28.9 C
Jakarta
Kamis, 30 Juni, 2022

TIGA STARTUP TERBAIK DALAM BNI HACKFEST BANDUNG

duniafintech.com – Tiga tim terbaik terpilih dalam ajang BNI Hackfest 4th Round di Bandung, 23-24 September 2017. Ketiga tim ini akan diikutsertakan dalam BNI DigiNation di Jakarta pada akhir tahun.

Ketiga tim tersebut adalah Kesempurnaan Cinta (Juara 1), Kawan Belajar (Juara 2), dan Sellution Project (Juara 3). Kesempurnaan Cinta memperkenalkan layanan pembayaran dengan memanfaatkan teknologi block chain. Kawan Belajar adalah platform belajar untuk siswa SD hingga SMA yang menggabungkan konsep belajar offline dan online. Sementara itu, Sellution Project mengusung layanan yang bisa membantu para pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Caranya dengan menyediakan analisis data dari media sosial.

BNI Hackfest 4th Round di Bandung ini diikuti oleh sebanyak 50 tim peserta yang lolos kualifikasi dari sekitar 300 peserta yang mendaftar. BNI Hackfest sendiri merupakan ajang adu keterampilan dalam membangun startup digital.

Setelah dibuka resmi pada Sabtu (23/9/2017), para peserta BNI Hackfest 4th Round langsung mengikuti hackathon. Hackathon adalah proses membuat aplikasi atau web based secara marathon. Hackathon ini diselingi dengan judge visit di mana Dewan Juri mengunjungi para peserta untuk mengetahui lebih jauh tentang ide dan konsep startup yang diusung mereka. Setelah itu, para peserta kembali melanjutkan hackathon hingga keesokan harinya.

Pada hari kedua BNI Hackfest 4th Round Bandung, judge visit juga dilakukan. Kali ini, Dewan Juri menilai para peserta dari sisi implementasi ide dan konsep startup. Selanjutnya, Dewan Juri menentukan 10 tim terbaik yang berhak mengikuti Pitching on Stage. Pada sesi ini, kesepuluh tim peserta mempresentasikan startup yang dibangunnya di hadapan seluruh peserta.

BNI Hackfest yang diadakan di Bandung Digital Valley ini merupakan kali keempat, kelanjutan dari gelaran serupa yang sebelumnya sukses digelar di Kota Malang, Makassar, dan Jogja. BNI Hackfest 4th Round di Bandung ini turut menggandeng Indigo Creative Nation, inkubator startup digital binaan PT Telkom Indonesia.

BNI Hackfest mengundang talenta-talenta serta tim terbaik untuk mempersembahkan karyanya dalam bentuk ide, model bisnis hingga prototipe aplikasi. Tujuan utama acara ini ialah mendorong implementasi teknologi digital yang bermanfaat bagi kehidupan sosial, budaya serta ekonomi masyarakat, utamanya di daerah.

Serupa dengan gelaran BNI Hackfest di Jogja, pada BNI Hackfest di Bandung ini, para peserta diperkenankan untuk mencari dan membentuk tim impiannya melalui aplikasi “Founders Matching” yang bisa diakses melalui website www.bnihackfest.com. Setiap tim yang akan tampil didorong untuk memilih tim yang ideal, yaitu yang terdiri dari hustler (jago bisnis), hacker (jago coding), dan hipster (jago desain) melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi “Founders Matching” dikembangkan oleh Siji Technology Digital yang didesain khusus untuk tujuan mencari formasi tim startup digital yang ideal. Hustler, hacker, dan hipster akan dipertemukan berdasarkan kesamaan visi, minat atau ide, skill teknis maupun jam terbang masing-masing individu sehingga kemampuan masing-masing anggota tim lebih merata dan bisa saling mendukung untuk mewujudkan ide besar mereka.

Written by: Sebastian Atmodjo

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kabar Baik, Sri Mulyani Cairkan Gaji ke-13 Dengan Tunjangan Kinerja ASN Mulai 1 Juli

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 untuk para Aparatur Sipi Negara (ASN) dan pensiunan yang juga meliputi tambahan...

Berlaku 1 Juli, Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Wajib Daftar MyPertamina 

JAKARTA, duniafintech.com - Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) mewajibkan masyarakat yang membeli Pertalite dan solar subsidi di SPBU mendaftar terlebih dahulu di...

Parah Banget! Bandar Kripto Ini Tak Mampu Bayar Utang Senilai Rp 9,9 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan pengelola dana (hedge fund) kripto terkemuka yakni Three Arrows Capital resmi dinyatakan gagal bayar pinjaman atau utang senilai lebih dari...

Ada Kemajuan, Jaringan Cardano Digadang-gadang Bakal Dominasi Marketplace NFT Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com – Sejak sukses meluncurkan smart contract-nya pada tahun lalu, lebih dari 1000-an proyek masuk ke jaringan Cardano. Kali ini, penggemar NFT, Goofy...

Rencana Investasi P2P Lending Syariah Untuk Renovasi Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi di instrumen P2P Lending Syariah memberi peluang tepat untuk banyak tujuan. Maka dari itu investasi di sektor P2P Lending syariah...
LANGUAGE