33.7 C
Jakarta
Minggu, 7 Juni, 2020

Real Estate Syariah Tersedia di ETHISCROWD

duniafintech.com – EthisCrowd.com adalah platform crowdfunding real estate berbasiskan syariah pertama di dunia. Mengelola komunitas yang terdiri atas sekitar 20 ribu investor dan donatur, EthisCrowd.com telah memiliki jangkauan global, termasuk di Indonesia.

EthisCrowd.com berkantor pusat di Singapura, dan memiliki kantor cabang dan kantor perwakilan di Jakarta, Kuala Lumpur, dan Afrika Selatan, di mana investornya berasal dari 25 negara.

Dana yang dikelola oleh EthisCrowd.com diperuntukkan bagi keluarga yang ingin memiliki tempat tinggal layak. Investor dapat memulai menginvestasikan uangnya dalam jumlah kecil pada beberapa proyek perumahan sekaligus. Selain itu, investor juga dapat memilih proyek mana yang ingin mereka dukung.

Profesionalisme EthisCrowd.com tak perlu diragukan lagi. Sebagai bukti, EthisCrowd.com terpilih sebagai Best Islamic Crowdfunding Platform dalam ajang Global Islamic Finance Awards ke-6 (GIFA) 2016 lalu. GIFA 2016 diselenggarakan oleh Edbiz Consulting dan berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tuan rumah.

Penghargaan ini sesuatu yang signifikan. Masuknya kategori crowdfunding dalam GIFA merupakan pengakuan atas pertumbuhan dan adopsi Islamic crowdfunding. Lebih jauh, Islamic crowdfunding berpotensi untuk memainkan peran yang sangat penting dalam melengkapi ekosistem finansial berbasiskan syariah.

EthisCrowd.com berorientasi pada sektor real estate yang telah diakui eksistensinya sebagai perintis, terutama atas kepedulian Ethiscrowd pada proyek-proyek berdampak sosial. Crowdfunding merupakan sebuah konsep yang sedang berkembang pesat, di mana Sejumlah orang bersama-sama mengumpulkan dana untuk membiayai atau mendukung proyek atau kampanye tertentu.

Di tanah air, komunitas EthisCrowd.com dalam dunia real estate telah berhasil mendorong program Pemerintah dalam merealisasikan program pembangunan rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Proyek pembangunan rumah oleh Ethis dinyatakan telah memenuhi syarat untuk program perumahan bersubsidi yang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia. Indonesia sendiri diperkirakan menghadapi kekurangan lebih dari 14 juta rumah.

Proyek Affordable Housing yang dikelola oleh EthisCrowd.com adalah proyek yang layak secara komersial dan dapat memberikan keuntungan yang cukup baik bagi para investor. Tambah pula, di saat yang sama proyek ini menyediakan unit hunian bagi penduduk Indonesia. Dengan adanya program perumahan bersubsidi Pemerintah, pengembang hanya harus berkonsentrasi pada konstruksi dan penyelesaian perumahan. Singkatnya, EthisCrowd.com memainkan peran penting dengan menjembatani masalah finansial bagi proyek-proyek perumahan.

EthisCrowd.com menggunakan kontrak Mudarabah atas hak keuntungan investor melalui model bagi hasil (profit sharing) maupun bagi keuntungan (revenue sharing). Pembagiannya dilakukan secara langsung atara pengembang atau kontraktor dan investor. Tidak ada jaminan modal atau suku bunga tetap bagi investor. EthisCrowd.com juga melakukan seleksi ketat, termasuk survei proyek berkala untuk memastikan perkembangan pekerjaan. Investor juga akan mendapat laporan perkembangan proyek secara rutin melalui email jika telah melakukan registrasi di Ethiscrowd.com.

Proyek yang dipilih untuk listing pada umumnya telah memiliki pembeli. EthisCrowd.com juga telah menjalin kemitraan dengan Bank BTN Syariah, beberapa komunitas pengembang, dan kontraktor perumahan untuk mendanai program pembiayaan rumah bersubsidi.

Meski begitu, EthisCrowd.com menegaskan bahwa tidak ada jaminan pengembalian dalam investasi ini. Setiap crowdfunding atau alternatif investasi memiliki risiko tersendiri. Jaminan yang diberikan hanya sebatas legalitas dari pengembang atau pemilik proyek.

EthisCrowd.com setidaknya memberikan alternatif terhadap solusi masalah perumahan di sejumlah negara. Bukan tak mungkin, tempat tinggal layak dapat meningkatkan kualitas hidup sebuah keluarga.

 

Source: thiscrowd.com

Written by: Sebastian Atmodjo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Aset Kripto yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Investasi

DuniaFintech.com - Istilah cryptocurrency dan aset kripto sering digunakan secara bersamaan. Faktanya, cryptocurrency hanyalah salah satu dari beberapa jenis aset kripto. Oleh karena itu, ada...

Cari Pinjaman Cepat Tanpa Jaminan? 3 Aplikasi ini Siap Bantu

DuniaFintech.com - Seringkali ketika kita tengah membutuhkan dana secara cepat selalu disulitkan oleh berbagai macam persyaratan terutama adanya jaminan. Namun kini banyak...

Aset Digital Ini Buat Uang Anda ‘Bekerja’ di Akhir Pekan!

DuniaFintech.com – Laju pergerakan aset digital pada akhir pekan ini (6/6) layak dicermati. Peningkatan tren positif di hari sebelumnya berpotensi untuk menghadirkan...

Hadapi Era New Normal, Koinworks Fokus Dampingi UMKM Digital

DuniaFintech.com - Seluruh masyarakat Indonesia tengah mempersiapkan diri dalam memasuki era new normal. Begitu pun dengan kondisi perekonomian Indonesia yang perlahan memasuki...

Prediksi Bitcoin Tahun 2020, Ini Analisa Bloomberg

DuniaFintech.com - Setelah Bitcoin Halving Day pada 12 Mei 2020 terjadi, kabar terkait prediksi bitcoin semakin banyak dicari. Prediksi bitcoin di tahun 2020...
LANGUAGE