29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

DATA CENTER DAN PERANANNYA DI ERA DIGITAL

duniafintech.com Data Center memainkan peranan yang sangat penting dalam menunjang bisnis para pelaku industri, khususnya industri digital.

Penggunaan data yang kian besar dan terus-menerus berkembang membuat kita membutuhkan investasi besar untuk membangun infrastruktur IT dalam rangka menjaga performansi server-server yang menjadi pusat data perusahaan.

Baca juga : STASIUN ANTARIKSA CHINA JATUH KE INDONESIA APA YANG AKAN TERJADI ?

Data Center, atau yang secara harfiah berarti pusat data, merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk penempatan beberapa kumpulan server atau sistem komputer dan sistem penyimpanan data (storage) yang dikondisikan dengan pengaturan catu daya, pengatur udara, pencegah bahaya kebakaran, dan biasanya dilengkapi pula dengan sistem pengamanan fisik.

Baca juga : APLIKASI ANDROID YANG PALING BANYAK DIUNDUH

Data Center pun merupakan kekuatan pendorong yang memungkinkan transformasi digital terjadi. Perkembangan dan adopsi kemajuan digital seperti big data, jejaring sosial dan Internet telah mendorong kebutuhan akan Data Center yang tangkas, efisien, intelligent dan future-proof.

Baca juga : ERA DIGITAL TAK KURANGI KEKHIDMATAN NYEPI DI BALI YANG HARI INI BEBAS LISTRIK DAN INTERNET

Menurut Muhammad Neil El Himam selaku Direktur Infrastruktur ICT Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) , jika pemerintah dapat mengoptimalkan peran data dengan baik, pelayanan ke publik akan menjadi semakin baik pula. Dimana pengelolaan data dalam hal ini membutuhkan Data center.

Tidak hanya itu, aktivitas virtual pun memerlukannya sebagai penjamin keamanan. Bayangkan, dengan adanya pusat data, data yang disimpan dan diunggah dapat diakses dimana dan kapan saja tanpa khawatir akan hilang ditelan zaman.

Selain itu, perannya juga penting untuk aktivitas lain seperti, sistem dalam mesin ATM, e-commerce dan masih banyak lagi. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa semua aktivitas itu diolah dan terekam di dalam beberapa server di suatu lokasi bernama Data center.

Dengan beragam pilihan untuk pengelolaan dan layanannya, setiap perusahaan harus mempertimbangkan pilihan dan manfaat yang spesifik untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pelanggan mereka.

Salah satunya, layanan Data Center harus dapat menghemat waktu dan uang klien yang diperlukan untuk menyewa sumber daya teknologi informasi tambahan guna mendukung perluasan bisnis mereka. Saat perusahaan memutuskan bermitra dengan penyedia layanan managed service yang baik, perusahaan juga akan mampu menyediakan layanan dengan lead time minimal saat muncul permintaan yang mendadak dari pelanggan.

Dengan memiliki Data Center yang terjaga kualitasnya dengan dukungan infrastruktur IT yang kuat, dapat disimpulkan bahwa Anda sebagai penanggung jawab infrastruktur IT dapat menjadi andalan bagi internal maupun eksternal perusahaan.

Semakin besar dan sering data dipergunakan, semakin kompleks fitur yang perlu Data Center Anda perhatikan. Data Center dengan dukungan infrastruktur IT yang kuat akan menjadi pendukung perusahaan dalam melakukan transformasi digital.

Written by : Dinda Luvita

Picture by : Pixabay.com

4 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU