31 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Kabar Baik untuk Pelaku UMKM, Tiru Cara Ini untuk Menaikan Omset Penjualan Online

Duniafintech.com – Saat ini pemerintah tengah menggenjot UMKM sebagai upaya untuk memperbaiki perekonomian. UMKM pun diutamakan untuk mendapatkan modal kerja agar segera pulih dari dampak Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu mengajak UMKM untuk mulai menyasar ranah digital agar dapat menaikan omset penjualan online para pelaku UMKM.

Salah satu cara yang bisa dilakukan UMKM untuk memaksimalkan teknologi digital yaitu dengan memahami digital marketing. Bukan hanya perusahaan besar saja yang bisa melakukannya, untuk usaha kecil pun bisa memanfaatkan digital marketing sederhana, misalnya social media ads, Google ads, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), blog, brosur online, video, dan lainnya.

Alasan utama kenapa digital marketing ini penting untuk pelaku UMKM karena persaingan yang sangat besar. Misalnya untuk kamu pemilik catering makanan sehat atau menjual baju impor. Ada banyak toko serupa di e-commerce sehingga kamu harus memastikan tokomu lebih stand out agar dilirik calon pembeli. Untuk itu, bagi para UMKM lakukan hal ini jika ingin menaikan omset penjualan online di masa pandemi.

Riset Produk dan Keyword

Melakukan riset produk dan keyword adalah salah satu yang terpenting dalam menaikan omset penjualan online. Gunakanlah Google Trends atau bisa juga Ubersuggest.io. Dua perangkat ini merupakan alat yang sangat berguna untuk melakukan riset. Ubersuggest bahkan cukup sederhana, cukup memilih lokasi (negaranya) dan klik search. Selanjutnya kata-kata yang sering diketik oleh orang-orang di negara takan segera muncul.

Copywriting atau Menulis

Semua orang pasti bisa menulis, namun tidak semua orang mampu menulis dengan baik dan tepat. Khususnya dalam urusan copywriting, yang berarti menulis sesuai dengan tren yang ada disertai tulisan yang memang menarik dan tidak membosankan.

Pastikan apa yang Anda tulis baik di blog maupun media sosial bukan sesuatu yang membosankan pembaca. Hindari melakukan hard selling kepada konsumen. Cobalah untuk menonjolkan sisi fungsi dan kelebihan dan apa kegunaannya bagi calon konsumen. Melalui cara ini, mereka tidak akan merasa Anda sedang menjual.

Baca Juga:

Iklankan Produk di Situs dan Forum Jual-Beli, Blog, Hingga Media Sosial

Memasarkan produk di situs dan forum jual-beli itu memang wajib hukumnya, namun jangan hanya itu yang menjadi media utama bagi Anda. Perhatikan media atau platform apa yang saat ini sedang ramai digunakan. Mulailah untuk menggunakan platform tersebut dan coba implementasikan kemampuan Anda menjual dalam media tersebut.

Contoh; untuk sekarang ini, Anda dapat menggunakan media sosial Instagram, Facebook, dan bahkan line hingga whatsapp sebagai media promosi selain dari situs dan forum jual-beli yang ada.

Belajar Beriklan di Facebook

Media sosial ini memiliki kekuatan yang sangat besar, apalagi jika Anda menggunakan iklan di dalamnya. Anda dapat menjangkau berbagai calon konsumen dari berbagai belahan dunia melalui Facebook. Harga untuk beriklan pun tidak mahal, tergantung seberapa besar jangkauan yang ingin dicapai. Biasanya dengan mengeluarkan Rp100 ribu – Rp 200 ribu per hari, Anda sudah bisa menjangkau hingga 1.000 – 5.000 calon konsumen untuk berkunjung ke halaman akun bisnis. Namun, pastikan Anda telah memilik page akun bisnis Anda sebelum beriklan di Facebook.

itulah cara yang dapat dipelajari agar dapat menaikan omset penjualan online Anda. Tentunya Anda tidak ingin kan omset yang dimiliki setiap bulannya selalu kecil. Yuk segera praktikan tips-tips di atas.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: 5 Keuntungan Investasi di Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini akan mengulas tentang berbagai keuntungan dan risiko investasi di fintech bagi milenial. Perlu diketahui, fintech Peer to...

Harga Anjlok Jangan Risau! Ini Strategi Trading Kripto yang Top

JAKARTA, duniafintech.com - Saat harga aset kripto sedang anjlok/mengalami penurunan, janganlah risau. Ada strategi trading kripto yang mesti Anda terapkan.  Trading kripto saat menjadi salah...

Harga BBM Pertalite Akan Naik, Dampaknya Mengerikan!

JAKARTA, duniafintech.com – Harga BBM Pertalite dan solar yang merupakan bahan bakar subsidi pemerintah akan dinaikkan pada minggu depan. Hal itu dilakukan karena subsidi yang...

Rekomended! Ini Aplikasi Faucet Bitcoin yang Terpercaya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Pemain industri kripto tentu gak asing lagi dengan istilah faucet. Ada rekomendasi aplikasi faucet Bitcoin terpercaya dan bisa dicoba.  Faucet kripto atau...

Project NFT Asal Indonesia Terpopuler, Bukan Cuma Ghozali Lho!

JAKARTA, duniafintech.com - Masih ingat dengan Ghozali? Karyanya merupakan salah satu project NFT asal Indonesia yang populer dan mendunia.  Tapi siapa sangka, bukan cuma Ghozali...
LANGUAGE