28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Rusia-Ukraina Perang, Saham-saham Ini Diborong Asing

JAKARTA, duniafintech.com – Rusia resmi menginvasi Ukraina sejak Kamis (24/2/2022) kemarin dan mengeskalasi perang terbaru. Tak ayal, akibat kecemasan pelaku pasar dalam beberapa pekan terakhir yang akhirnya terjadi ini, bursa saham global pun langsung ambrol pada Kamis, termasuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang jeblok 1,5%.

Mengutip CNBC Indonesia, uniknya, investor asing malah masih terus memborong saham di dalam negeri. Adapun pada Kamis, aksi beli aksi beli bersih (net buy) tercatat sebesar senilai Rp821 miliar di pasar reguler. Kemudian, ditambah juga pasar nego dan tunai yang totalnya menjadi Rp881 miliar.

Lantas, pada Jumat (25/2//2022), nilainya lebih besar lagi, yaitu Rp1,14 triliun di pasar reguler, sedangkan kalau menggabungkan di pasar nego dan tunai, net buy tercatat senilai Rp1,07 triliun.

Aksi borong ini membantu IHSG menguat lebih dari 1% ke 6.888,171 pada perdagangan hari ini. Bukan hanya dua hari terakhir, sepanjang pekan ini pun investor asing senantiasa mencatatkan net buy dengan total 4,55 triliun.

Ketika terjadi invasi pada Kamis lalu, investor asing paling banyak memborong saham PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) senilai Rp282,3 miliar, menyusul di belakangnya PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) senilai Rp203,8 miliar.

Di tempat ketiga sampai dengan kelima adalah milik PT MNC Studios International Tbk. (MSIN) sebesar Rp95,4 miliar, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sebesar Rp87 miliar, dan PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) sebesar Rp81,1 miliar.

Di sisi lain, net buy PT Bank Jago Tbk. (ARTO) pada Kamis kemarin tercatat sebesar Rp67,2 miliar dan sehari kemudian menjadi yang paling banyak diborong. Total, dalam dua hari terakhir, net buy ARTO mencapai Rp895,8 miliar. Hal itu pun menjadikan ARTO sebagai saham yang paling banyak diburu sejak perang Rusia-Ukraina pecah.

Lalu, ada BBNI berada di posisi kedua, dengan total net buy dalam 2 hari belakangan sebesar Rp320,4 miliar. Pada tempat ketiga ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. BBRI sebesar Rp302,5 miliar.

Inilah 10 saham dengan net buy terbesar selama 2 hari berturut-turut:

  1. ARTO: 895,8
  2. BBNI: 320,4
  3. BBRI: 302,5
  4. PTBA: 158,3
  5. INCO: 157,1
  6. EMTK: 128,5
  7. GGRM: 116,7
  8. ASII; 107,6
  9. BBCA: 103,2
  10. ITMG: 99,2

 

 

 

Penulis: Kontributor / Boy Riza Utama

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...
LANGUAGE