26.8 C
Jakarta
Jumat, 14 Juni, 2024

Ragam Manfaat Asuransi Jiwa untuk Lindungi Keluarga

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi jiwa merupakan produk perlindungan yang tak hanya memiliki ragam manfaat bagi pemegang polis alias tertanggung, tetapi juga bagi seluruh keluarga. Pasalnya, manfaat asuransi jiwa ini baru bisa dirasakan ketika pemegang polis meninggal dunia atau masa perlindungan berakhir.

Oleh karena itu, tak salah kalau menganggap bahwa asuransi jiwa merupakan aset yang bisa menjadi harta warisan dari pemegang polis untuk keluarganya atau ahli waris. Kalau kamu sekarang sudah berkeluarga dan bahkan sudah memiliki buah hati, sudah saatnya kamu memiliki produk proteksi yang satu ini.

Baca jugaJenis Risiko yang Ditanggung Asuransi Jiwa, Pahami Sebelum Membeli Ya

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaKeuntungan Memiliki Asuransi Jiwa yang Perlu Kita Cermati

Terdapat beberapa manfaat dari asuransi jiwa yang bisa dirasakan oleh keluarga. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Ragam Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Keluarga

  1. Menjamin masa depan keuangan keluarga
    Jika kamu merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga, maka risiko kerugian finansial yang harus dihadapi oleh keluargamu sangatlah besar apabila kamu meninggal dunia. Bahkan bisa jadi keluargamu tidak lagi memiliki pemasukan finansial setelah kamu tidak ada, sehingga mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harian.Hal ini bisa dihindari jika kamu memiliki asuransi jiwa. Sebab ketika kamu meninggal dunia atau cacat total sehingga tidak dapat bekerja lagi, perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan secara penuh sesuai dengan perjanjian dalam polis.

    Dana pertanggungan ini dapat dimanfaatkan oleh keluargamu untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti untuk kebutuhan sehari-hari, modal usaha, pendidikan anak, dan lainnya. Paling tidak keluargamu jadi memiliki waktu untuk membangun kembali kondisi keuangan seperti sedia kala.

  2. Tabungan dan dana cadangan
    Dana pertanggungan asuransi jiwa tidak selalu hanya cair ketika ada klaim kematian, dana ini juga bisa keluar ketika masa perlindungan berakhir meskipun kamu masih sehat lho. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah dana tabungan atau dana darurat di masa depan.Memang tidak semua perusahaan asuransi bersedia mengembalikan uang premi kepada nasabah ketika tidak ada klaim kematian, tapi ada beberapa produk di luar sana yang menyediakan fitur ini. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih dan membaca polis dengan teliti sebelum membeli produk asuransi jiwa ya.
  3. Warisan untuk keluarga
    Katakanlah kamu bukan pencari nafkah utama dalam keluarga, lalu apa masih perlu asuransi jiwa? Jawabannya iya.Apalagi bagi yang sudah punya anak, baik bagi suami maupun istri, asuransi jiwa merupakan produk keuangan yang memiliki manfaat besar bagi masa depan buah hati. Tak hanya bisa jadi tabungan, uang pertanggungan asuransi jiwa pun bisa dimanfaatkan sebagai harta warisan untuk anak kelak.

    Uang ini tentunya dapat membantu keuangan anak kita di masa depan. Mau sang anak masih bersekolah atau sudah berkeluarga, dana ini bisa membantu mereka memiliki keuangan yang lebih sehat dan mapan.

  4. Mengurangi beban anak saat kita pensiun
    Jika ketika masa perlindungan asuransi jiwa berakhir kita masih sehat tetapi sudah memasuki masa pensiun dan tidak bekerja lagi, uang pertanggungan dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di hari tua.Dengan begitu, kita pun sudah meringankan beban anak di masa depan. Mereka jadi tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memenuhi kebutuhan kita, karena kita memiliki dana cadangan dari asuransi jiwa.

Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Paling Pas untuk Kita

Jadi sudah tahu kan kalau asuransi jiwa itu manfaatnya juga bisa dirasakan oleh keluarga? Kini saatnya kita mencari produk asuransi jiwa yang paling pas. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Riset dan bandingkan produk asuransi
    Dengan kemajuan teknologi, mencari asuransi jiwa terbaik pun sudah bukan jadi hal yang sulit. Tinggal ambil gadget, dan riset produk-produk asuransi jiwa dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia lewat Internet.Lihat dan bandingkan masing-masing keunggulan serta kekurangan dari tiap produk, cek fiturnya, dan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.
  2. Pilih yang preminya sesuai budget
    Premi dalam dunia asuransi itu ibarat cicilan bagi debitur perbankan. Uang premi ini harus kita setorkan secara rutin, bisa bulanan, tiga bulanan, atau tahunan selama masa perlindungan berjalan. Oleh karena itu besar premi merupakan hal yang sangat penting kamu perhatikan ketika membeli produk asuransi.Pilih premi yang besarnya sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai kehadiran premi asuransi justru malah membebani keuanganmu dalam jangka panjang. Itu namanya kontraproduktif, bukannya untung malah buntung.
  3. Bandingkan nilai premi dengan manfaat dan uang pertanggungan
    Premi murah bukan berarti produk asuransi tersebut merupakan yang terbaik buat kita. Sama saja kalau beli barang murah, belum tentu barang itu merupakan yang terbaik nilainya buat kita. Yang harus kita lihat adalah manfaatnya alias value for money.

    Dengan harga murah, apa saja yang bisa kita dapatkan dari produk tersebut? Premi murah tapi kalau manfaatnya minim dan tidak sesuai dengan kebutuhanmu tentu akan percuma. Oleh karenanya pastikan tidak cuma premi murah atau masuk budget, tapi manfaat dan uang pertanggungan yang ditawarkan memang sesuai dengan yang kita butuhkan.
  4. Pilih yang produknya bisa dibeli online
    Hari gini siapa yang masih mau repot-repot ke toko fisik untuk belanja? Sama juga dengan asuransi jiwa. Kalau bisa beli online kenapa harus keluar rumah?Agar praktis dan tidak mengganggu kesibukanmu, pilihlah produk asuransi yang memang tersedia secara online. Tapi tetap perhatikan situs atau tempat penjualan produk tersebut ya. Jangan pilih website abal-abal dan mencurigakan. Nanti malah kamu jadi korban penipuan online.
  5. Perhatikan cara klaimnya
    Uang pertanggungan asuransi jiwa tentunya tidak akan cair kalau tidak ada keluarga yang mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu, cara klaim asuransi pun patut kamu perhitungkan saat memilih asuransi jiwa yang tepat.Tentunya kamu tidak ingin menambah beban keluarga yang masih diselimuti suasana duka dengan proses klaim asuransi yang ribet bukan? Oleh karena itu, perhatikan dan baca dengan teliti ketentuan klaim saat memilih asuransi jiwa. Kalau bisa pilih yang menyediakan layanan klaim secara online agar prosesnya lebih cepat dan praktis.

Demikian informasi seputar ragam manfaat asuransi jiwa. Semoga bermanfaat.

Baca jugaKeuntungan Asuransi Jiwa untuk Lansia Lindungi Orang Tua Tersayang

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU