26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Strategi Bisnis Properti yang Jitu untuk Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Strategi bisnis properti nampaknya penting untuk dipelajari karena industri ini menjadi semakin menjanjikan, sehingga semakin banyak orang yang mulai melirik bidang ini.

Permintaan akan properti mulai dari tanah, kavling, apartemen hingga wisma dan bangunan komersial tidak pernah surut. Hal ini tentunya akan membuka peluang bagi mereka yang ingin memulai usaha di bidang tersebut.

Namun perlu diingat bahwa ini bukanlah bisnis yang bisa dikembangkan dalam waktu singkat. Jika Anda ingin sukses dalam mengembangkan bisnis properti, dibutuhkan strategi, ketelitian, waktu, dan tenaga yang ekstra.

Jangan khawatir, berikut beberapa strategi bisnis properti yang bisa mengantarkan Anda menuju kesuksesan.

Baca jugaTips Memulai Bisnis Properti yang Jitu dan Menguntungkan

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaKeuntungan Investasi Tanah dan Properti yang Wajib Diketahui

Strategi Bisnis Properti

  • Tentukan Target Pasar Anda

Menentukan target pasar yang tepat adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Menentukan segmen pasar yang tepat sebelum memulai bisnis memang tidak mudah, namun tentu sangat membantu dan mempermudah segalanya.

Pilihlah segmen pasar yang pesaingnya sedikit jika tidak ingin mengambil risiko besar. Namun jika berani mengambil risiko, Anda bisa memilih segmen pasar yang sangat populer akan tetapi juga memiliki banyak pesaing.

  • Memilih Properti dengan Tepat

Strategi bisnis properti berikutnya adalah menentukan produk atau model bisnis yang tepat. Misalnya toko apartemen, jika mempunyai pengeluaran (modal) yang cukup besar. Atau jika Anda tidak memiliki budget ekstra, perusahaan persewaan apartemen atau ruko bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Tekankan Manfaat Properti

Strategi bisnis selanjunya saatnya mencari manfaat atau keuntungan dari properti. Misalnya saja lokasi yang strategis, fasilitas yang menarik dan ideal. Oleh karena itu pilihlah properti yang lokasinya tepat dan aksesnya mudah, serta perhatikan juga fasilitas disekitarnya, karena faktor ini bisa menjadi salah satu kepentingan pembeli atau penyewa.

  • Iklankan Properti Tersebut

Promosi adalah strategi bisnis properti yang tidak kalah pentingnya. Jika Anda sudah membangun bisnis properti, tentunya Anda perlu membuat perusahaan tersebut dikenal luas. Gunakan Internet dan banyak bentuk promosi properti lainnya.

Misalnya memasang iklan di website properti. Jangan lupa untuk menonjolkan kelebihan dari properti yang ditawarkan. Atau Anda juga bisa mengunjungi pameran properti seperti Harpropna yang biasanya banyak dikunjungi oleh para pencari properti. Gunakan kesempatan ini untuk memberi tahu audiens Anda lebih banyak tentang produk yang Anda jual.

  • Tetapkan Harga yang Kompetitif

Penetapan harga yang kompetitif juga bisa menjadi strategi bisnis properti yang efektif. Langkah ini dapat menunjukkan bahwa properti Anda mampu bersaing dengan properti lainnya. Jadi, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu yaitu harga pasar daerah dimana properti tersebut berada atau apa yang ditawarkan kompetitor Anda.

  • Coba Memulai Bisnis Sewa Properti

Anda dapat memulai bisnis akomodasi, persewaan, atau kost. Bisnis ini risikonya tidak setinggi bisnis properti. Anda harus cermat dalam memilih properti dan segmen pasar yang tepat, lokasi serta fasilitas yang sesuai seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

  • Investasi dalam Saham

Anda juga bisa mulai berinvestasi di saham properti jika Anda tidak punya banyak uang untuk membangun bisnis sendiri. Berinvestasi pada saham juga bisa menghasilkan imbal hasil yang menarik, apalagi jika Anda tahu cara membaca peluang dan cermat dalam memilih perusahaan yang tepat untuk berinvestasi. Jadi berhati-hatilah sebelum berinvestasi saham, pastikan Anda melakukan riset dan analisa terhadap perusahaan yang ingin Anda bidik.

  • Menjadi Agen Properti

Menjadi perantara antara pembeli dan penjual juga bisa menjadi strategi bisnis properti yang bisa Anda terapkan. Sebagai agen properti, Anda perlu memiliki informasi yang cukup tentang properti yang ingin Anda pasarkan. Menjadi agen real estat juga bisa sangat bermanfaat, apalagi jika Anda bisa melakukannya dengan modal kecil. Jadi ada baiknya untuk berhati-hati ketika Anda melihat peluang!

Inilah beberapa strategi bisnis properti yang bisa Anda coba saat ini. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Baca jugaIndonesia Gandeng Korea Selatan Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Tanah Air

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE