25 C
Jakarta
Rabu, 3 Juni, 2020

Punya Modal Rp10 Juta? 4 Instrumen Investasi Ini Bisa Dicoba!

duniafintech.com – Investasi dewasa ini sedang digandrungi banya orang, terutama bagi kaum milenial. Apalagi meskipun modal yang dimiliki terbilang kecil, banyaknya penawaran instrumen investasi dari industri fintech di tanah air, bisa Anda jadikan lahan untuk mulai berinvestasi kendati cuma bermodal Rp10 juta atau bahkan kurang dari itu.

Untuk lebih menyakinkan diri dan lebih jelas, Anda bisa mengecek beberapa rekomendasi investasi dengan modal kurang dari Rp10 juta di bawah ini!

4 Instrumen Investasi

1. Gabung Pendanaan

Salah satu investasi yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil adalah ikut bergabung dalam proyek pendanaan startup. Bahkan Anda bisa memulainya sesuai dengan dana yang dimiliki. Di Koinworks misalnya, Anda bisa menjadi investor pendanaan suatu bisnis hanya Rp100 ribu saja. Sebagai fintech pinjaman peer-to-peer, Koinworks mempertemukan antara pemodal dengan peminjam dalam platformnya.

Dapat dikatakan, modal yang Anda investasikan ke dalam pinjaman peer-to-peer juga akan membantu banyak orang atau perusahaan memperluas bisnis mereka. Keuntungan Anda sebagai investor, tidak perlu repot memikirkan bagaimana usaha itu berjalan, tapi Anda menerima hasilnya lebih dari modal pinjaman yang Anda berikan.

Baca juga: Cadence Rilis Marketplace Investasi Kredit Berbasis Token Blockchain

2. Instrumen Investasi Reksa dana

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa Anda pilih dengan modal kurang dari Rp10 juta. Mengapa demikian? Hal ini karena Reksa dana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal atau wadah pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi.

Melalui reksa dana, Anda juga bisa mulai investasi dengan modal Rp100 ribu. Instrumen investasi dalam reksa dana cukup banyak, seperti saham, obligasi, dana syariah, dll. Untuk pemula, investasi reksadana ini cukup baik karena minim risiko. Keuntungan investasi ini adalah semakin besar modal Anda, semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

3. Emas

Investasi emas sejak dulu dipercaya sebagai investasi yang mudah dan menguntungkan. Harga emas yang saat ini berkisar di bawah Rp700 ribu bisa Anda beli di toko emas mana pun, dan bisa Anda simpan sendiri dengan sebaik-baiknya sebagai investasi, lalu menjualnya bertahun-tahun kemudian ketika Anda membutuhkan uang.

Seiring dengan perkembangan industri teknologi, bahkan Anda bisa membeli emas secara online. Di Bukalapak, misalnya, bahkan Anda bisa membeli emas dengan satuan nilai terkecil, yakni 0,0001 gram. Saat artikel ini dibuat, harga emas untuk 0,0001 gram hanya Rp66 saja.

4. Aset Kripto

Aset Kripto merupakan instrumen investasi yang kian ramai saat ini sejak kemunculannya pada tahun 2009. Aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan Doge ini bisa Anda dapatkan melalui permainan faucet atau dibeli di perusahaan pertukaran aset kripto, untuk kemudian diperdagangkan atau ditradingkan.

Jika kamu ingin mencoba berinvestasi atau melakukan jual beli aset kripto, perlu dipastikan bahwa tempat Anda bertransaksi adalah perusahaan yang sudah terbukti keamanannya dan populer. Di Indonesia sendiri terdapat perusahaan pertukaran aset kripto Indodax, yang juga melayani beli dan jual berbagai macam aset kripto.

Sebelum memulainya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu kepada para konsultan atau mendatangi langsung kantor Indodax yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, dll.

Modal yang dibutuhkan untuk investasi aset kripto ini juga tidak perlu besar. Dengan melakukan registrasi dan modal sekitar Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa memulai perdagangan aset kripto di platform indodax. Jika Anda takut dengan risiko harga yang sangat fluktuaktif, Anda bisa menggunakan jatah uang membeli sepatu atau baju Anda yang sudah numpuk di lemari, untuk membeli aset kripto!

Jangan terpaku hanya pada satu jenis aset kripto saja. Cobalah berinvestasi di beberapa aset kripto untuk meminimalkan risiko!

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa Anda lakukan dengan modal kurang dari Rp10 juta. Dengan memulai beberapa investasi di atas, setidaknya Anda punya simpanan di masa depan bila sewaktu-waktu diperlukan. Selamat mencoba!

Baca juga: BBM Gojek Berbagi Ilmu Keuangan dan Investasi

Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay

-Sintha Rosse-

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rangkuman Kabar Startup Jelang Kuartal 2 Tahun 2020

DuniaFintech.com - Memasuki penghujung kuartal 2 tahun 2020, industri usaha rintisan (startup) mengalami gejolak, beberapa di antaranya harus menghentikan sementara aktivitasnya, bahkan...

Penetrasi Fintech di Indonesia Berpotensi Meningkat! Ini Alasannya

DuniaFintech.com - Penetrasi fintech sebagai inovasi pada layanan keuangan disebut-sebut akan terus meningkat seiring dengan stabilnya pertumbuhan industri tersebut. Laporan teranyar e-Conomy...

Memanfaatkan Artificial Intelligence, Grab dan Google Hadirkan Layanan Ini

DuniaFintech.com - Grab bekerja sama dengan Google meluncurkan sebuah fitur dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Layanan yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence ini diberi nama Grab...

Sejumlah Perusahaan Pinjaman Online ini Dulang Keuntungan Ditengah Pandemi

DuniaFintech.com - Pandemi corona berdampak terhadap banyak sektor, termasuk ekonomi. Namun, transaksi di aplikasi pinjaman online baik pembayaran maupun pinjaman (lending) melonjak...

3 Aplikasi Pinjaman Online ini Siap Bantu Hadapi Krisis Keuangan

DuniaFintech.com - Di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil seperti saat ini, aplikasi pinjaman online menjadi langkah alternatif untuk memenuhi kebutuhan...
LANGUAGE