33 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Sentimen The Fed, Deretan Kripto Ini Berpotensi Melemah Awal April 2022

JAKARTA,duniafintech.com – Pasar kripto mengalami pekan yang buruk sejak mengawali April 2022. Kondisi pasar tiba-tiba terperosok imbas langkah The Fed untuk kembali mengetatkan kebijakan moneter. 

Trader kripto di Tanah Air, Afid Sugiono mengatakan sikap The Fed yang semakin agresif menjadi sentimen negatif bagi pasar kripto.

Menurut dia, kenaikan suku bunga The Fed akan mengurangi likuiditas di pasar keuangan dan membuat arus modal masuk ke aset kripto semakin berkurang, karena investor mengurangi minat ke aset tersebut. 

Selain itu, sentimen positif yang beberapa hari terakhir, menurut Afid juga tidak berpengaruh pada pergerakan pasar kripto. Berdasarkan analisa fundamental dan teknikal, Afid mengatakan ada beberapa kripto yang berpotensi melemah sepanjang pekan pertama April 2022. 

Dilansir dari Liputan6.com, adapun deretan kripto tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Zcash (ZEC)

Zcash akan berpeluang mengalami penurunan nilai pada pekan ini. Kondisi bearish ZEC dipengaruhi oleh sentimen negatif pada koin privasi. Afid, melihat penurunan ZEC bisa sampai 15 persen dengan harga hingga USD 143 atau sekitar Rp 2 juta.

“Koin privasi tidak menemukan banyak pendukung di antara regulator dan penegak hukum. Mereka dianggap dapat membantu menghindari sanksi dan pencucian uang. Ramainya kabar ini turut membuat nilai ZEC tertekan,” kata Afid dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2022).

  1. ApeCoin (APE)

Aset kripto fenomenal, ApeCoin (APE) berpotensi kembali masuk fase bearish pada pekan ini. Afid melihat ApeCoin berisiko melakukan aksi jual besar-besaran karena APE turun 70 persen dalam dua minggu. Dari analisis teknikal, APE akan mengalami penurunan hingga 14 persen dengan harga sampai USD 10. 

“Reli harga APE yang terjadi pada pertengahan Maret tampaknya sudah habis berkat penurunan 70% dalam dua minggu terakhir dan mungkin jatuh lebih jauh pada bulan April ini,” ujar Afid.

  1. Injective (INJ)

Injective Protocol merupakan proyek blockchain yang memiliki ide revolusioner. Ini bertujuan untuk membuat pertukaran mata uang sepenuhnya terdesentralisasi atau jaringan yang dioperasikan publik. Artinya, pertukaran hanya dioperasikan oleh orang-orang yang memegang token INJ. 

Meski memiliki fundamental yang baik, INJ pada pekan ini masuk dalam kripto berpotensi bearish. Afid melihat walaupun sempat terjadi kenaikan nilai hampir 100 persen pada pekan lalu, tapi pekan ini INJ mengarah ke penurunan.

  1. JUST (JST)

JUST adalah ekosistem decentralized finance (DeFi) baru yang populer untuk blockchain TRON. Produk ini adalah sebagian besar berpusat di sekitar platform pinjaman stablecoin terdesentralisasi dengan nama JustStable.

Pengelola Ekosistem koin Just (JST) adalah JUST Foundation, yang mencakup individu dari Alibaba, Tencent, IBM. Sementara tim analisis keuangan JUST berasal dari beberapa bank investasi global menurut situs web proyek.

  1. SelfKey (KEY)

SelfKey adalah platform identitas berbasis blockchain. Teknologi ini memberi individu, perusahaan, bursa, startup fintech, dan bank untuk platform mengelola data identitas atau biasa disebut KYC (Know Your Customer).

Afid melihat KEY berpotensi bearish dengan penurunan nilai hingga 11 persen. Dari analisis teknikalnya harga KEY bisa anjlok sampai USD 0,006.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU