31.6 C
Jakarta
Senin, 20 Mei, 2024

THR Pensiunan 2024: Tanggal Cair, Besaran, dan Aturan Terbaru

THR Pensiunan 2024, Jakarta  – Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi kabar bahagia yang dinantikan para pekerja, termasuk para pensiunan. Apalagi THR ini bisa menjadi penambah semangat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Nah, khusus untuk Anda para pensiunan, berikut informasi lengkap seputar THR 2024:

Tanggal Pencairan THR Pensiunan 2024

Pemerintah telah resmi mengatur pemberian THR dan Gaji ke-13 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024. Berdasarkan beleid tersebut, pencairan THR untuk pensiunan biasanya dilakukan H-10 Lebaran. Namun, tanggal pastinya bisa sedikit berbeda tergantung kebijakan lembaga yang выплатить (membayar) THR [wistawa bayar THR] Anda. Untuk memastikannya, Anda bisa menghubungi lembaga terkait tempat Anda pensiun.

Besaran THR Pensiunan 2024

THR yang diterima pensiunan biasanya dihitung berdasarkan gaji pokok terakhir yang diterima sebelum pensiun ditambah tunjangan jabatan yang melekat. Besaran THR sendiri minimal satu bulan gaji pokok. Namun, beberapa lembaga mungkin bisa memberikan lebih dari itu tergantung kebijakan masing-masing.

Aturan Terbaru THR Pensiunan 2024

Aturan terbaru mengenai THR pensiunan tahun 2024 tertuang dalam PP No. 14 Tahun 2024. Aturan ini mengatur berbagai hal terkait pemberian THR, seperti:

  • Penerima THR adalah pensiunan PNS, TNI, Polri, serta penerima pensiun lainnya.
  • THR dibayarkan minimal satu bulan gaji pokok terakhir ditambah tunjangan jabatan yang melekat.
  • Sumber dana THR berasal dari APBN dan APBD.

Tips Mengelola THR Pensiunan 2024

THR bisa menjadi berkah tersendiri saat Lebaran. Agar THR bisa dimanfaatkan secara optimal, berikut beberapa tips mengelolanya:

  • Prioritas Kebutuhan Pokok: Gunakan sebagian THR untuk memenuhi kebutuhan pokok Lebaran, seperti sandang, pangan, papan.
  • Anggaran THR: Buatlah anggaran THR untuk pos-pos pengeluaran seperti belanja baju lebaran, THR untuk anak cucu, dan lain-lain.
  • Dana Darurat: Alokasikan sebagian THR untuk tabungan atau dana darurat.
  • Investasi: Pertimbangkan sisihkan sebagian THR untuk investasi jangka panjang.

Dengan pengelolaan yang baik, THR bisa membantu Anda merayakan Lebaran dengan lebih tenang dan bahagia.

THR menjadi penghargaan dan dukungan pemerintah untuk para pensiunan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam mempersiapkan keuangan untuk Hari Raya Idul Fitri 2024.

Iklan

ARTIKEL TERBARU