23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Sampoerna Foundation Bantu UKM Melalui MEKAR.ID

duniafintech.com – Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam membangun ekonomi nasional ialah dengan cara melakukan pemberdayaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). UKM adalah sektor usaha yang mampu bertahan ketika terjadi krisis multidimensi pada tahun 1998 dan krisis global pada tahun 2008.

Bahkan dalam peranannya, UKM menjadi penyumbang (Produk Domestik Bruto) PDB terbesar nasional hingga saat ini. Oleh sebab itu, aksesabilitas UKM untuk mendapatkan dana segar dengan mudah untuk mengembangkan usahanya dirasa sangat perlu.

Di dunia era digital saat ini, kini para pelaku UKM tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mencari pinjaman modal. Dengan mengakses internet berbagai macam peer to peer lending, usaha mandiri akan mudah mendapatkan tambahan modal usaha dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya, melalui MEKAR.

Mekar (PT Sampoerna Wirausaha) merupakan perusahaan fintech yang mempertemukan pengusaha yang membutuhkan pendanaan dengan orang yang bersedia meminjamkan uangnya sebagai modal usaha. Sistem seperti ini disebut juga dengan peer-to-peer (P2P) lending.

Perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Putera Sampoerna Foundation ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akses finansial bagi para pelaku usaha mandiri Indonesia yang memiliki dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi Indonesia. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan kemudahan terhadap akses pembiayaan bagi usaha kecil di Indonesia. Mekar.id adalah platform web yang digunakan oleh Mekar untuk memberikan layanan pinjaman ini.

Dalam upaya mencapai visi tersebut, perusahaan yang berdiri tahun 2010 ini bermitra dengan intitusi finansial (non bank) yang ada di Indonesia dan melibatkan orang-orang Indonesia yang lebih kaya untuk membiayai para pelaku bisnis atau wirausahawan Indonesia yang kekurangan modal.

Selain itu, Mekar menjangkau semua wilayah Indonesia melalui kerja sama dengan koperasi simpan pinjam, bank perkreditan rakyat, dan bermitra dengan Bank Sahabat Sampoerna. Sehingga kini Mekar telah memiliki 120 cabang di seluruh Indonesia yang dapat dikunjungi oleh para pelaku usaha mandiri.

Melalui kantor cabang tersebut, Mekar memberikan ruang tatap muka sebagai langkah meyakinkan dan memberi kepercayaan terhadap para pelaku usaha mandiri. Selain itu, dalam pelayanannya, Mekar pun memberikan bimbingan pengetahuan bagi para pelaku usaha mandiri yang belum bisa memanfaatkan teknologi untuk proses peminjaman dan pembayaran.

Melalui jaringannya yang terdiri dari para agen di seluruh Indonesia, Mekar dapat mengidentifikasi usaha-usaha kecil yang membutuhkan pembiayaan untuk tumbuh dan berkembang. Agen-agen Mekar akan menyampaikan masukan-masukan bagi lembaga-lembaga keuangan untuk ditindaklanjuti.

Dengan begitu, para investor dapat mengetahui profil peminjam dan lokasi usahanya, juga informasi mengenai rating setiap pinjaman disertai dengan proyeksi keuntungan. Para investor nantinya dapat memilih sendiri pinjaman mana yang akan didanai sesuai dengan preferensi dan kemampuan. Sehingga para investor memiliki kontrol penuh terhadap pilihan investasinya masing-masing.

Source: www.mekar.id

Written by: Andriani Supri

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU