28.6 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Tabungan Haji BSI: Produk, Syarat, dan Cara Buka Tabungan

JAKARTA, duniafintech.com – Tabungan haji BSI bisa menjadi salah satu pilihan tabungan bagi yang ingin mewujudkan keinginan naik haji.

Pada dasarnya, tabungan haji adalah tabungan yang dikhususkan untuk membantu mengelola keuangan dengan baik bagi mereka yang berniat pergi haji atau umrah ke tanah suci.

Bagi kamu yang tertarik ingin menabung haji lewat BSI atau Bank Syariah Indonesia, simak ulasannya berikut ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Mandiri Tabungan Haji: Fitur, Cara Buka, hingga Simulasi

Produk Tabungan Haji BSI

Untuk kebutuhan pembiayaan biaya haji, nasabah dapat mengambil tabungan haji dari Bank Syariah Indonesia, yang dinamakan Tabungan Mabrur, dengan mata uang rupiah. 

Tujuan tabungan ini adalah untuk membantu nasabah menabung dalam melaksanakan ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima.

Siapa pun pada dasarnya dapat melakukan pembukaan tabungan haji BSI. Namun, Kementerian Agama telah menetapkan usia minimal untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji, yakni calon jemaah haji berusia minimal 12 tahun.

Kalau saldo di dalam tabungan ini sudah mencapai Rp25,1 juta maka BSI akan mendaftarkan nasabah ke Siskohat Kemenag untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji.

Pelunasan sisa biaya dapat dilakukan oleh nasabah dengan dua cara, yakni secara online atau offline. Tentunya, hal itu akan memberikan kemudahan kepada setiap nasabah.

Sejalan dengan namanya, tabungan ini adalah jenis tabungan untuk tujuan ibadah haji. Namun, kamu dapat melakukan penarikan saldo yang ada di dalam tabungan jika memang perlu dana untuk kebutuhan di luar ibadah haji dan umrah.

Kalau ingin melakukan penarikan secara offline di kantor cabang BSI terdekat maka jangan lupa untuk membawa buku tabungan, KTP, dan surat pernyataan. Setibanya di bank, kamu pun mesti mengisi formulir slip penarikan yang telah tersedia di situ.

Syarat Buka Tabungan Haji BSI

Selayaknya  pembukaan rekening tabungan pada umumnya, terdapat syarat yang mesti dipenuhi sebagai nasabah yang nantinya bisa menikmati berbagai kelebihan atau manfaat dari tabungan haji. Inilah syarat tabungannya yang harus dipenuhi oleh setiap nasabah:

  • Berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah
  • Kartu identitas diri berupa KTP
  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP) atau mengisi surat pernyataan apabila tidak melampirkan NPWP
  • Mengisi formulir pembukaan rekening secara lengkap dan benar serta menandatanganinya

Akan tetapi, jika calon nasabah atau jemaah haji adalah anak-anak di bawah 17 tahun maka inilah persyaratan pembukaan rekening haji:

  • Perorangan dengan usia di bawah 17 tahun dan tidak memiliki KTP
  • KTP orang tua atau wali
  • NPWP orangtua atau wali atau mengisi surat pernyataan apabila tidak bisa melampirkan NPWP
  • Kartu keluarga atau akta kelahiran yang mencantumkan NIK
  • Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening anak dengan mengisi data secara lengkap dan benar

Cara Buka Tabungan Haji BSI

Sebagai informasi, pembukaan rekening tabungan haji BSI dapat dilakukan di semua kantor cabang BSI. Silakan sampaikan maksud kedatangan dan nantinya petugas bank akan membimbing serta memproses aplikasi pembukaan rekening tabungan haji.

Supaya bisa membuka tabungan haji BSI, siapkan uang sebesar Rp100 ribu yang akan digunakan sebagai setoran awal tabungan yang nantinya akan masuk dan terakumulasi dengan saldo tabungan.

Kamu pun harus mempersiapkan sejumlah persyaratan seperti yang sudah dijelaskan di atas baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak sesuai kebutuhan.

Dengan menyetujui aplikasi pembukaan tabungan haji, berarti kamu secara resmi menjadi nasabah BSI. Salah satu fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah buku tabungan.

Buku ini akan mencatat setiap mutasi rekening, termasuk uang keluar dan uang masuk. Kemudian, kamu sudah bisa mulai melakukan penyetoran ke tabungan tersebut.

Setelah saldo mencapai Rp25.100.000, kamu akan terdaftar untuk mendapatkan porsi keberangkatan. Prosesnya akan dibantu oleh pihak bank sehingga kamu tidak perlu repot mengurusnya.

Pendaftaran biasa mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor Kementerian Agama setempat sesuai dengan alamat KTP atau domisili nasabah. Ketika melakukan pendaftaran ulang, ada beberapa dokumen yang harus nasabah bawa, di antaranya:

Baca juga: Tabungan Haji BCA Syariah —Layanan Setoran hingga Keunggulan

  • KTP
  • Buku tabungan haji
  • Nomor validasi
  • SPCH
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran
  • Ijazah
  • Pas foto

Di samping itu, nasabah pun akan melakukan akad wakalah yang merupakan bagian dari proses pendaftaran keberangkatan ibadah haji ke tanah suci.

Tabungan Haji BSI

Setoran Awal dan Minimal Setoran

Ketika merencanakan ibadah haji, barangkali kamu bingung dalam menentukan produk tabungan haji mana yang paling tepat.

Sebenarnya, semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan melakukan setoran.

Kalau ingin menabung dengan setoran awal tabungan haji yang terjangkau maka kamu bisa memilih menabung di BSI.

Setoran awal tabungan haji BSI cukup terjangkau, yakni sebesar Rp100 ribu. Untuk minimal setoran selanjutnya saat kamu menabung, yakni Rp10 ribu, dengan saldo minimal di dalam rekening Rp100 ribu.

Tabungan haji ini bebas biaya administrasi alias gratis. Artinya, saldo tabungan kamu tidak akan terpotong karena tidak ada biaya administrasi yang dibebankan setiap bulannya.

Keunggulan

Tentunya, setiap produk perbankan, termasuk tabungan khusus haji dari BSI, hadir menawarkan berbagai kelebihan atau keunggulan, yang bisa menarik minat para nasabah untuk menabung di bank itu.

Kalau kamu memilih BS maka ada beberapa keunggulan yang akan dirasakan melalui salah satu tabungan haji terbaik ini, di antaranya:

  • Nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM atau kartu debit dari provider VISA
  • Bisa menggunakan fasilitas perbankan seperti E-banking berupa BSI mobile dan BSI net banking
  • Tidak ada biaya administrasi bulan atau gratis sehingga nasabah tidak perlu khawatir saldo tabungan akan berkurang untuk biaya tersebut
  • Hadir menawarkan berbagai pilihan notifikasi, yaitu via email, WhatsApp, dan SMS
  • Membantu perencanaan ibadah haji dan umrah sehingga lebih terarah dalam mencapai tujuan dalam jangka waktu yang ditentukan
  • Membantu mempermudah mendapatkan porsi keberangkatan haji dari minimal usia 12 tahun
  • Bebas biaya penutupan rekening tabungan haji
  • Memberikan kemudahan dalam pelunasan biaya haji karena bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke bank terdekat
  • Pembukaan rekening secara online sehingga sangat mudah, praktis, dan hemat waktu

Baca juga: Tabungan Haji Muamalat: Cara Daftar dan Keunggulannya

Sekian ulasan tentang tabungan haji BSI yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE