27.3 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Tipe Pengguna Kartu Kredit, Mana yang Sesuai dengan Kamu? 

JAKARTA, duniafintech.com – Ada berbagai macam tipe pengguna kartu kredit dalam memanfaatkan fitur atau layanan yang disediakan. Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran atau payment gateway yang populer sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini. Meski sekarang ini sudah ada banyak aplikasi pembayaran lain, seperti paylater maupun dompet digital.

Kartu kredit juga menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah atau pengguna. Mulai dari fasilitas cicilan nol persen, fitur cashback, banyak promo dari merchant, point rewards, dan sebagainya.

Jika Anda merupakan salah satu dari pemegang kartu kredit dengan berbagai manfaatnya, termasuk tipe pengguna kartu kredit yang manakah Anda?

Tipe Pengguna Kartu Kredit

  1. Tipe Pengguna Kartu Kredit yang Pintar

Pengguna kartu kredit model ini umumnya sudah terbiasa dalam mengatur keuangan dengan baik. Karena kemampuannya tersebut, tentu keuangan pribadinya selalu stabil atau sehat walaupun belanja pakai kartu kredit.

Pengguna tipe ini adalah mereka yang bisa mengontrol pemakaian kartu kredit secara bijak. Tahu mana yang sekiranya penting dan tidak, atau mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan yang dapat dibelanjakan dengan kartu kredit.

Setiap belanja dengan kartu kredit selalu direncanakan dengan matang sebelumnya. Jadi, belanja sesuai daftar yang telah dibuat.

Hal ini tentu memungkinkan Anda mendapatkan besaran tagihan yang stabil setiap bulan. Artinya, tagihan sudah sesuai dengan kondisi finansial atau kemampuan keuangan.

Tak heran, jika tipe pengguna seperti ini dapat selalu membayar tagihan kartu kredit secara penuh. Tidak minimum payment sehingga tidak ada sisa tagihan yang berisiko menimbulkan bunga dan biaya lainnya.

  1. Tipe Pengguna Kartu Kredit yang Selektif

Tipe pengguna yang satu ini biasanya pernah memiliki pengalaman pahit soal penggunaan kartu kredit, seperti belanja tidak terkontrol.

Sebab itu, kini mereka lebih selektif dalam membelanjakan uang menggunakan kartu kredit. Tidak salah memang jika bersikap seperti ini, karena pastinya siapapun tidak ingin jatuh ke lubang atau kesalahan yang sama.

Karena menjadi lebih selektif dari sebelumnya, maka pengguna tipe ini jadi lebih hati-hati dalam berbelanja. Tidak akan sembarangan dalam menggunakan kartu kredit. Lebih cermat lagi dengan memperhitungkan semuanya, termasuk kemampuan bayar tagihan.

Jangan membeli sesuatu yang tidak bisa dibayar merupakan salah satu prinsip yang dipegang tipe pengguna kartu kredit ini. 

  1. Tipe Pengguna Kartu Kredit yang Tidak Mau Rugi

Tipe pembelanja selanjutnya adalah mereka yang tidak mau rugi dengan segala fasilitas dan promo dari kartu kredit. Semuanya akan dimanfaatkan, seperti fasilitas cicilan nol persen, gesek tunai, tarik tunai, dan lainnya.

Termasuk promo, entah itu cashback, buy one get one, diskon atau potongan harga sampai redeem point. Prinsip yang digunakan pengguna ini adalah ingin untung terus.

Jika belanja bisa lebih hemat pakai promo walau menggunakan kartu kredit kenapa tidak. Sayang bukan, kalau hal ini tidak digunakan? Tipe ini akan memanfaatkan semua fitur kartu kredit dengan maksimal.

Selain itu, pengguna dengan tipe ini akan selalu membayar tagihan dengan jumlah di atas pembayaran minimum. Tujuannya jelas, agar bisa terus menggunakan kartu kredit, berharap mendapat kenaikan limit kartu kredit, dan menjaga riwayat kredit tetap bagus.

  1. Tipe Pengguna Kartu Kredit Baru

Pengguna yang baru saja melakukan pengajuan kartu kreditnya dan telah disetujui. Sudah menggenggam kartu kredit dan siap untuk menggunakannya untuk pertama kali.

Bagi pengguna baru atau newbie, kartu kredit ini dianggap sebagai uang tambahan. Bisa beli apa saja tanpa perlu pertimbangan lebih lanjut.

Pemikiran seperti ini kerap menimbulkan masalah keuangan, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan yang tidak terkontrol. Kalap belanja atau kartu kreditnya dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan meski mempunyai uang tunai atau cash.

Hal ini terjadi karena pengguna belum memahami penerapan bunga, biaya, dan hal penting lainnya di dalam kartu kredit mereka. Padahal dengan memiliki kartu kredit, mereka harus memiliki kesadaran terlebih dahulu, bahwa semua penggunaan kartu kredit adalah utang.

Utang adalah kewajiban yang harus dibayar atau dilunasi. Jika tidak, maka akan berakibat fatal dan mengacaukan keuangan pribadi pengguna. Oleh karena itu, pelajari untung dan rugi kartu kredit sebelumnya.  

Kesimpulan

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemegang kartu dari penggunaan kartu kredit, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Namun sebagai pengguna, kamu tetap harus jeli dan cermat lagi dalam melakukan setiap transaksi dengan alat pembayaran ini.

Selalu gunakan kartu kredit dengan cerdas dan bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari permasalahan keuangan dan kartu kredit dapat memberi manfaat maksimal dalam keuangan. Jadi, kamu termasuk tipe pengguna kredit yang mana nih?

Baca juga5 Cara Kerja Kartu Kredit: Pahami Terlebih Dahulu Ya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU