24.6 C
Jakarta
Sabtu, 15 Agustus, 2020

Sertifikasi Berbasis Blockchain Ini Jaga Keamanan Data untuk Melindungi Bisnis Anda

DuniaFintech.com – Sertifikasi berbasis blockchain di Indonesia, Trusti marak diperbincangkan. Trusti sendiri adalah platform di mana penggunanya dapat mencatat dan memverifikasi keabsahan suatu file digital menggunakan teknologi blockchain Vexanium.

Trusti adalah penerapan nyata dan tepat guna teknologi blockchain untuk sertifikasi data. Dibesut oleh pemuda Yogyakarta, Damos Hanggara Trusti mengusung teknologi blockchain Vexanium yang dipadukan dengan IPFS (Interplanetary File System).

Baca juga :

Membuat sertifikasi berbasis blockchain untuk produk Anda dapat dengan melalui Trusti. Cukup unggah file yang diinginkan ke IPFS, lantas data hash file tersebut disimpan di blockchain Vexanium. Berikut beberapa langkahnya.

1. Pastikan Anda mempunyai aku baru di Trusti.id. Cukup masukkan nama, alamat e-mail dan masukkan password, lalu konfirmasi akun dari e-mail.

2. Setelah login ke akun Anda, klik tautan Browse di sisi kanan laman. Pilihlah file yang Anda inginkan. Bisa berupa file gambar, suara, maupun video.

3. Setelah file terpilih dan tercantum di laman awal, Anda bisa mencantumkan catatan tambahan terhadap file tersebut. Misalnya dalam tutorial ini, saya memilih satu gambar dan saya beri beberapa catatan yang terkait dengan gambar itu. Caranya, ketik di bagian Asset Name. Jikalau kurang, bisa menambahkan lainnya dengan menglik tanda plus. Catatan ini merupakan metadata terhadap file tersebut.

4. Lalu, lanjutkan dengan mengklik tombol slide di bagian “Upload this file to the IPFS Network” agar file tersebut diunggah ke jaringan komputer bersistem IPFS yang peer-to-peer. Karena sudah bersistem IPFS, maka Anda tidak perlu khawatir file itu hilang, karena disebar ke komputer yang jumlahnya banyak.

5. Setelah itu, klik tombol Certify. Tunggu beberapa detik hingga informasinya muncul di sisi Assets.

6. Klik nama Assets untuk melihat rincian informasi sertifikat-nya.

7. Untuk memastikan bahwa file tersebut sudah tersimpan di IPFS, klik tombol Download Files di sudut atas kanan, hingga terbuka satu tab baru yang berisikan file yang Anda unggah sebelumnya.

8. Untuk memastikan sudah tersimpan di blockchain Vexanium, klik tombol View on Vexanium, hingga terbuka satu tab baru yang menampilkan laman Blockchain Vexanium Explorer.

9. Jikalau Anda memerlukan file sertifikatnya, klik tombol Receipt, hingga file PDF terunduh.

10. Barcode pada sertifikat itu bisa dijadikan acuan untuk memverifikasi menggunakan aplikasi Trusti.

Seperti yang kita ketahui, data yang disimpan di jaringan blockchain sifatnya lebih aman dan transparan, sehingga bisa mencegah terjadinya kecurangan atau perubahan-perubahan yang tidak diinginkan. Belum lama ini, Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) dikabarkan menjadi asosiasi pertama di Indonesia yang menginisiasi blockchain certificate bersama platform Vexanium melalui Trusti. Aptiknas menggunakan teknologi blockchain ini untuk mencatat kartu tanda anggota (KTA) dalam asosiasinya.

Sebagai aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh semua orang secara global, masih banyak hal dan kemungkinan yang bisa dicapai dengan menggunakan aplikasi berbasis blockchain ini, seperti sertifikasi PDF, audit jejak, verifikasi dokumen, auditabilitas forensik, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Indonesia, Raih Keuntungan Optimal Dengan Ini

DuniaFintech.com - Masih bingung bagaimana cara mendapatkan Bitcoin gratis di indonesia? Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan investasi...

Daftar Nama Besar Perusahaan Pemberi Modal Startup Indonesia

DuniaFintech.com - Ekosistem usaha rintisan, atau dikenal dengan sebutan startup telah menjadi tren positif dalam mendukung ekonomi digital Indonesia. Adopsi dan perkembangan...

Aplikasi Penghasil Saldo Gopay yang Banyak Diburu Kaum Milenial, Apa Saja? Simak Disini

DuniaFintech.com - Generasi milenial kini semakin dimudahkan dalam mencari sumber pendapatan tambahan dengan kemajuan teknologi internet. Selain banyaknya pekerjaan sampingan dengan sistem...

Fintech P2P Lending Jadi Primadona, Pinjaman Meroket Di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com - Fintech P2P Lending jadi primadona? Pinjaman online lewat fintech peer to peer (P2P) lending meroket di tengah pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan...

Facebook Berencana Akuisisi Perusahaan Aplikasi Saingan TikTok

DuniaFintech.com - Bukan TikTok, raksasa jejaring sosial Facebook berencana akuisisi perusahaan aplikasi Dubsmash sebagai ancang-ancang atas upaya Microsoft mengakuisisi Tiktok. Menurut sebuah...
LANGUAGE