31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

Tingkatkan Literasi Ekonomi Syariah Lewat Fintech Syariah

DuniaFintech.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap layanan keuangan financial technology (fintech) berbasis syariah dapat mendorong peningkatan indeks literasi ekonomi syariah masyarakat.

Disebutkan, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia masih terbilang rendah. Indeks literasi syariah di Indonesia baru mencapai 16,3%. Dengan begitu ia berharap kepada pelaku usaha fintech syariah tanah air agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sistem ekonomi berbasis hukum Islam tersebut.

“Hadirnya LinkAja syariah ini diharapkan menjadi suatu bagian dari upaya peningkatan angka literasi tersebut,” ujar Ma’ruf Amin melalui keterangan pers saat diskusi virtual dengan petinggi LinkAja, Selasa 11 Agustus 2020.

Baginya ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri memiliki potensi yang cukup besar. Banyaknya pihak yang bergerak untuk melakukan literasi ekonomi syariah, lanjut Ma’ruf, diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional yang sedang terkontraksi akibat pandemi.

Baca Juga:

Tidak sampai disitu, dirinya juga meminta fintech syariah agar aktif dalam berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga yang terkait dengan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Jadi dengan demikian, maka ekosistem (ekonomi syariah) ini nanti kita bangun di pemerintah maupun juga swasta, pada dunia usaha dan BUMN,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Fintek Karya Nusantara atau LinkAja, Heri Supriadi menyampaikan bahwa pihaknya aktif berpartisipasi dalam upaya mengembangkan ekosistem syariah. Dia mengklaim layanan LinkAja Syariah telah memiliki lebih dari 140 ribu pengguna.

“Alhamdulillah dalam pertemuan ini, kami sampaikan pula bahwa LinkAja sebagai salah satu uang elektronik di Indonesia, turut ambil bagian dalam mengembangkan ekosistem syariah dengan mengeluarkan fitur Layanan Syariah LinkAja,” pungkas Heri.

(DuniaFintech/ Drean M.I)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE