28.9 C
Jakarta
Kamis, 30 Juni, 2022

SEMAKIN MAINSTREAM, ATM BITCOIN TERUS BERTAMBAH DI AMERIKA SERIKAT

duniafintech.com – Sekarang menenggak sekaleng bir dan membayarnya dengan menggunakan mesin Bitcoin bukan lagi khayalan. Di sebuah bodega (toko minuman mirip swalayan) di Manhattan, sebuah mesin besar futuristik yang mirip mesin ATM akan mengundang perhatian siapapun yang datang.

Itu bukan mesin ATM biasa melainkan BTM (Bitcoin teller mesin). Saat ini adalah lebih dari 80 unit mesin BTM yang tersebar di New York dan puluhan lagi di seluruh negeri. Sebuah pertumbuhan yang patut diacungi jempol bagi Amerika mengingat masih banyak negara di dunia yang memperdebatkan regulasi mata uang virtual ini.

Tahun ini, Bitcoin telah meningkat nilainya lebih dari seribu persen, dengan harga satu Bitcoin baru-baru ini (walaupun sebentar) melampaui $ 17.000. Pengusaha di berbagai sektor mulai memanfaatkan teknologi ini (si kembar Winklevoss, misalnya, sekarang menjalankan pertukaran Bitcoin Gemini).

Bitcoin telah memasuki kesadaran publik sebagai sesuatu yang misterius, mudah berubah, dan yang terpenting, sangat berharga. Tapi di mana manfaat ini akan terjadi, dan siapa yang benar-benar memiliki akses terhadap mereka, adalah pertanyaan yang sampai saat ini belum bisa dijawab.

Di Amerika Serikat, Anda akan menemui banyak BTM. Di pom bensin, di toko minuman dan swalayan. Seringnya, orang-orang memanfaatkan momen kenaikan harga Bitcoin dan menguangkan keuntungan yang mereka dapat dari sana dengan cara yang simpel.

Tidak seperti ATM biasa yang digunakan untuk menarik uang tunai, produsen BTM memasang mesin mereka karena semuanya berasal dari sistem perbankan alternatif karena tidak memiliki cara baru bagi orang-orang yang tidak memiliki akun bank untuk mengirim pengiriman uang.

Namun mungkin untuk beberapa saat BTM belum akan menggantikan apalagi bersaing dengan mesin ATM konvensional. Sebagian besar BTM tidak benar-benar mengeluarkan uang. Karena Bitcoin adalah mata uang virtual yang nilainya ditentukan oleh pasar – dan karena nilai masing-masing Bitcoin sekarang sangat tinggi, sekitar $ 16.800 (saat artikel ini ditulis) fungsi BTM lebih seperti mesin penjual barang modal kecil.

Meski begitu, pertumbuhan BTM yang cukup pesat di Amerika Serikat menunjukkan seberapa besar pengaruh Bitcoin di negara itu.

Source: inman.com

Written by: Dita Safitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berlaku 1 Juli, Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Wajib Daftar MyPertamina 

JAKARTA, duniafintech.com - Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) mewajibkan masyarakat yang membeli Pertalite dan solar subsidi di SPBU mendaftar terlebih dahulu di...

Parah Banget! Bandar Kripto Ini Tak Mampu Bayar Utang Senilai Rp 9,9 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan pengelola dana (hedge fund) kripto terkemuka yakni Three Arrows Capital resmi dinyatakan gagal bayar pinjaman atau utang senilai lebih dari...

Ada Kemajuan, Jaringan Cardano Digadang-gadang Bakal Dominasi Marketplace NFT Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com – Sejak sukses meluncurkan smart contract-nya pada tahun lalu, lebih dari 1000-an proyek masuk ke jaringan Cardano. Kali ini, penggemar NFT, Goofy...

Rencana Investasi P2P Lending Syariah Untuk Renovasi Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi di instrumen P2P Lending Syariah memberi peluang tepat untuk banyak tujuan. Maka dari itu investasi di sektor P2P Lending syariah...

Gagal HODL, Penambang Bitcoin Terpaksa Jual Murah Stok Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Anjloknya harga Bitcoin membuat para penambang harus menjual lebih dari 100% produksi mereka. Menurut Arcane Research, ini terjadi di bulan Mei...
LANGUAGE