27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Strategi Investasi Bitcoin 2024: Tips Cuan saat Halving Day

Strategi investasi Bitcoin 2024 penting diketahui, khususnya tips cuan saat Halving Day. Tren harga Bitcoin diyakini mengalami perbaikan berkat disetujuinya ETF Bitcoin Spot oleh regulator Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), yang memicu peningkatan permintaan terhadap mata uang kripto paling bernilai. 

Selain itu, dalam waktu dekat, industri kripto akan mengalami periode halving. Dengan peluang pertumbuhan Bitcoin yang mungkin menarik minat sebagian orang untuk memulai investasi, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki strategi investasi yang baik. 

Hindari hanya mengikuti tren tanpa perencanaan yang matang, agar dapat menghindari potensi kerugian. Berikut ini ulasan selengkapnya terkait strategi investasi Bitcoin 2024 agar cuan saat Halving Day.

Baca juga: Bitcoin Parkir di Harga Rp 1 Miliar, Cek Harga Kripto Hari Ini

Strategi Investasi Bitcoin 2024

Apa Itu Halving Bitcoin?

Pada dasarnya, Halving Bitcoin merupakan peristiwa dimana jumlah token yang diberikan kepada penambang sebagai imbalan untuk pekerjaan mereka dipangkas setengahnya.

Halving terjadi setiap 210 ribu blok terbentuk, bertujuan untuk menjaga kelangkaan aset kripto seperti Bitcoin di pasar. Berdasarkan catatan historis, harga Bitcoin memiliki potensi untuk mengalami reli panjang ketika momen Halving terjadi, bahkan hingga satu tahun setelahnya.

Data menunjukkan bahwa pada Halving Day tahun 2012, Bitcoin mengalami kenaikan mencapai 9.800%, mencapai nilai US$1,031.95. Selain itu, Bitcoin juga mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa pada tahun 2013 setelah mengalami halving.

Pada Halving kedua, yang terjadi pada tahun 2016, kenaikan mencapai 3.000%, mencapai nilai US$20,089, dan mencapai rekor tertinggi setahun setelahnya. Halving terakhir pada tahun 2020 menyaksikan kenaikan harga sekitar 700%, mencapai nilai US$66,000. Pada tahun 2021, Bitcoin mencapai rekor tertinggi sepanjang masa.

Strategi Investasi Bitcoin 2024 agar Cuan saat Halving Day

Berikut ini beberapa strategi investasi Bitcoin 2024 yang bisa kamu terapkan agar cuan saat Halving Day.

1. Investasi rutin

Strategi investasi Bitcoin 2024 yang pertama adalah investasi rutin. Metode investasi yang umumnya dikenal sebagai dollar cost averaging (DCA) melibatkan pola investasi rutin. 

Dalam prinsip ini, investor dapat memanfaatkan fitur pada platform pertukaran aset kripto dengan memasukkan jumlah dana yang sama dalam periode tertentu. Pendekatan ini memungkinkan investasi tanpa perlu terlalu khawatir terhadap fluktuasi harga yang terjadi.

2. Selalu belajar aspek fundamental

Strategi investasi Bitcoin 2024 kedua adalah dengan selalu belajar aspek fundamental. Dalam dunia kripto, keberhasilan investasi sangat bergantung pada kemampuan untuk terus belajar dan menganalisis setiap keputusan investasi. 

Dengan mengadopsi peran sebagai analis untuk diri sendiri, Anda dapat lebih memahami dinamika tren investasi, termasuk pergerakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. 

Hindari terjerat dalam emosi FOMO (Fear Of Missing Out), yang dapat menimbulkan rasa cemas dan takut karena merasa ketinggalan sesuatu.

3. Hindari sifat serakah

Strategi investasi Bitcoin 2024 selanjutnya adalah dengan menghindari sifat serakah. Setiap keputusan investasi seharusnya didasarkan pada pertimbangan yang bijak. Penting untuk menghindari perasaan “keserakahan” atau greed. 

Baca juga: Bitcoin Tembus Rp1 M, Berapa Sih Sebenarnya Pajak Kripto?

Strategi Investasi Bitcoin 2024

Data Fear and Greed Index, yang mengukur sentimen pasar aset kripto, mencatat angka yang mencapai level tertinggi sejak Bitcoin mencapai puncaknya pada November 2021.

4. Tetapkan target harga profit dan loss

Strategi investasi Bitcoin 2024 yang berikutnya, yakni menetapkan target harga profit dan loss. Setelah melakukan analisis dan mendalami aspek fundamental, tahap selanjutnya adalah menetapkan target harga. 

Tentukan kapan Anda akan melakukan pembelian dan penjualan, serta pada level harga berapa. Anda dapat memanfaatkan fitur jual-beli yang sudah tersedia di banyak platform pertukaran kripto.

5. Diversifikasi portofolio

Strategi investasi Bitcoin 2024 yang terakhir adalah melakukan diversifikasi portofolio.

Meskipun adanya optimisme terkait persetujuan ETF Spot oleh regulator AS yang dapat mendorong pertumbuhan Bitcoin, bijaksana untuk melakukan diversifikasi pada portofolio Anda.

Terdapat banyak alternatif koin yang dapat Anda pertimbangkan, dengan pemilihan didasarkan pada hasil analisis dan tren pergerakan masing-masing koin.

Apapun katalis positif yang kini hadir di industri kripto, Anda tetap harus mempersiapkan exit-strategy saat seluruh pertimbangan investasi tidak terjadi. Termasuk gagal atau tertundanya keputusan persetujuan ETF dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Kembali diingatkan kripto merupakan aset yang memiliki tingkat volatilitas yang tinggi sehingga jika ada pemberitaan bersentimen negatif dapat menurunkan harga Bitcoin.

Strategi Investasi Bitcoin 2024

Penutup

Demikianlah ulasan terkait strategi investasi Bitcoin 2024 yang perlu diketahui sebagai tips cuan saat Halving Day 2024. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Pekan Ini Rekor Baru Diprediksi Pecah Terkait Harga Bitcoin Terus Naik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE