25.3 C
Jakarta
Minggu, 25 Oktober, 2020

Seberapa Penting Pemanfaatan Teknologi di Bidang Asuransi? Simak!

DuniaFintech.com – Kemajuan dan digitalisasi melalui teknologi dinilai mampu mengubah sektor industri asuransi. Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh Presiden Direktur Mandiri AXA General Insurance, Enny. Menurutnya teknologi mampu mengubah pola perilaku pelaku asuransi, akan tetapi juga membantu efisiensi produktivitasnya.

“Indonesia dengan sebagian besar populasi usia muda sangat mudah dan nyaman menerima teknologi dan bertransaksi melalui digital. Jadi asuransi harus melihat ke sana, bagaimana bisa memanfaatkan teknologi untuk mendorong penetrasi pasar,”

Enny melanjutkan, asas prudensial dan market conduct dalam melakukan penetrasi teknologi terhadap industri asuransi merupakan hal utama. Ia juga mengatakan, para pelaku pasar tidak boleh mengabaikan perlindungan dan privasi konsumen.

Diketahui bahwa adopsi digitalisasi industri asuransi dapat meningkatkan produktivitas bisnis dan pemasarannya ke masyarakat. Dengan mengadopsi teknologi, cara pemasaran hingga promosi dapat memberi keuntungan untuk berbagai pihak yang terlibat, mulai dari konsumen, penyelenggara, tertanggung dan pihak perantara.

“Era digitalisasi dimana segala sesuatu dimudahkan dengan menggunakan sarana IT ataupun digital. Perlu diantisipasi bahwa nasabah teredukasi dengan produk-produk yang ditawarkan melalui digitalisasi oleh perusahaan asuransi,”

Baca juga:

Pemanfaatan Teknologi oleh Asuransi

Deputi Komisioner Pengawasan IKNB II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Moch. Ihsanudin menilai jumlah pengguna ponsel pintar di Indonesia yang meningkat menjadi peluang untuk pelaku industri asuransi menjaring pasar dan calon konsumennya.

“Data penduduk terakhir menyebut penduduk Indonesia berjumlah sekitar 270 juta dimana pengguna ponselnya 338 juta. Maka jangan heran, seseorang memiliki ponsel lebih dari satu. Jumlah penduduknya sama handphone-nya, banyakan handphone-nya dan aktif semua,”

“Ini merupakan peluang bisnis di asuransi. Itu bukan hal yang mengerikan. Justru itu peluang bagaimana kita bisa penetrasi ke sana sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menguntungkan,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tokocrypto Buka Layanan Pinjaman Uang ala Blockchain

DuniaFintech.com - Layanan keuangan berbasis internet dengan desentralisasi data (DeFi) mulai menancapkan kakinya di Indonesia. Salah satu penyelenggara, Tokocrypto telah membuka layanan...

Modal 1 Juta Bisa Dapat Untung Besar dengan Ide Usaha Ini, Apa Saja? Simak di Sini

Duniafintech.com - Modal sedikit bukan menjadi penghalang untuk tidak memulai berbisnis. Karena, banyak anggapan yang mengatakan bahwa berbisnis harus memiliki modal yang...

UMKM Bisa Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah di Fintech Ini, Di Cek Yuk!

Duniafintech.com - Pinjaman dengan bunga rendah untuk Modal Usaha ditawarkan Fintech P2P Lending untuk pengusaha kecil yang menghadapi kesulitan modal dan tidak...

Mau Beli Mobil Tanpa Keuangan Terganggu? Ikuti Cara Ini

DuniaFintech.com - Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil dapat membantu mengurangi biaya transportasi. Namun ternyata belum tentu loh, bisa saja justru...

Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Menggunakan Modal dengan Penghasilan Fantastis

Duniafintech.com - Ketika penghasilan tetap masih tidak bisa mencukup kebutuhan utama, tentu kerja sampingan adalah solusinya. Tetapi, Anda pasti lebih memilih pekerjaan...
LANGUAGE