25 C
Jakarta
Minggu, 27 November, 2022

TANGGAPAN BITMAIN UNTUK UASF – PENGUMUMAN HARD FORK BITCOIN

duniafintech.com – Produsen perangkat keras pertambangan Bitcoin, Bitmain, telah mengumumkan bahwa mereka dapat meluncurkan “hard fork” pada bulan Agustus 2017. Dilabeli dengan “Rencana Kontinjensi”, pengumuman tersebut merupakan tanggapan terhadap soft fork (UASF), seperti yang didefinisikan oleh Proposal Peningkatan Bitcoin 148 (BIP148), dan risiko penghapusan yang menyertainya.

Setelah proposal 8 megabyte, Bitcoin Classic, Konsensus Roundtable Hongkong, Bitcoin Unlimited, dan SegWit2x, ini menandai keenam kalinya rakasa pertambangan di Cina tersebut mengumumkan dukungan untuk hard fork dalam waktu dua tahun.

Inilah proposal terbaru mereka:

Hard Forks, Coin-Splits dan Altcoins

Pada tanggal 1 Agustus, segmen komunitas Bitcoin akan mengaktifkan BIP148 UASF. Pengguna dan penambang ini hanya akan menerima blok Bitcoin yang mendukung sinyal untuk Segregated Witness (SegWit), upgrade protokol yang diusulkan oleh tim pengembang Bitcoin Core. Jika pada saat itu sebagian besar penambang (dengan kekuatan hash) tidak memberi sinyal dukungan untuk SegWit melalui BIP148, Blockchain dan mata uang Bitcoin dapat dibagi dua: split koin.

Bitmain mengacu pada hard fork yang diumumkan sebagai “UAHF” atau User Activated Hard Fork. Meskipun mungkin bermain cerdas di UASF, ini bukan istilah yang sangat akurat karena “Rencana Kontinjensi” sebenarnya akan sangat eksplisit diaktifkan oleh Bitmain – dan Bitmain saja.

Selain itu, penggunaan istilah “hard fork” juga patut dipertanyakan dalam konteks ini. Awalnya, paling tidak, istilah tersebut mengacu pada perubahan pada protokol Bitcoin yang membuat blok atau transaksi yang tidak valid sebelumnya berlaku. Tapi untuk itu, diperlukan adanya sebuah perubahan pada protokol Bitcoin, hal itu bisa dibilang paling tidak membutuhkan ekosistem Bitcoin untuk mengikuti peraturan baru ini. Menurut kondisi Bitmain sendiri, hal ini tidak menjadi masalah, setidaknya tidak sampai batas maksimal.

Sebaliknya, “UAHF” hanya akan diluncurkan sebagai tanggapan atas BIP148 UASF yang sukses. Dengan demikian, kurang lebih diasumsikan bahwa tidak semua orang akan mengadopsi peraturan baru, yang memang tampaknya mungkin terjadi. Secara teknis, paling tidak, “hard fork” Bitmain akan lebih baik digambarkan sebagai penciptaan koin yang sama sekali baru yang berbagi sejarah bersama dengan Bitcoin.

Untuk keperluan artikel ini, versi Bitmain dari Bitcoin akan disebut “Bitmain’s Bitcoin.

Bitmain’s Bitcoin

Bitmain mengumumkan akan membuat Bitmain Bitmain’s Bitcoin tepat 12 jam dan 20 menit setelah aktivasi UASF, meski ini bisa dikonfigurasi. Pada saat tertentu, di bawah peraturan baru Bitmain, sebuah blok harus disertakan dalam Blockchain yang lebih besar dari satu megabyte. Ini secara otomatis akan “membagi” rantai – atau membuat rantai baru tergantung pada bagaimana Anda melihatnya. Semua simpul Bitcoin yang ada akan menolak blok ini dan mengabaikan rantai ini, dan akan terus mengikuti rantai yang mengikuti aturan konsensus Bitcoin saat ini.

Dari point tersebut, Bitmain pertama-tama akan menambang rantai Bitmain’s Bitcoin secara pribadi selama tiga hari. Setelah tiga hari ini, Bitmain akan “secara resmi meluncurkan Bitmain’s Bitcoin ke publik jika tiga keadaan terpenuhi.

Pertama, UASF BIP148 pasti cukup berhasil untuk mendapatkan tingkat hash yang signifikan. Kedua, harus ada permintaan pasar yang kuat untuk Bitmain’s Bitcoin. Dan yang ketiga, sisi non-BIP148 dari perpecahan tidak harus dilakukan dengan baik secara komparatif.

Kemudian, jika diluncurkan, Bitmain’s Bitcoin akan menerima blok yang lebih besar. Pernyataan tersebut menyebutkan batas awal hingga 8 megabyte, meskipun hal ini sedikit ambigu karena posting blog yang sama menyebutkan bahwa: “tidak ada aturan konsensus dengan kode keras” sama sekali. Pembuat perangkat keras tidak menambahkan bahwa penambang harus menerapkan “batas lunak” kurang dari 2 megabyte, yang sebenarnya lebih seperti sebuah rekomendasi. Selain itu, Bitmain menulis bahwa akan ada batas protokol baru pada “sigops,” yang singkatnya, harus melawan beberapa vektor serangan potensial pada blok yang lebih besar yang secara signifikan dapat memperlambat waktu propagasi.

Untuk jangka panjang, Bitmain menjabarkan sebuah “peta jalan masa depan” yang mencakup versi Segregated Witness, Extension Blocks, Bitcoin NG, Lumino, tanda tangan Schnorr, Weak Blocks, dan ukuran blok dasar Bitcoin Unlimited yang diprediksi meningkat hingga hampir 17 megabyte dalam dua tahun. Secara keseluruhan, bagian “peta jalan masa depan” ini, dari pengumumannya tampaknya tidak terlalu konkret.

Apa artinya untuk Anda, dan apa ini berarti untuk Bitcoin?

Kabar baiknya adalah bahwa siapa pun yang memegang Bitcoin (artinya: kunci privat mereka) pada saat perpecahan akan menerima koin di kedua sisi (atau semua) rantai. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan “Bitmain Bitcoin” gratis, yang dapat Anda simpan, jual atau belanjakan selama seseorang bersedia menerimanya sebagai pembayaran. Bitmain bahkan akan menerapkan perlindungan replay pada Bitmain’s Bitcoin, yang berarti tidak boleh ada risiko menghabiskan koin yang sama (disalin) secara tidak sengaja pada kedua rantai.

Dari perspektif Bitcoin dan skala yang lebih luas, kemungkinan keberhasilan BIP148 sebenarnya meningkat karena pengumuman ini. Jika Bitmain mengikuti posting blog mereka, itu berarti perusahaan akan mengambil daya hash yang bisa membuat frustrasi UASF “of the table,” untuk menambang pada rantai Bitmain’s Bitcoin. Akibatnya, ada kemungkinan lebih besar bahwa penambang BIP148 akan mengklaim rantai terpanjang versus penambang non-BIP148, untuk menghindari pecahan koin pada Blockchain asli. Selain itu, posting blog Bitmain tampaknya telah membuat marah beberapa pengguna Bitcoin yang sejauh ini masih ragu-ragu, dan selanjutnya meningkatkan dukungan untuk BIP148.

Proposal penskalaan lainnya dalam menjalankannya adalah SegWit2x, yang juga didukung oleh Bitmain. Kode SegWit2x harus, sesuai dengan garis waktu, bangun dan berjalan sebelum tanggal 1 Agustus. Jika tenggat waktu terpenuhi, mungkin saja atau mungkin juga tidak, bisa mencegah pemecahan koin di tempat pertama, tergantung pada kompatibilitasnya dengan UASF BIP148. Tapi karena proposal ini sebagian besar dikembangkan secara pribadi, status proyek ini, dan juga kompatibilitasnya dengan “Rencana Kontinjensi” Bitmain, sebagian besar masih belum jelas.

Dan tentu saja, pada akhirnya, mungkin saja BIP148, atau SegWit2x, Bitmain’s Bitcoin juga tidak akan mendapatkan banyak daya tarik. Status quo bisa menang, dalam hal ini tidak banyak yang akan berubah sama sekali.

Source : bitcoinmagazine.com

Written by: Sintha Rosse

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Menghitung Obligasi pada Harga Diskonto dan Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghitung obligasi perlu dipahami oleh mereka yang memilih menggunakan instrumen investasi yang satu ini. Tujuannya adalah agar para investor, khususnya pemula,...

Cara Berinvestasi di Bank dan Beberapa Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara berinvestasi di bank tentu saja akan sangat penting diketahui oleh masyarakat secara luas sekarang ini. Investasi di bank sendiri menjadi solusi...

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate: Cashback hingga Mitra Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tipe kemitraan Shopee Affiliate penting dipahami saat kamu akan mengisi formulir pendaftaran Shopee affiliate. Seperti diketahui, banyak orang yang tertarik dengan kemitraan...

Surat Berharga Negara: Jenis-jenis hingga Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Surat Berharga Negara (SBN) masih menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan. Bagi para pemula, SBN pun layak untuk dimiliki....

Indonesia Krisis Beras dan Pemerintah Harus Impor?

JAKARTA, duniafintech.com - Indonesia saat ini harus dihadapi dengan adanya ancaman bahaya pangan, stok beras beras nasional sedang berada titik terendah atau krisis. Hal semacam...
LANGUAGE