26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Selama Bulan Ramadhan, 7 Bantuan Ini Akan Dicairkan oleh Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com – Selama bulan Ramadhan 1443 H atau tahun 2022, sebanyak 7 bantuan ini akan dicairkan oleh pemerintah.

Hal itu tentunya menjadi informasi yang menarik bagi para penerima manfaat sebab tidak lama lagi bakal ada bantuan pemerintah yang kembali cair kembali.

Apa saja ragam bantuan tersebut? Berikut ini rangkuman bantuan selama bulan Ramadhan dari pemerintah:

  1. Bantuan PKLWN (Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan) 

Pertama, ada bantuan tunai yang bakal diterima untuk setiap penerima, yakni yang tunai dengan besaran Rp600 ribu untuk setiap bulan dan diprioritaskan bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai dengan kategori miskin ekstrem.

Di samping itu, bantuan ini pun diperuntukan bagi mereka yang merupakan pedagang kaki lima dan pemilik warung.

  1. BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Ekstra 

Ini adalah program bantuan tambahan sembako dengan uang tunai sebesar Rp200 ribu. Penerima manfaat ini nantinya dapat memperoleh bantuan dimaksud lewat Kantor Pos yang telah ditentukan.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) 

Kemudian, juga ada Program Keluarga Harapan tahap 2, yang bakal cair dengan periode bulan April—Juni 2022.  Bantuan ini diharapkan cair serentak di seluruh wilayah agar para penerima bantuan tidak menunggu lama pencairan PKH.

  1. Kartu Prakerja

Selanjutnya, ada program Kartu Prakerja, yang merupakan bantuan pelatihan kerja dan bantuan usaha.

Bagi mereka yang sudah lolos gelombang 23 ataupun 24, bakal memperoleh insentif di bulan Ramadan sesuai dengan jadwal yang sudah tercantum di dashboard masing-masing.

  1. BPNT Reguler

Ada pula bantuan sembako reguler yang pencairannya dibagikan pada periode April—Juni, dan, sebagaimana biasanya, bantuan tahap 2 bakal dicairkan dalam 3 bulan sekaligus.

  1. Program Indonesia Pintar (PIP) 

Ini adalah program bantuan untuk anak sekolah untuk jenjang SD—SMA yang penyalurannya bakal dilanjutkan kembali pada April ini. Dengan demikian, bagi yang sudah mendapatkan bantuan tunai di tahap 1, nantinya bakal memperoleh bantuan lagi dengan besaran yang sama seperti sebelumnya.

  1. Set Top Box (STB)

Terakhir, ada program pembagian STB merupakan rencana pemerintah untuk beralih dari televisi analog ke televisi digital. Jadi dikabarkan penyalurannya akan dilaksanakan pada bulan April nanti dan dibagikan ke penerima yang terdaftar di DTKS Kemensos.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Penarikan Uang di Indodax, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com - Setelah meraih untung dalam trading kripto, cara penarikan uang di Indodax tentunya sangat penting untuk diketahui.  Ini tentunya akan bermanfaat untuk menarik...

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...
LANGUAGE