26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Salah Transfer Uang? Ini Langkah yang Bisa Kamu Lakukan

DuniaFintech.com – Salah transfer uang sering kali terjadi di masyarakat. Lalu bagaimana hal itu terjadi pada Anda? Berikut langkah yang bisa Anda lakukan ketika salah transfer uang.

Jangan panik

Jika hal tersebut terjadi pada Anda kondisikan diri Anda untuk tidak panik dan tergesa-gesa agar dapat mengambil langkah secara bijak. Kepanika justru akan membuat kita gegabah dalam menyelesaikan masalah, alih-alih sigap dan mengikuti prosedur untuk pengembalian uang, jika panik kita bisa mendapatkan masalah baru lagi.

Segeralah melapor ke bank

Kelalaian memang bisa menimpa siapa saja. Ketika kamu salah mentransfer uang ke rekening asing atau tak dikenal, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu melapor ke bank. Pergilah ke bank terdekat untuk melakukan laporan secara langsung. Namun, jika tidak memungkinkan, kamu bisa menelepon layanan customer service.

Ceritakan kronologis kejadian dan siapkan data dirimu

Saat melapor langsung ke bank atau melalui layanan customer service, pihak bank biasanya akan meminta penjelasan kronologi kejadian. Misalnya, bagaimana kamu bisa melakukan kesalahan saat transfer dan di mana kejadian tersebut berlangsung. Selanjutnya, pihak bank akan meminta kamu menyebutkan data diri untuk mencocokkan data diri kepemilikan rekening.

Baca juga :

Siapkan bukti transfer dan dokumen penting sebagai penguat laporanmu

Baik saat melapor langsung maupun melalui telepon, pihak bank biasanya akan meminta bukti transfer yang kamu lakukan. Itulah mengapa sebaiknya kamu menyiapkan bukti transfer atau transaksi, misalnya dengan foto atau screenshot. Hal ini sangat penting karena akan digunakan pihak bank sebagai data penguat untuk memproses laporanmu.

Biasanya setelah menceritakan kronologis dan menjawab pertanyaan Anda akan diberikan nomor id laporan. Catat baik-baik nomor id laporan tersebut karena nantinya harus dicantumkan pada dokumen pendukung yang perlu dikirimkan. Beberapa dokumen yang diperlikan antara lain:

  1. Copy KTP
  2. Bukti Transfer
  3. Surat Kejadian Kronologis bermaterai 6.000. Isinya adalah keterangan bahwa kita telah melakukan salah transfer secara detail seperti yang tadi sudah ditanyakan oleh customer care tadi. Diberi materai 6.000 dan ditandatangani.
  4. Biasanya pihak bank meminta untuk mengirim dokumen Anda. Kirim dokumen tersebut melalui email ke email bank yang bersangkutan kurang dari 1×24 jam.

Perlu diketahui pihak bank akan membantu mediasi dengan pemilik rekening salah transfer. Namun tidak menjamin perihal pengembalian uang. Oleh sebab itu, kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi Anda untuk tetap berhati-hati saat mengirim uang. Beberapa cara ini pun bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut:

  1. Cek kembali nomor rekening dan nama yang tertera. Baik melalui internet banking, mobil banking maupun ATM biasanya dikonfirmasi lebih dulu sebelum kita setuju untuk transfer.
  2. Khusus transaksi via internet banking sebaiknya Anda menghapus nomor-nomor rekening yang tidak diperlukan.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU