26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

Tips Agar Tidak Gagap Teknologi di Era Digital

duniafintech.com – Apa itu “Gaptek”? Gaptek adalah kepanjangan dari Gagap Teknologi, di mana gaptek identik dengan lemahnya kemampuan seseorang dalam menggunakan fasilitas dari produk-produk teknologi.

Akan tetapi, gagap teknologi di jaman sekarang ini cenderung identik dengan lemahnya kemampuan yang terkait dengan penggunaan gadget, komputer / laptop, sampai dengan internet.

Lalu bagaimana tips agar tidak gagap teknologi? berikut tipsnya :

  1. Miliki handphone yang memiliki fasilitas internet 

Saat ini harga handphone yang sudah tersedia fasilitas untuk mengakses internet di dalamnya tak semua bernilai tinggi, tersedia beberapa ponsel dengan harganya saat ini sudah relatif terjangkau.

2. Miliki komputer atau laptop dan pelajari buku panduan yang tersedia

Belajar secara mandiri cukup penting dilakukan terkait sistem penggunaan dari beberapa aplikasi / program. Namun jika Anda sudah dapat mengakses internet langsung dari komputer / laptop, belajar dengan browsing di internet tentu lebih efektif dan efisien tanpa harus membeli buku khusus.

3. Jangan Malu Bertanya

Jangan segan untuk bertanya kepada siapa saja atau para pakar yang tahu tentang kemajuan teknologi, baik dari segi penggunaan sampai dengan hal teknis yang terkait dengan program atau aplikasi terbaru.

4. Bekerja Mandiri

Biasakan bekerja secara mandiri dari yang terkecil, misalnya mengetik sebuah surat / dokumen lainnya, edit gambar, sampai dengan menggunakan aplikasi yang baru Anda ketahui.

5. Belajar sungguh-sungguh.

Dengan kesungguhan, akan menghasilkan kemampuan yang lebih baik daripada yang tidak memiliki tekad. Karena ketika mempelajari sebuah produk teknologi tertentu, seperti ponsel, komputer, tablet, dsb, hal yang sulit bisa menjadi mudah ketika Anda telah mampu menggunakannya untuk kehidupan Anda sehari-hari.

Written : Rara

1 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU