27 C
Jakarta
Senin, 27 Juni, 2022

RELASI SEDIAKAN SISTEM PEMBIAYAAN ALTERNATIF BAGIPELAKU UKM

duniafintech.com – PT Relasi Perdana Indonesia (RPI) merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia pada tanggal 5 April 2017. Relasi adalah sebuah platform marketplace Peer to Peer (P2P) Lending, yaitu suatu platform yang menjembatani pihak yang ingin memberikan pinjaman (pemberi dana) kepada pihak yang membutuhkan pinjaman (peminjam dana) dalam rangka melakukan suatu perjanjian pinjam- meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Sebagai platform P2P lending, Relasi telah terdaftar dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia dengan nomor surat tanda bukti terdaftar S-4193/NB.111/2017 pada 5 September 2017.

Relasi menyediakan alternatif pembiayaan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia yang efisien, cepat, mudah diakses, dan fleksibel. Relasi didirikan untuk memberikan kontribusi secara nyata bersama dengan pelaku industri keuangan lainnya dalam rangka meningkatkan tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Baca juga: https://duniafintech.com/klik-acc-tawarkan-lebih-dari-satu-pinjaman-kepada-pengguna/

Syarat menjadi pemberi dana melalui Relasi adalah:

-Berusia minimal 18 tahun

-Memiliki dana minimal Rp5 juta

-Mengikuti aturan main platform P2P Lending Relasi

Sementara itu, syarat menjadi peminjam dana ialah:

-Warga Negara Indonesia

-Usaha sudah berdiri minimal 2 tahun

-Omset per tahun minimal Rp1 miliar

-Usaha berada di wilayah Jabodetabek

-Memiliki SPK (untuk pembiayaan proyek)

-Memiliki aset berupa tanah dan bangunan untuk dijaminkan

Calon peminjam harus mengisi data terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman di Relasi. Setelah data diterima lengkap, maka akan dilakukan survei usaha. Bila disetujui, maka dana dicairkan. Proses pengajuan hingga pencairan dana ini memerlukan waktu kurang-lebih dua minggu.

Pengisian data, baik bagi pemberi maupun penerima pinjaman, dapat dilakukan melalui website www.relasi.co.id atau melalui aplikasi Relasi pada smartphone berbasis Android.

Baca juga: https://duniafintech.com/turnkey-lender-sediakan-platform-pinjaman-online/

Jumlah pinjaman melalui Relasi mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar. Jangka waktu pinjaman yang diberikan melalui platform Relasi antara satu bulan hingga dua tahun. Relasi menawarkan suku bunga yang dikenakan untuk pinjaman yang diberikan, yakni berkisar antara 1,25%-1,67% per bulan (15%-20% per tahun). Angka identik ini juga berarti imbal hasil untuk pemberi dana yang meminjamkan dananya di Relasi.

Relasi membebankan biaya kepada peminjam dana. Perinciannya adalah biaya komisi sebesar 2% dari nilai pinjaman yang diterima, biaya penilai independen, dan biaya notaris.

Selain itu, Relasi akan memungut biaya komisi sebesar 3% dari pendapatan bunga yang didapatkan oleh pemberi dana. Sebagai contoh, pemberi dana memberikan pinjaman sebesar Rp10 juta dengan suku bunga 1,25% per bulan, maka pendapatan bunga yang diterima pemberi dana adalah sebesar Rp125.000 per bulan. Atas pendapatan bunga tersebut, Relasi akan memungut komisi sebesar 3% dari Rp125.000 atau sebesar Rp. 3.750.

Relasi tidak menjamin sepenuhnya bahwa dana yang dipinjamkan 100% aman. Namun demikian, pinjaman yang diberikan kepada peminjam dana dijamin dengan agunan berupa tanah dan bangunan.

Baca juga: https://duniafintech.com/kredina-jamin-100-uang-kembali-bagi-investor/

Apabila peminjam dana karena suatu dan lain hal tidak dapat memenuhi kewajiban untuk mengembalikan dana yang diberikan, Relasi akan berusaha menjual agunan tersebut dan hasil penjualan akan digunakan untuk pengembalian dana pemberi dana.

Source: relasi.co.id

Written by: Sebastian Atmodjo

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Biaya CT Scan di Rumah Sakit Terlengkap

JAKARTA, duniafintech.com – Besaran biaya CT scan di rumah sakit memang variatif bervariasi, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor itu terdiri dari rumah sakit,...

Nilai Syariah P2P Lending Syariah, Adil dan Transparan

JAKARTA, duniafintech.com – Nilai syariah dalam P2P lending syariah ada apa saja? Benarkah P2P lending syariah halal? Mari kita kupas tuntas nilai syariah yang...

Pengamat Prediksi Bitcoin Akan Kembali Sentuh Level Tertinggi, Tapi Butuh Waktu Lama

JAKARTA, duniafintech.com - Pembawa acara keuangan “Mad Money”, Jim Cramer dalam acaranya menjelaskan prediksi Bitcoin dapat mengalami reli selama beberapa bulan ke depan, meskipun...

Civic Turbo Baru dan Bekas 2022, Segini Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Civic Turbo adalah jenis mobil dengan performa “gahar” dan hal itu sekaligus menjadi pesona alias daya tariknya. Mobil ini memang menjadi incaran...

Afrika Tengah Adopsi Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi, Ternyata Ini yang Jadi Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com - Adopsi Bitcoin oleh Republik Afrika Tengah (CAR) jadi mata uang resmi ukup mengejutkan dan membingungkan dunia kripto. Hal itu karena masih...
LANGUAGE