32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Syarat Bikin ATM BCA 2024 & Panduan Lengkap sesuai Jenisnya

Syarat bikin ATM BCA apa saja? PT. Bank Central Asia Tbk, atau lebih dikenal sebagai BCA, merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jaringan yang sangat luas. Selain menjadi bank terbesar, BCA juga menggunakan fasilitas teknologi untuk mempermudah proses transaksi perbankan bagi nasabahnya.

Salah satu fasilitas teknologi yang tersedia di BCA adalah Automatic Teller Machine (ATM). Setiap nasabah akan mendapatkan ATM secara otomatis setelah membuka rekening tabungan di BCA. 

Jika kamu tertarik untuk membuka rekening dan menjadi nasabah BCA, berikut adalah syarat bikin ATM BCA, seperti dinukil dari Gramedia.com.

Syarat Bikin ATM BCA dan Cara Membuat Rekening BCA Sesuai Jenisnya

Sebelum masuk ke syarat bikin ATM BCA, perlu diketahui bahwa BCA menyediakan berbagai jenis rekening atau tabungan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satu opsi menarik adalah Tabungan Xpresi, yang dikhususkan untuk anak-anak muda dengan jiwa kreatif. Tabungan ini memiliki biaya admin yang rendah, cocok untuk anak-anak muda yang ingin menabung dengan budget terjangkau.

Baca juga: 7 Keuntungan Investasi Saham BCA, Kejar Finansial yang Cerah

Syarat Bikin ATM BCA

Selain Tabungan Xpresi, terkait syarat bikin ATM BCA, BCA juga menawarkan BCA Dollar, sebuah jenis tabungan yang memungkinkan nasabah menabung dalam mata uang asing seperti USD atau SGD. Tentu saja, BCA memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah yang memilih BCA Dollar atau jenis tabungan lainnya.

Jika kamu tertarik untuk membuka rekening BCA dan ingin tahu syarat bikin ATM BCA, penting untuk mengetahui syarat-syarat pembuatan ATM BCA yang sesuai dengan jenis tabungan yang kamu pilih.

1. Tabungan BCA Tahapan

Tabungan BCA Tahapan merupakan pilihan tepat bagi mereka yang memiliki aktivitas rutin dalam memanfaatkan fasilitas dan layanan perbankan. Tabungan ini dilengkapi dengan Paspor BCA yang memiliki berbagai fungsi, dapat digunakan sebagai kartu ATM, kartu Debit, dan kartu Tunai. Nasabah dapat memilih jenis Paspor BCA yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat membuka rekening pada tabungan BCA Tahapan.

Terdapat tiga jenis tabungan BCA Tahapan, yaitu Paspor BCA Silver, Paspor BCA Gold, dan Paspor BCA Platinum. Setiap jenis tabungan BCA Tahapan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga jenis tabungan BCA Tahapan tersebut.

Paspor BCA Silver

BCA Tahapan dengan Paspor BCA Silver diperuntukan bagi nasabah yang memiliki rutinitas transaksi secara daring atau online atau pun dengan debit ATM BCA.

Paspor BCA Silver tidak cocok digunakan oleh nasabah yang terlalu sering mengambil uang secara tunai di ATM, dikarenakan Paspor BCA Silver hanya memiliki limit pengambilan tunai yang kecil yaitu sebesar Rp 7 juta pada mesin ATM.

Akan tetapi, keuntungan dari Paspor BCA Silver adalah nasabah dapat melakukan transfer dengan limit cukup besar yaitu sebesar Rp 25 juta melakukan mesin ATM.

Paspor BCA Gold

Jenis BCA Tahapan kedua adalah Paspor BCA Gold yang cocok digunakan oleh nasabah yang tidak terlalu sering melakukan tarik tunai pada mesin ATM dengan jumlah penarikan yang cukup besar.

Akan tetapi, kartu paspor BCA Gold ini memiliki transfer dana ke sesama rekening BCA yang lebih besar dibandingkan Paspor BCA Silver yaitu limit hingga Rp 50 juta.

Para nasabah pemegang kartu ATM Gold akan menerima fasilitas berupa belanja di berbagai macam merchant hingga limit Rp 50 juta dengan cara menggunakan kartu ATM ini sebagai kartu debit.

Paspor BCA Platinum

Tabungan Paspor BCA Platinum sangat cocok bagi nasabah yang memiliki mobilitas dan aktivitas cukup tinggi. Dengan menggunakan kartu BCA Platinum ini, maka nasabah dapat melakukan transfer dana hingga total limit mencapai Rp100 juta. Kartu ini juga memiliki limit debit yang tinggi yaitu mencapai sekitar Rp100 juta.

Syarat dan Cara Buka Rekening Tahapan BCA

Berikut beberapa syarat bikin ATM BCA dan cara membuka rekening untuk jenis tabungan BCA Tahapan.

  • Individu ataupun yayasan
  • Mengisi formulir permohonan melalui aplikasi daring atau bisa datang langsung ke kantor cabang bank BCA terdekat.
  • Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku dan NPWP.
  • Saldo setoran awal untuk BCA Tahapan adalah sebesar Rp 500 ribu, sementara setoran selanjutnya minimal Rp 50.000
  • Memiliki saldo rata-rata sebesar Rp 100.000 perbulannya.
  • Saldo minimum yang ditahan di rekening sebesar Rp 50.000
  • Akan dikenakan biaya administrasi setiap bulan dan pembuatan atau mengganti kartu ATM.

Bagi calon nasabah BCA Tahapan, bisa memilih untuk membuka rekening secara konvensional atau daring dengan memanfaatkan aplikasi dan website resmi BCA.

Jika ingin membuka rekening BCA Tahapan secara online, maka kamu hanya perlu memilih menu Daftar Online. Setelah itu, kamu akan secara otomatis diarahkan untuk mengisi formulir online. Selanjutnya kamu cukup mengikuti arahan dari website dan aplikasi online.

Usai semua data lengkap, maka kamu akan mendapatkan nomor referensi yang nanti harus kamu bawa ke bank beserta dengan persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.

Biaya BCA Tahapan

Seperti halnya jenis tabungan yang lain, nasabah perlu membayarkan biaya administrasi serta biaya pembuatan atau mengganti kartu. Biaya yang dikenakan untuk BCA Tahapan terkait syarat bikin ATM BCA adalah berikut ini:

  • BCA Silver: biaya administrasi setiap bulan Rp 15.000, pembuatan kartu Rp 10.000
  • BCA Gold: biaya administrasi setiap bulan Rp 17.000, pembuatan kartu Rp 15.000
  • BCA Platinum: biaya administrasi Rp 20.000, pembuatan Rp 20.000

2. Tabungan BCA Tapres

BCA Tapres atau Tabungan Prestasi merupakan jenis tabungan BCA yang cocok bagi nasabah yang ingin menikmati suku bunga yang diberikan oleh pihak BCA. Akan tetapi, pada 1 Januari tahun 2016 lalu, pihak BCA telah mengadakan perubahan biaya serta limit dari BCA Tapres, terkait syarat bikin ATM BCA, berikut rinciannya:

  • Setoran awal minimal harus Rp 5 juta
  • Saldo minimum rata-rata setiap bulannya Rp 5 juta
  • Biaya administrasi setiap bulannya sebesar Rp 17.000
  • Biaya membuat atau mengganti kartu ATM Rp 15.000
  • Biaya administrasi jika saldo di bawah minimal Rp 10.000
  • Persyaratan awal berupa setoran awal minimal Rp 5 juta dikenakan oleh setiap nasabah dengan umur 17 tahun atau lebih dan membawa kelengkapan persyaratan berupa kartu identitas dan telah mengisi formulir secara online atau offline di kantor cabang BCA terdekat.

Setelah mengetahui apa itu BCA Tapres dan besaran biaya yang dikenakan pada nasabah setelah melalui perubahan, berikut penjelasan tentang persyaratan dan cara membuka rekening BCA Tapres:

  • Calon nasabah mengisi formulir melalui situs Klik BCA untuk dapat mempermudah pemohon dalam melakukan pembukaan rekening pada kantor cabang BCA terdekat.
  • Pemohon diwajibkan untuk datang ke kantor cabang BCA untuk membuka rekening.
  • Usai mengisi formulir secara daring, pemohon dapat membawa nomor referensi yang diberikan dan melakukan pembukaan rekening pada kantor cabang BCA.
  • Membawa dokumen persyaratan kemudian mengajukan pembukaan rekening. Dokumen yang dimaksud meliputi: bukti identitas diri yang masih aktif atau berlaku berupa KTP atau paspor, resi perpanjangan dari instansi terkait jika kartu identitas dalam proses perpanjangan, surat keterangan domisili dan dokumen lain jika ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA.

3. Tabungan BCA Tahapan Xpresi

Tabungan BCA Tahapan Xpresi merupakan jenis tabungan BCA yang dirancang khusus untuk para kawula muda yang penuh gaya. Meskipun demikian, tabungan ini tidak memiliki batasan usia, sehingga siapa pun diperbolehkan untuk membuka rekening ini.

Pada tanggal 1 Februari 2016, bank BCA mengubah biaya dan saldo minimum untuk Tabungan BCA Tahapan Xpresi. Meskipun terjadi perubahan, biaya yang dikenakan tetap tergolong ramah di kantong.

Dengan membuka rekening Tabungan BCA Tahapan Xpresi, kamu dapat menikmati beberapa manfaat, terkait syarat bikin ATM BCA, antara lain:

  • Setoran awal sebesar Rp50.000 tanpa buku tabungan.
  • Fasilitas KlikBCA dan m-BCA.
  • Tabungan dapat digunakan untuk transaksi berbelanja melalui e-banking.

Tabungan BCA Xpresi memiliki limit tarik tunai sebesar Rp 7 juta, sama seperti tabungan Tahapan BCA jenis kartu Gold. Selain itu, batas maksimum transaksi antar bank adalah Rp 25 juta dalam satu kali transaksi.

Biaya dan Saldo Minimum

Untuk tabungan BCA Tahapan Xpresi, ada biaya administrasi dan saldo minimum yang harus diketahui oleh nasabah. Berikut rincian biayanya:

  • Setoran tabungan awal sebesar Rp 50.000
  • Setoran tabungan selanjutnya sebesar Rp 50.000
  • Saldo tabungan minimum sebesar Rp 10.000
  • Biaya administrasi setiap bulannya Rp 5.000
  • Biaya mengganti kartu dan membuat kartu baru sebesar Rp 25.000
  • Biaya menutup rekening Rp 5.000

Baca juga: Berapa Limit Kartu Kredit BCA? Bisa Cek dengan Cara ini Ya!

Syarat Bikin ATM BCA

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Tahapan BCA Xpresi

Terkait syarat bikin ATM BCA, cara membuka tabungan Tahapan BCA Xpresi hampir sama ketika pemohon membuka rekening BCA yang lainnya, yaitu mendaftar lebih dulu melalui daftar online atau datang ke kantor cabang BCA langsung.

Tentang persyaratan membuka rekening BCA Xpresi berbeda-beda bergantung pada golongan umur pemohon. Pendaftaran dari BCA Xpresi pun dapat diwakilkan untuk anak yang berusia kurang dari 12 tahun.

Untuk anak-anak dengan usia lebih dari 17 tahun, syarat bikin ATM BCA adalah cukup membawa fotokopi KTP dan NPWP. Apabila pemohon tidak memiliki NPWP, maka diperbolehkan mengisi form surat pernyataan tanpa NPWP yang dapat didownload melalui website resmi BCA.

4. Tabungan Tahapan Berjangka BCA

Tabungan Tahapan Berjangka BCA, terkait syarat bikin ATM BCA, merupakan jenis tabungan yang dikhususkan bagi perorangan dengan sistem setoran rutin dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Untuk setoran tabungan Tahapan Berjangka BCA, dapat diambil melalui rekening tabungan Tahapan, Tahapan Gold, Tapres BCA maupun Tahapan Xpresi.

Biaya Tahapan Berjangka

Terkait syarat bikin ATM BCA, nasabah dari Tabungan Tahapan Berjangka BCA akan dikenakan beberapa biaya. Berikut rinciannya:

  • Biaya tahapan berjangka untuk transaksi setoran pada counter, biaya administrasi bulanan, gagal debet adalah bebas biaya.
  • Biaya premi asuransi merupakan bebas biaya serta dikenakan 1% x saldo akhirnya.
  • Biaya menutup rekening sebelum jatuh tempo adalah berkisar Rp 50.000 atau maksimal jumlah dari akumulasi bunga yang telah dibayarkan pada nasabah dipilih yang jauh lebih besar.

Syarat dan Cara Membuka Tabungan Tahapan BCA Berjangka

Apabila ingin membuka rekening BCA, terkait syarat bikin ATM BCA, dengan jenis Tabungan Tahapan BCA Berjangka, maka pemohon diharuskan telah memenuhi persyaratan dari pihak BCA dan mengikuti tata cara membuka tabungan Tahapan BCA Berjangka dan syarat bikin ATM BCA berikut ini:

  • Minimal telah berusia 12 tahun dan maksimal telah berusia 60 tahun.
  • Jangka waktu menabung adalah maksimal dengan usia ulang tahun 64 tahun.
  • Mengisi serta menandatangani formulir permohonan membuka rekening tabungan Tahapan BCA Berjangka.
  • Pembukaan rekening tabungan tidak dikenakan biaya untuk materai.
  • Membawa dokumen yang diperlukan berupa KTP dan NPWP untuk anak dibawah usia 12 tahun diwajibkan menyertakan Kartu Identitas anak atau kartu pelajar, NPWP orang tua serta kartu keluarga atau akta kelahiran pemohon.
  • Mengunjungi kantor cabang dari bank BCA terdekat.

5. TabunganKu BCA

TabunganKu BCA, terkait syarat bikin ATM BCA, merupakan salah satu jenis tabungan bank BCA yang memiliki setoran awal paling ringan dibandingkan jenis tabungan BCA lainnya. Sama halnya dengan jenis tabungan BCA pada umumnya, pemohon dapat memperoleh kartu ATM dengan limit pengguna silver. Maka artinya, pemohon dapat melakukan tarik tunai via ATM dengan maksimal limit hingga Rp 7 juta.

Selain itu, ada pula fasilitas lainnya yaitu maksimal transfer ke sesama rekening bank BCA hingga sebesar Rp 15 juta. Akan tetapi, TabunganKu BCA saat ini belum memiliki fitur internet banking.

Biaya TabunganKu BCA

Berikut adalah list biaya TabunganKu BCA yang berlaku, berikut rinciannya:

  • Setoran awal minimal sebesar Rp 20.000
  • Setoran tabungan selanjutnya minimal sebesar Rp 20.000
  • Saldo minimal TabunganKu BCA sebesar Rp 20.000
  • Tarik tunai sebesar Rp 20.000
  • Biaya pasif sebesar Rp 2.000 setiap bulannya.
  • Biaya menutup rekening sebesar Rp 20.000
  • Biaya melakukan transaksi debet sebesar Rp 2.500 setiap satu kali transaksi.

Syarat dan Cara Membuka Rekening TabunganKu BCA

Berikut syarat bikin ATM BCA yang harus dipenuhi dan cara membuka rekening TabunganKu BCA:

  • Mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan seperti NPWP dan KTP. untuk membuka rekening anak di bawah usia 17 tahun, diwajibkan untuk membawa Kartu Identitas Anak atau KIA atau kartu pelajar, Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran atau paspor, KTP dan NPWP miliki orang tua serta syarat pernyataan dari orang tua pemohon.
  • Mengisi serta menandatangani formulir permohonan membuka rekening TabunganKu BCA.
  • Membuka rekening tabungan bagi pemohon tidak dikenakan biaya materai.
  • Mendatangi kantor cabang BCA.

6. Tabungan BCA Dollar

Tabungan BCA Dollar, terkait syarat bikin ATM BCA, adalah jenis tabungan yang diperuntukan bagi nasabah yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing SGD atau USD. Setoran awal BCA Dollar adalah USD 100 atau SGD 200. Sementara biaya administrasi setiap bulannya adalah 1 USD dan 2 SGD.

Pemohon bisa membuka rekening BCA Dollar jika telah berusia 21 tahun atau lebih dan melengkapi persyaratan. Berikut syarat bikin ATM BCA dan cara buka rekening Tabungan BCA Dollar:

  • Sudah berusia 21 tahun atau sudah menikah
  • Mengisi formulir dan tanda tangan di atas materai
  • Menyiapkan dokumen KTP/ Paspor, NPWP.
  • Setoran awal USD 100/ SGD 200
  • Biaya admin USD 1 / SGD 2
  • Mendatangi kantor BCA terdekat

Syarat Bikin ATM BCA

Penutup

Demikianlah ulasan terkait syarat bikin ATM BCA yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: BCA KPR Yuk Kita Intip ini Beragam Jenisnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE