27.2 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Uang Dijamin Segera Terkumpul! Inilah Tips Cara Menabung dengan Cepat

JAKARTA, duniafintech.com – Tips cara menabung dengan cepat bisa dilakukan di berbagai media, mulai dari bank, celengan, atau juga tempat lain yang dianggap aman. Menabung sendiri adalah sebuah kebiasaan baik yang sudah diajarkan sejak kecil.

Namun, dalam kenyataannya, kebiasaan menabung ini belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, ada orang yang merasa kesulitan untuk menyimpan dan mengumpulkan uang lantaran gaya hidupnya yang boros. Kebiasaan ini pun sulit untuk dilakukan jika tidak terbiasa.

Nah, untuk tahu cara menabung yang cepat, berikut ini tips yang bisa Anda coba.

  1. Tips Cara Menabung dengan Cepat: Menetapkan Tujuan Awal Menabung

Pertama, tentukan terlebih dahulu apa tujuan awal Anda menabung. Contohnya, Anda ingin menabung untuk membeli HP, laptop, mobil, atau DP rumah. Bisa juga Anda menabung untuk mengumpulkan dana darurat atau pergi haji.

  1. Menentukan Nominal sebagai Tips Cara Menabung dengan Cepat

Usai menetapkan tujuan, selanjutnya Anda bisa menentukan berapa nominal yang akan dikumpulkan setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulannya. Buatlah batas minimal nominal yang harus terkumpul dalam jangka waktu tertentu. Pasalnya, hal itu bisa memacu semangat untuk menabung sebab ada target yang ditetapkan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Generasi Sandwich: Ciri-ciri dan Cara Memutus Rantainya

  1. Pisahkan Tabungan sejak Awal

Cara berikutnya adalah dengan memisahkan tabungan sejak awal gajian. Tips menabung ini berlaku bagi karyawan yang mendapat gaji tetap setiap bulannya. Pisahkanlah uang yang akan ditabung pada saat tanggal gajian, amankan uang itu, dan simpan. Anggaplah uang itu sudah tidak ada sehingga Anda tidak kepikiran dengan uang tersebut.

  1. Amankan Uang di Tempat Tersembunyi

Sebaiknya juga, Anda segera mengamankan uang di tempat tersembunyi. Tanamkanlah pikiran bahwa Anda tidak memiliki uang banyak untuk dibelanjakan. Cara ini bisa mencegah Anda untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Gunakan Sistem Tabungan Otomatis

Cara menabung secara cepat berikutnya juga bisa dengan menggunakan sistem tabungan otomatis yang di-auto debet langsung dari rekening. And a bisa menentukan berapa nominal yang akan disisihkan setiap bulannya untuk diambil secara otomatis.

  1. Mengunci Tabungan

Cara lainnya bisa dengan mengunci tabungan di bank. Kini, sudah banyak produk tabungan di bank yang menawarkan fitur pengunci tabungan. Anda pun tidak bisa tiba-tiba mengambil uang begitu saja sebab tabungan sudah dikunci sehingga uang akan terkumpul nantinya.

  1. Menyimpan Uang Recehan

Memang tampak sepele, tetapi uang receh yang segera simpan dan dikumpulkan di tempat yang aman nantinya akan bernilai besar. Mengumpulkan uang recehan bisa menjadi salah satu cara menabung cepat yang bisa diterapkan.

  1. Menyimpan Uang dari Hasil Pendapatan Ekstra

Menyimpan uang dari hasil pendapatan ekstra atau bonus pekerjaan yang diterima adalah cara lainnya yang bisa diaplikasikan. Pendapatan ekstra atau bonus adalah sumber tabungan yang bisa dimanfaatkan untuk dana darurat. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa pendapatan ekstra bukan untuk hura-hura, melainkan untuk tabungan hari tua.

Baca juga: Mengenal Bos Terra LUNA, Kripto yang Harganya Anjlok 98 Persen

  1. Gunakan Aplikasi Tabungan

Bagi Anda yang sulit menabung, Anda bisa menggunakan aplikasi tabungan untuk mengumpulkan uang dengan bijak, cermat, dan cepat. Kini, sudah banyak aplikasi tabungan yang bisa dimanfaatkan, sebut saja Spendee, Wally, atau Dompetsehat.

  1. Jadikan Tabungan sebagai Aset Riil

Cara menabung lainnya adalah menjadikan uang tabungan sebagai aset riil, misalnya emas atau permata. Tujuannya untuk mengerem keinginan berbelanja. Pasalnya, dengan mengubahnya menjadi aset riil, Anda tidak akan lagi dengan mudah mengambil uang itu.

  1. Pisahkan Rekening

Langkah memisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan adalah cara menabung dengan lekas yang berikutnya. Pisahkanlah rekening untuk jalan-jalan, makan, dan juga tabungan masa depan. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah dalam mengelola uang dan tabungan.

  1. Mencatat Setiap Pengeluaran dan Kebutuhan

Meski cara ini memang tergolong klasik, tetapi ia efektif digunakan oleh Anda yang memang serius untuk menabung. Dengan mencatat setiap pengeluaran dan kebutuhan yang ada, Anda bisa memantau semua aktivitas perencanaan keuangan Anda..

  1. Manfaatkan Diskon

Manfaatkanlah berbagai diskon sebagai salah satu cara menabung. Carilah pusat perbelanjaan atau toko online yang menawarkan diskon, cashback, dan sejenisnya, yang dari sisa uang itu bisa disisihkan untuk ditabung.

  1. Hindari Gaya Hidup Tinggi

Adakalanya seseorang sulit menabung lantaran terjebak oleh lifestyle atau gaya hidup yang terlalu tinggi. Padahal, orang kaya yang sesungguhnya malah hidup apa adanya tanpa berlebihan. Maka dari itu, terapkanlah gaya hidup yang sewajarnya saja alias tidak perlu berlebihan.

  1. Berhenti Berlangganan TV Kabel

TV kabel memang menjadi salah satu media hiburan yang biasa digunakan saat bosan dengan rutinitas. Akan tetapi, berlangganan TV kabel bisa merusak planning menabung. Oleh sebab itu, coba ubah alokasi biaya TV kabel menjadi tabungan.

  1. Hati-hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit bisa menjadi dua sisi mata uang bagi penggunanya, yakni menguntungkan atau malah merugikan. Dalam hal ini, pastikan bahwa Anda selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar tidak dikenakan tambahan biaya dan bunga. Pilih juga kartu kredit yang memiliki fitur serta keuntungan yang sesuai kebutuhan.

  1. Jangan Sembarangan Meminjamkan Uang

Cara selanjutnya, yakni dengan tidak sembarangan meminjamkan uang. Tidak meminjamkan uang kepada teman bukan berarti pelit. Bahkan, Anda justru perlu menimbang dengan matang saat hendak meminjamkan uang pada orang lain. Pastikan bahwa orang itu punya kemampuan dan kemauan untuk membayar.

  1. Mengubah Paket Data Smartphone

Selanjutnya, juga bisa dengan membatasi tagihan telepon dan paket data smartphone. Tinjau ulang, apakah paket yang diambil itu benar-benar sesuai kebutuhan atau jumlahnya justru membengkak.

Baca juga: Sepuluh Tahun ke Depan, Satu Miliar Penduduk Bumi Diprediksi Bakal Gunakan Mata Uang Kripto

  1. Lakukan Refinancing

Kalau saat ini Anda tengah mengambil cicilan maka cobalah untuk melakukan refinancing, yakni sebuah upaya untuk memindahkan kredit ke lembaga keuangan atau bank yang punya suku bunga dan penawaran yang lebih baik.

  1. Investasi

Cara menabung dengan cepat yang terakhir, yakni dengan berinvestasi. Kalau Anda hanya menabung saja maka uang tidak akan bertumbuh. Lain halnya kalau Ana menginvestasikannya sehingga imbal hasil dari investasi itu akan Anda dapatkan.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmen mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Pelaku usaha kecil yang masih kebingungan mendapatkan modal...

Bujuk Elon Musk, Luhut Sodorkan Kawasan Industri Hijau Kaltara Buat Investasi Tesla

JAKARTA, duniafintech.com - Tesla bakal segera masuk ke ekosistem kendaraan dan baterai listrik Indonesia. Negosiasi investasi dari perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dipimpin...

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...
LANGUAGE