30.4 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

TELKOMSEL DAN SINGTEL LUNCURKAN MOBILE REMITTANCE REAL TIME

TEMPO.CO, Singapura – Singapura – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan Singapore Telecommunications Limited (Singtel) meluncurkan layanan mobile remittance real-time untuk Indonesia untuk mempermudah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengirimkan uang ke Tanah Air.

Melalui kerja sama ini, para TKI di Singapura dapat mengirimkan uang ke Indonesia melalui aplikasi yang tertanam di smartphone. Sedangkan di Indonesia, kerabat penerima dapat mencairkan melalui WeselPOS Instan yang dimiliki PT Pos Indonesia.

Baca: Telkomsel Ingin Perkuat Jaringan di Kawasan Perbatasan

Dalam kerja sama ini, Telkomsel berperan sebagai Penyelenggara Transfer Dana (PTD) untuk koridor Singapura yang bisa dicairkan di 4.500 kantor pos di Indonesia,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel di Singapura, Minggu 23 Maret 2017.

Ririek mengatakan kerja sama ini merupakan upaya perusahaan mendukung pemerintah dalam membuka inklusivitas keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Terutama segmen yang selama ini belum menikmati layanan perbankan,” katanya.

Ririek menambahkan melalui layanan remitansi diharapkan para TKI memperoleh kemudahan karena dapat dilakukan kapan saja melalui perangkat telepon genggam yang dimiliki.Layanan ini membuat biaya pengiriman uang ke Tanah Air dapat ditekan. Layanan ini juga memberikan rasa aman bagi pengirim dan penerima karena uang dapat diterima secara real time.

Ririek mengatakan, pihaknya juga tengah merampungkan pengembangan layanan remitansi lebih luas. Produk pengembangan disiapkan bersama Bank Rayat Indonesia dan Pos Indonesia. Dengan begitu pengiriman uang dari luar negeri dapat dilayani oleh 100.000 titik layanan yang mencakup pusat pelayanan pelanggan GraPARI, ritel modern, kantor pos, dan kantor perwakilan bank di seluruh Indonesia.

Baca: Buka 300 Gerai di Sumatera Barat, Berikut Strategi Minang Mart

Saat ini Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Transfer Dana. Telkomsel juga berkoordinasi secara aktif dengan pemerintah, dalam hal ini Kantor Staf Presiden (KSP) dan Badan Nasional Perlindungan
dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk memberikan akses transfer dana kepada TKI di luar negeri secara mudah, murah, dan aman.

Sumber: Tempo.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE