25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Catapa, Aplikasi HR dan Payroll dengan Teknologi AI

DuniaFintech.com – Penerapan AI (artificial intelligence) atau kecerdasan semakin meluas untuk dunia bisnis khususnya startup. Salah satu startup yang memanfaatkan AI adalah Catapa.

Catapa menggunakan artificial intelligence untuk menghadirkan sistem cerdas yang akan membantu divisi sumber daya manusia dalam perkantoran.

Catapa merupakan startup hasil inkubasi GDP Venture yang dirilis pertama kali pada 21 April 2017.

Secara garis besar, startup ini adalah Human Resources Intelligent System yang melayani berbagai kebutuhan kepegawaian, seperti pengelolaan data personalia, perpajakan, penggajian, hingga tanggungan asuransi.

Claudia, Asisten Virtual

Menariknya dari aplikasi ini dan membedakan aplikasi ini dari platform serupa seperti yang telah disinggung diatas adalah startup ini mengaplikasikan AI. Salah satu contohnya direpresentasikan dalam bentuk asisten virtual bernama “Claudia”.

Asisten virtual bernama “Claudia” tersebut didesain begitu interaktif agar dapat membantu karyawan dalam beberpa pekerjaan diantaranya pengajuan cuti ataupun persetujuan lembur dan lain sebagainya.

Untuk mengoperasikannya Anda cukup melakukan percakapan dengan Claudia yang dapat diakses langsung lewat smartphone Anda  kapan saja dan dimana saja. 

Baca juga :

Kemanan Data Terjamin

Selain AI, aplikasi ini juga menggunakan teknologi cloud sehingga pengkinian data dapat dilakukan secara otomatis serta dapat diintegrasikan dengan mudah. Aplikasi ini menjamin keamanan dan privasi dari informasi identifikasi pribadi.

Saat berhasil diaplikasikan, sistem langsung secara otomatis melakukan perhitungan pembiayaan/potongan untuk BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, termasuk melakukan perhitungan pajak pegawai.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa modul pendukung yang dapat ditambahkan ke sistem. Mulai dari modul Recruitment untuk proses perekrutan pegawai, Time Management untuk mengelola data kehadiran dan pengajuan cuti.

Selain itu juga terdapat modul Talent Management untuk mengelola segala macam hal terkait pengembang kompetensi pegawai, dan Reimbursement.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE