Ripple Akan Jembatani Remitansi Antara Malaysia dengan Bangladesh

0
244
remitansi
Image by mohamed Hassan from Pixabay

DuniaFintech.com – Remitansi atau pengiriman uang, kini menjadi lebih mudah. Ripple, salah satu perusahaan terbesar dunia yang bergerak di bidang aset kripto dan Blockchain baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan dengan Malaysia.

Kesepakatan itu dibuat untuk menjembatani proses remitansi atau pengiriman uang antar negara dari Malaysia ke Bangladesh dan sebaliknya.

Menurut pengumuman hari Selasa, perusahaan Malaysia, Mobile Money dan bKash asal Bangladesh akan memanfaatkan jaringan pembayaran global Ripple, RippleNet, untuk transaksi dompet-ke-dompet.

“Kemitraan ini akan berkontribusi lebih jauh bagi perekonomian nasional kita dengan mendorong aliran pengiriman uang asing masuk melalui jalur yang legal,” kata CEO bKash Kamal Quadir.

Di bawah lingkup bank sentral Bangladesh, Mutual Trust Bank (MTB) akan berfungsi sebagai mitra perbankan domestik untuk melakukan penyelesaian remitansi atau pengiriman uang. Meskipun Mobile Money mewakili sebagian kecil dari pembayaran seluler Malaysia, bKash memiliki basis pengguna lebih dari 45 juta. Perusahaan saat ini menangkap sebagian besar aliran pengiriman uang negara itu, yang terbesar ketiga di Asia Selatan. 

“Tahun lalu, pengiriman uang Bangladesh mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 18,2 miliar dolar AS dengan sebagian besar pengiriman uang ini berasal dari Malaysia, negara-negara Timur Tengah, dan AS,” kata CEO Mutual Bank Syed Mahbubur Rahman.

Para mitra tampaknya tidak merasa terganggu oleh masalah hukum yang sedang dihadapi oleh Ripple di A.S. Perusahaan tersebut dituntut oleh Komisi Sekuritas dan Bursa A.S. atas klaim bahwa ia melanggar undang-undang sekuritas federal dengan menjual mata uang kripto XRP (-6,57%) kepada konsumen ritel.

Sistem Layanan Ripple

Ripple adalah sebuah sistem yang menyediakan layanan real-time gross settlement system, pertukaran mata uang, dan jaringan pengiriman uang yang dibuat oleh Ripple Labs Inc., sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di AS.

Dirilis pada tahun 2012, Ripple dibangun di atas protokol open source terdistribusi, dan mendukung token yang mewakili mata uang fiat, cryptocurrency, komoditas, atau unit nilai lainnya.

Ripple dibuat untuk memungkinkan transaksi keuangan global yang aman, instan, dan hampir gratis dalam berbagai ukuran tanpa tagihan balik. Sistem buku besar terdistribusi ini menggunakan aset kripto asli sendiri yang dikenal sebagai XRP.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here