicari di zaman serba teknologi.

Baca juga : ERA DIGITAL MEMENGARUHI TREN KAMERA FILM

Programmer

Di zaman yang serba teknologi ini, para programmer sangatlah dibutuhkan. Hal ini dikarenakan programer dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem teknologi informasi yang digunakan untuk keperluan internal dan eksternal perusahaan. Profesi ini juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu produk perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan berbasis digital lainnya.

Untuk menjadi programmer, seseorang biasanya mengambil pendidikan formal selama 3,5 sampai 5 tahun. Setelah itu, akan mendapatkan kualifikasi sebagai programmer yang siap bekerja. Namun banyak juga lembaga non universitas yang menyediakan pendidikan untuk calon programmer.

Insinyur

Seorang insinyur juga sangatlah dibutuhkan, hal ini dapat dilihat dari tugas seorang insinyur, dimana para insinyur bertugas untuk mengembangkan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan teknologi baik di bidang listrik, kimia, hidrologi, biokimia, dan cabang teknologi lainnya.

Tidak hanya itu, profesi ini juga yang bertanggungjawab untuk merancang berbagai fasilitas publik dari bangunan, jalan, hingga alat transportasi. Untuk menjadi insinyur tidaklah mudah. Selain harus menempuh pendidikan yang  tinggi dengan gelar teknik di satu bidang, kemudian melanjutkan studi lagi untuk mendapatkan sertifikasi insinyur.

Baca juga : DATA CENTER DAN PERANANNYA DI ERA DIGITAL

Pengelola penitipan anak

Di zaman yang serba teknologi ini, membuka peluang yang sangat besar dalam berkarir. Kemudahan akses pekerjaan yang setara antara perempuan dan laki-laki membuat banyak perempuan zaman sekarang ini lebih memilih untuk bekerja daripada menjadi Ibu rumah tangga full time. Oleh karena itu, para perempuan yang telah menikah pastinya membutuhkan bantuan untuk menjaga anaknya.

Perusahaan tidak menyediakan fasilitas untuk anak di area kantor. Sehingga para Ibu yang memutuskan untuk bekerja harus mau meninggalkan anaknya. Tempat penitipan anak pun dapat menjadi pilihan  bagi para orangtua. Adanya penitipan anak ini juga memberikan pelayanan yang bisa dipercaya karena berupa sebuah lembaga dan bukan perorangan.

Untuk bisa membangun sebuah penitipan anak, Anda pastinya harus memiliki izin usaha yang sah. Selain itu, Anda harus memiliki keterampilan dan minat dalam mengurus anak-anak. Standar operasional berupa keterampilan para pekerja juga harus bisa dipertanggungjawabkan. Mengingat Anda akan mengasuh beberapa anak dalam waktu yang lama.

Administrator website

Lagi-lagi profesi yang berbasis teknologi, menjadi profesi yang paling dicari, yaitu seorang administrator website. Seseorang dengan profesi ini harus mampu menguasai berbagai macam sistem operasi baik yang berbasis Windows maupun Linux, baik instalasi hingga troubleshooting.

Selain itu, seorang administrator website harus lebih fleksible dalam jam kerjanya dapat dibilang pekerjaan ini tidak kenal waktu karena administrator website ini harus menjaga kelangsungan server, jadi sewaktu-waktu ada masalah pada server, administroter website harus siap mau dipanggil untuk memperbaikinya.

Pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi administrator website adalah pendidikan di bidang komputer dan teknologi informasi. Lama pendidikan antara empat sampai lima tahun. Selain pendidikan formal, seorang administrator website juga harus bisa mempelajari perkembangan dalam dunia teknologi digital.

Akuntan dan Auditor

Profesi lainnya yang banyak dicari ada pada bidang keuangan, yaitu akuntan dan auditor. Secara umum, seorang akuntan bertanggungjawab akan keuangan perusahaan. Adapun tugas-tugas mereka diantaranya adalah, mengatur perencanaan dan mengawasi arus keuangan perusahaan. Selain itu,  Profesi ini bertugas mengelola pengeluaran berupa pajak, biaya operasional, dan pembayaran gaji.

Seorang akuntan harus memenuhi kualifikasi pendidikan formal di bidang akuntasi. Pendidikan akuntansi ini merupakan bagian dari fakultas ekonomi, dan lama pendidikannya mulai dari tiga setengah tahun sampai lima tahun.

Sedangkan, seorang auditor secara umum bertugas mengevaluasi pencatatan keuangan yang dilakukan akuntan, termasuk apakah peristiwa yang berkaitan dengan keuangan yang tercatat benar terjadi.

Profesi ini memiliki beberapa tugas antara lain, menelaah laporan keuangan historis serta melakukan kegiatan atestasi. Adapun atestasi yang dilakukan melingkupi pengelolaan keuangan internal perusahaan, teknologi informasi, serta atestasi hal lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yanng ditemukan. Dengan adanya target pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tenaga auditor sangat dibutuhkan untuk mengukur transparansi perusahaan.

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

6 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU