25 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Cari Tabungan Qurban? Ini Beberapa Pilihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Produk tabungan qurban adalah hal penting yang harus kamu miliki sekiranya kamu hendak ikut berkurban suatu waktu nanti.

Seperti diketahui, perintah berkurban dalam Islam dilaksanakan pada saat Lebaran Idul Adha. Dalam hal ini, ada cukup banyak hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan kurban, mulai dari sapi, kambing, hingga unta.

Akan tetapi, biasanya di Indonesia hewan unta jarang digunakan sebagai hewan qurban lantaran sulit untuk mendapatkannya.

Bagi kamu yang ingin berkurban, tetapi masih terkendala biaya maka jenis tabungan untuk qurban berikut ini penting untuk kamu pertimbangkan. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Sesuai Standar Kemenag, Inilah Daftar Biaya Umroh 2022 Terbaru

Apa Itu Tabungan Qurban?

Tabungan qurban pada dasarnya adalah solusi agar semua muslim dapat melakukan kurban pada Hari Raya/Lebaran Idul Adha. Produk tabungan ini bekerja dalam penyediaan hewan kurban agar semakin banyak muslim yang tertarik untuk melakukan kurban.

Dalam hal ini, nasabah hanya perlu menyisihkan sebagian uangnya setiap hari atau setiap minggu atau bahkan tiap bulan untuk melakukan kurban. Hal itu tentunya akan membuat masyarakat mampu membeli hewan kurban dengan lebih mudah ketimbang membelinya secara langsung pada hari-hari di sekitar hari raya qurban lantaran harganya akan menjadi lebih mahal.

Nantinya, tabungan ini pun akan membantu kamu untuk membeli hewan kurban yang diinginkan sebelum hari raya Idul Adha datang sehingga harganya menjadi lebih murah. Selain itu, pemeliharaan hewan qurban pun akan ditanggung oleh bank yang menyediakan tabungan untuk qurban ini sehingga kamu tidak perlu repot untuk memeliharanya.

Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Qurban

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam upaya mempersiapkan tabungan untuk qurban.

1. Buka Rekening Khusus

Pertama, kamu bisa membuka rencana tabungan di berbagai bank yang memberikan layanan bank ini. Biasanya, hanya mereka yang sudah berumur lebih dari 17 tahun yang bisa mengajukan pembukaan rekening.

Nah, jangka waktu untuk melakukannya pun cukup fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaki mulai dari 3 bulan hingga 20 tahun.

2. Tentukan Target

Selanjutnya, kamu tentu saja harus menentukan jumlah uang yang nantinya akan Anda butuhkan untuk membeli hewan kurban. Hal itu bisa ditentukan mulai dari memilih hewan apa yang akan dikorbankan.

Misalkan, kalau kamu memilih kambing maka akan membutuhkan uang sekitar Rp2,5 juta—Rp3 juta. Nantinya, target itu bisa kamu masukkan ke dalam periode penghematan dan sekiranya kamu ingin menabung selama 1 tahun maka kamu bisa membagi target uang tersebut dengan 12.

3. Gunakan Fitur Auto-Debit

Dengan menggunakan fitur auto debit, ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh, yakni sebagai berikut.

a. Praktis dan mudah

Auto debit merupakan fitur pembayaran yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya. Hal itu karena nasabah tidak perlu menghitung tagihan lantaran saldo akan dipotong secara otomatis.

b. Ramah lingkungan

Sistem ini juga dinilai lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas. Semua tagihan yang dikirimkan tidak akan menggunakan surat, tetapi memakai email. Kamu nantinya akan dikirimkan surat tagihan email yang membuat saldo di rekening sumber akan langsung berkurang.

c. Hemat dan terhindar dari denda

Sistem ini juga dapat membuat kamu terhindar dari denda sebab kamu tidak akan pernah telat membayar tagihan. Bukan itu saja, kamu pun akan lebih hemat waktu dan pengeluaran sebab tidak lagi harus mengirimkan bukti pembayaran.

d. Membantu riwayat kartu kredit dan pinjaman menjadi sehat

Keuntungan selanjutnya adalah kamu akan punya riwayat kartu kredit dan pinjaman yang sehat sebab tidak akan telat membayar tagihan. Catatan keuangan yang sehat dapat membuat semua urusan perbankan menjadi lebih mudah.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Tabungan Haji dan Hal-hal Penting Lainnya

tabungan qurban

Daftar Bank dengan Produk Tabungan Qurban

Di bawah ini adalah beberapa bank yang diketahui menyediakan produk tabungan untuk qurban di Indonesia.

Tabungan BTN Qurban iB

Tabungan Qurban BTN Syariah ini adalah produk yang digunakan untuk merencanakan pembelian dan penyaluran hewan kurban dalam bentuk bagi hasil yang menguntungkan dan kompetitif sesuai dengan prinsip syariah menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Keuntungan dari tabungan ini adalah:

1. Kegiatan kurban menjadi lebih mudah.

2. Bagi hasil yang lebih kompetitif.

3. Adanya imbal hasil yang bisa langsung di autodebet untuk melakukan zakat infaq dan shodaqoh.

4. Tidak ada biaya administrasi.

5. Dapat membuka rekening di semua outlet BTN.

6. Bisa menyalurkan hewan qurban ke tempat yang diinginkan.

Nantinya, nasabah akan mendapatkan bagi hasil sebesar 25% dan bank bakal memperoleh bagi hasil sebesar 75%. Saldo awal yang perlu dibayarkan sebesar Rp500.000, dengan saldo minimum Rp200.000 serta biaya administrasi maksimal Rp15.000.

Danamon Syariah – Tabungan BISA Qurban iB

Tabungan selanjutnya ini adalah tabungan rencana dengan prinsip syariah yang disediakan oleh Danamon Syariah untuk mewujudkan keinginan melakukan kurban. Dananya akan diambil setiap bulannya lewat autodebet dari rekening sumber ke rekening tabungan ini.

Adapun jumlah setoran dan jangka waktu pengambilannya juga bisa disesuaikan. Fitur yang dimiliki oleh tabungan ini adalah:

1. Akadnya berbentuk mudharabah

2. Bagi hasilnya sebesar 20%

3. Jangka waktunya berkisar dari 3—24 bulan

4. Setoran awalnya sebesar Rp50.000

5. Minimum setoran rutin bulanannya Rp150.000

6. Tidak bisa melakukan penarikan dana sebagian atau penuh sebelum target nasabah terpenuhi

Rekening Autosave dan Qurban BSI

Tabungan BSI atau Bank Syariah Indonesia yang satu ini akan membuat nasabah yang ingin menabung untuk dana kurban bakal menjadi lebih mudah dan otomatis melalui BSI Mobile. Nasabahnya dapat menggunakan fitur pembelian hewan kurban lewat penyelenggara kurban yang merupakan rekanan dari bank.

Nantinya, nasabah akan dikenakan biaya transfer sesuai jadwal yang diinformasikan ketika rekening dibuka atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank. Dalam hal ini, nasabah harus membayarkan jumlah sesuai setoran sesuai dengan jadwal dan frekuensi setoran yang sudah dipilih. Nasabah pun mesti membayar biaya transfer sesuai dengan ketentuan yang sudah dimaksud pada syarat dan ketentuan khusus.

Permata Tabungan iB Masa Depan Kurban

Program tabungan qurban selanjutnya adalah berasal dari Bank Permata. Ini adalah tabungan yang bisa membantu kamu untuk menabung dengan rajin agar dapat melaksanakan ibadah qurban.

Program ini biasanya diadakan pada bulan Februari—April 2021. Di dalamnya, ada dua skema yang bisa kamu pilih, yakni reguler dan mitra.

Skema Reguler: jumlah setoran awal dan setoran bulanannya ditentukan oleh nasabah, dengan minimal Rp100.000. Dana yang cair akan langsung dimasukkan ke rekening sumber nasabah dan maksimal tenornya, yakni 10 bulan, yang akan jatuh tempo maksimal pada Juni.

Skema Mitra: ini adalah buah kerja sama Bank Permata Syariah dengan lembaga kemanusiaan. Nilai awal yang harus dibayarkan beserta setoran bulanan dan jangka waktu tidak dapat diubah sesuai dengan keinginan nasabah dan pembelian hewan kurban harus dilakukan lewat Mitra. Jika ada perbedaan nilai antara jumlah dana nasabah dengan dana yang diberikan untuk hewan kurban maka dana sisa akan diurus untuk melakukan kegiatan infaq atas nama nasabah.

Bank Muamalat Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban

Tabungan berikut ini akan membantu kamu untuk merencanakan keuangan yang tepat agar semua impianmu bisa direncanakan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan prinsip syariah. Di sini, kamu hanya perlu membayar setoran awal minimal sebesar Rp100.000.

Kamu pun dapat memilih jangka waktu menabung sesuai dengan yang diinginkan, mulai dari 3 bulan—20 tahun. Pengolahan yang dilakukan oleh bank ini sangatlah nyaman sebab dilaksanakan secara syariah dan punya fasilitas auto debit gratis.

Itulah informasi mengenai tabungan qurban dari beberapa bank yang ada di Indonesia. yuk, wujudkan keinginan kamu untuk menunaikan ibadah qurban pada Lebaran Idul Adha tahun berikutnya dengan produk tabungan untuk qurban di atas.

Baca juga: Perbedaan Giro dan Tabungan yang Harus Kamu Ketahui!

Simak informasi lengkap seputar dunia Kripto dan FIntech hanya di Duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...

10 Game NFT Terbaik, Seru dan Bisa Hasilkan Cuan Lho!

JAKARTA, duniafintech.com - Game NFT atau non-fungible token terbaik sepertinya penting untuk anda ketahui. Selain asyik dan seru, ternyata game non-fungible token terbaik juga...

Ada Sinyal dari Menteri ESDM, Harga Pertalite Bakal Naik?

JAKARTA, duniafintech.com - Harga BBM jenis pertalite diisukan bakal naik. Rencana kenaikan harga ini dilakukan di tengah keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPR yang menolak...

Anti Boncos! Ini Cara Investasi Kripto yang Aman dan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com - Cara investasi kripto yang aman dan menguntungkan penting sekali dipahami. Saat ini, investasi kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang paling...

Cara Top Up OVO lewat ATM DBS dan Layanan Online Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM DBS dan layanan online lainnya dalam ulasan kali ini tentunya penting untuk kamu ketahui. Seperti jamak...
LANGUAGE