27.8 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Simulasi Saham Online Terbaik, Coba di 7 Platform Ini!

JAKARTA, duniafintech.com – Simulasi saham online tentunya perlu diketahui saat ingin terjun ke dunia penanaman modal lewat instrumen saham.

Saham sendiri adalah salah satu pilihan investasi yang tepat karena bisa memberikan keuntungan. Namun, memang tidak semua investor saham mendapatkan cuan di awal permulaan.

Nah, kalau kamu tertarik untuk memulai investasi, tetapi  masih belum tahu bagaimana dan dari mana harus memulainya, maka mulailah dengan menyusun tujuan investasi dan coba simulasi saham.

Adapun simulasi saham ini nantinya akan membantu kamu sebagai calon investor untuk mempelajari cara jual beli saham dan melihat peluang yang menguntungkan. Cara belajar saham satu ini dapat kamu lakukan di beberapa platform simulasi saham online secara gratis.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham dengan 4 Langkah Tepat

Daftar Simulasi Saham Online Terbaik

1. Virtual Stock Exchange

Di platform ini, audiens harus mendapatkan dukungan bermain saham secara online karena mereka yang hendak berinvestasi saham berasal dari berbagai negara. Simulator satu ini menarik karena adanya berbagai bahasa yang dapat kamu sesuaikan dan pilih.

Simulasi portofolio tersedia dalam berbagai bahasa, di antaranya Mandarin, Inggris, China, Spanyol, dan lainnya. Ketika menggunakan Virtual Stock Exchange untuk simulasi saham, tersedia begitu banyak fitur yang akan kamu dapatkan, seperti konten edukasi atau materi pembelajaran yang memudahkan kamu belajar saham.

Di samping itu, ada juga real-time ranking yang akan membandingkan return portofolio secara keseluruhan, mingguan, maupun bulanan. Adapun tool yang akan membantu proses riset bisnis saham akan semakin melengkapi pengalaman simulasi saham di platform satu ini. Tool itu dapat digunakan untuk memperoleh berita dan informasi terkini, riwayat harga, rangkuman indeks, dan sebagainya.

2. Stockbit – Aplikasi Simulasi Saham Online 

Selanjutnya ada Stockbit, yang merupakan aplikasi simulasi trading saham online gratis untuk pengguna android. Di situ, kamu bisa belajar menjadi pemegang saham melalui simulasi jual beli saham bahkan secara real-time.

Barangkali tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini pada mulanya adalah komunitas forum trading saham atau yang biasa dikenal sebagai social trading. Di forum itu, ada banyak manfaat yang bisa peserta dapatkan sebab ada banyak investor yang memberikan informasi terkait emiten maupun rekomendasi saham.

Stockbit sendiri memungkinkan penggunanya untuk berdiskusi, menganalisis, serta memperjualbelikan saham dalam satu aplikasi yang terpasang di ponsel atau smartphone. Di samping itu, aplikasi ini pun menyediakan berbagai pilihan perusahaan yang terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Berikut ini kelebihannya:

  • Tersedia fitur belanja saham
  • Memungkinkan pengguna jual beli saham secara online
  • Memungkinkan pengguna untuk belajar saham secara online
  • Forum diskusi seputar saham
  • Pengguna dapat menganalisa informasi seputar saham dengan investor atau trader yang bergabung di komunitas atau forum yang ada

3. Investopedia Stock Simulator

Investopedia stock simulator adalah sebuah website yang bisa kamu kunjungi kapan pun ketika hendak belajar berinvestasi saham alias dapat digunakan sebagai cara belajar main saham untuk pemula.

Melangsir website resminya, penggunanya akan mendapatkan uang virtual sebesar $100 ribu yang bisa digunakan untuk belajar trading saham. Di samping itu, Investopedia stock simulator pun menyediakan fitur mengobrol dengan pengguna lain di seluruh dunia yang bergabung di komunitas.

Di platform ini, kamu bebas memilih saham yang benar-benar ada di American Stock Exchange, New York Stock Exchange, dan lain sebagainya. Siapa saja bisa bergabung dan menggunakan website ini untuk belajar simulasi saham tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

4. MarketWatch Virtual Stock Exchange

Simulasi terbaik selanjutnya adalah marketwatch virtual stock exchange, yang barangkali agak kurang familiar bagi sebagian besar kamu yang ingin belajar jual beli saham. Marketwatch adalah perusahaan media bursa saham yang menawarkan kustomisasi simulasi trading saham kepada para penggunanya.

Di situ, kamu bahkan bisa mengubah tampilan atau apa saja yang harus kamu pantau dalam proses jual beli saham. Simulator yang satu ini pun memungkinkan penggunanya untuk membuat portofolio dan memperjualbelikan saham secara real-time.

Bahkan, kamu bisa berdiskusi mengenai strategi berinvestasi saham dengan pengguna atau pemain lain. Dengan menyediakan akses pada pengguna untuk berinteraksi satu sama lain, program simulator ini juga menawarkan kesempatan untuk belajar dari skill trader yang berbeda dengan strategi dan latar belakang yang berbeda.

Baca juga: Cara Membeli Saham Luar Negeri dan Pilihan Sekuritasnya

5. How The Market Works

Berikutnya, kamu mungkin tertarik untuk bergabung dengan lebih dari 400 ribu pengguna How The Market Works. Platform ini dapat menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin belajar saham secara gratis.

Secara umum, pengguna simulator ini adalah pelajar dan mahasiswa, tetapi ia pun terbuka untuk siapa saja. Juga ada komunitas atau orang dewasa yang sedang berlatih trading melalui website ini.

Sebagaimana simulator lainnya, How The Market Works pun memungkinkan penggunanya untuk bermain saham secara real-time. Di samping investor, mahasiswa, dan pelajar, ada banyak pekerja finansial yang menikmati fitur yang diberikan oleh platform ini.

6. StockTrak

Bukan hanya untuk pelajar dan mahasiswa, kamu yang ingin mencoba simulasi saham secara gratis pun bisa menggunakan StockTrak. Menjadi salah satu platform simulasi saham terbaik, StockTrak menawarkan analisis portofolio saham, menampilkan grafik hasil trading, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Platform virtual trading ini memungkinkan kamu untuk membuat konten yang sesuai kebutuhan dengan memilih waktu trading, saldo kas awal dan mata uang, jenis keamanan, dan lain sebagainya.

7. Wall Street Survivor

Di samping menyediakan tempat belajar simulasi saham bagi para pemula, Wall Street Survivor pun menawarkan hadiah. Sebagai informasi, situs simulasi ini sering mengadakan kontes yang berhadiah uang virtual, uang tunai, buku digital, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, simulator ini juga bisa membantu kamu mendapatkan tambahan modal untuk memulai investasi saham. Wall Street Survivor merupakan salah satu simulator saham yang menawarkan pengetahuan investasi serta finansial personal yang bisa kamu pelajari dengan cepat.

Bahkan, situs ini juga menyediakan artikel, video, dan sumber materi lain setiap hari sehingga para pengguna tidak akan ketinggalan informasi terkini. Terdapat ribuan kuis yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan seputar saham.

Simulasi Saham Online

Simulasi Trading Saham Online Gratis – Simulasi Saham Online

  1. IDX Virtual Trading

Dari namanya, IDX atau Indonesia Stock Exchange atau yang lebih dikenal dengan BEI ini adalah penyelenggara platform-nya. Ketika membuat akun, kamu bisa memulai simulasi trading dengan modal awal Rp5 miliar, tetapi dalam bentuk uang virtual.

Meski begitu, aplikasi trading ini dapat digunakan hanya dalam waktu 30 hari. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar memanfaatkan kesempatan baik ini agar memahami seluk-beluk trading dalam waktu tidak lebih dari satu bulan.

  1. Game Trading Saham Gratis TradeHero

Platform berbasis game ini akan mengharuskan kamu terlebih dahulu mengunduhnya supaya bisa terpasang di smartphone Android. Ketika bermain game ini, kamu akan mendapatkan dana virtual sebesar $100 ribu sebagai modal awal untuk simulasi trading saham BEI.

Nantinya, kamu bisa mengatur strategi mendapatkan cuan dari pengalaman simulasi saham BBRI atau emiten saham potensial lainnya.

  1. Kontan Online Simulasi Saham

Kontan Online Simulasi Saham disediakan oleh Majalah Kontan. Aplikasi berbasis web ini memungkinkan kamu untuk latihan trading langsung di website tanpa harus mengunduh dan memasang software apa pun.

Di samping itu, platform yang satu ini juga mengadakan kompetisi trading yang menawarkan berbagai hadiah menarik.

Sekian ulasan tentang simulasi saham online yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Ekuitas Pemilik Saham: Klasifikasi, Komponen, Cara Hitungnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE