26.3 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Tips Hindari Investasi Bodong Crypto, Pemula Wajib Tahu!

JAKARTA, duniafintech.com – Tips hindari investasi bodong crypto penting diketahui oleh para investor dan trader di dunia cryptocurrency.

Sekalipun menawarkan keuntungan melimpah dengan cara yang mudah, dunia investasi kripto, termasuk Bitcoin, memang tidak selalu aman bagi investor.

Hal itu karena terdapat banyak kasus investasi bodong dan skema penipuan yang ujung-ujungnya membuat para investor merugi dalam jumlah yang tidak sedikit.

Agar terhindar dari ancaman kerugian lewat investasi kripto, beberapa cara yang perlu dijadikan sebagai panduan.  Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Noice.id.

Baca juga: Apa Itu Crypto Winter? Investor Siap-siap Hadapi Dampaknya!

Apa Itu Crypto?

Sebagai pengingat, crypto (cryptocurrency) atau kripto merupakan jenis aset digital yang terdesentralisasi dan berada di jaringan atau sistem blockchain.

Aset yang satu ini dapat digunakan untuk transaksi visual berbasis jaringan internet. Kripto pun dikenal dengan sistem keamanan dan transparansi teknologinya.

Di samping itu, pengolahan dan penyimpanan datanya juga tidak terpusat, tetapi tersebar ke banyak komputer di seluruh dunia.

Nah, jika kamu ingin tahu cara mengetahui aplikasi kripto terbaik yang aman maka kamu harus memilih aplikasi yang diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)—lembaga khusus yang berada di bawah Kementerian Perdagangan.

Tips Hindari Investasi Bodong Crypto, Pemula Wajib Tahu!

Tips Hindari Investasi Bodong Crypto

Ketahui sejarah kelamnya

Tips pertama, kamu harus mengetahui sejarah kelam dan mempelajari dunia mata uang kripto yang misterius sebelum masuk ke industri ini.

Di sini, memang ada yang iseng bermain kripto, ada yang sudah mulai berinvestasi kripto, dan ada juga yang masih sangsi akan mata uang ini sehingga masih memilih mata uang konvensional. 

Pada 2017 lalu, mata uang kripto atau mata uang virtual yang tidak bisa dipalsukan mendadak ramai dibicarakan oleh semua orang.

Banyak yang mulai berinvestasi bitcoin dengan modal tak seberapa. Akan tetapi, sekalipun tampak menguntungkan dengan mudah, kasus investasi bodong di crypto ternyata sudah mengancam sejak awal mula kemunculan mata uang virtual ini.

Hal itu yang membuatmu harus selalu berhati-hati jika ingin memutuskan terjun ke dalam dunia investasi kripto.

Hindari red flag yang mengancam

Tentunya, investasi bodong memang menjadi bayang-bayang kelam dalam aktivitas finansial virtual yang melibatkan mata uang kripto.

Namun, terdapat red flag lain yang tidak kalah mengancam, yaitu keserakahan dan ketakutan. Keduanya berhubungan dengan emosi internal di dalam diri manusia yang belum mengetahui cara mengatur keuangan, termasuk mereka yang telah terlibat ke dalam bidang investasi ini.

Nah, ketika kamu punya uang dan memutuskan untuk menghabiskan semuanya dengan membeli barang baru atau berinvestasi kripto dengan risiko tinggi, itu merupakan keserakahan.

Sebaliknya, ketika uang yang dimiliki menjadi sumber kekhawatiran akan merugi, itu menjadi bentuk ketakutan. Maka dari itu, saat kamu mulai berinvestasi dengan mata uang kripto, kedua emosi ini harus bisa dikendalikan dengan bijak dan pandai. 

Pahami cara penipuan yang umum dilakukan

Selanjutnya, demi menghindari jeratan kasus investasi bodong di investasi kripto, kamu harus memperhatikan skema penipuan yang umum dilakukan.

Kamu  bisa berkaca pada kisah yang terjadi pada 2014 lalu saat Dr. Ruja Ignatova memperkenalkan OneCoin sebagai mata uang virtual yang aman, modern, dan inovatif.

Kala itu, keuntungannya disebut-sebut mampu melebihi bitcoin yang ketika itu bernilai 800 dolar per satu token. 

Akan tetapi, siapa sangka, di balik keuntungan yang ditawarkan, nyatanya OneCoin adalah salah satu bentuk scam atau penipuan yang umum ditemukan di dunia investasi bitcoin. 

Penipuan tersebut sering kali melibatkan perusahaan yang bodong pula dengan skema Ponzi atau Multi Level Marketing (MLM) yang jelas-jelas tidak menguntungkan investornya.

Karena itu, sebaiknya kamu jangan mudah tergoda dengan tawaran keuntungan yang besar kalau investasimu ingin aman.

Carilah pemain crypto yang bisa dipercaya

Pada dasarnya, kamu tidak harus selalu seorang diri saat menghindari investasi bodong. Pasalnya, kamu pun perlu melibatkan orang-orang lain yang dapat dipercaya dalam investasi ini.

Hingga kini, sudah tidak terhitung banyaknya penipu berkedok pemain kripto yang menghilang secara tiba-tiba dan meninggalkan korbannya di muara kerugian.

Maka dari itu, kalau kamu merasa perlu bergabung dengan investor lainnya maka sebaiknya selalu pastikan bahwa mereka adalah investor yang aman dan tidak terlibat dengan skema penipuan mana pun. 

Pastikan penyimpanan mata uang Crypto kamu aman

Perlu diketahui, penyimpanan kripto tidak selalu aman seperti yang kamu duga. Pasalnya, ada banyak investasi bodong bermula dari iming-iming penyimpanan terjamin seperti blockchain, padahal sesungguhnya tidak aman sama sekali.

Lantaran hanya terhubung secara virtual tanpa ada bentuk nyata, penyimpanan mata uang kripto memang cukup sulit untuk dideteksi aman atau tidaknya.

Namun, kamu tetap dapat menyeleksi penyimpanan yang terpercaya dengan memastikan bahwa sistemnya melibatkan aktivitas transaksi yang transparan dan portalnya punya proteksi data serta audit investor yang terjamin dan bisa dibuktikan kebenarannya.  

Baca juga: Harga Bitcoin dan Ethereum Naik, Sudah Capai Titik Rendah?

Hati-hati gunakan crypto kecil

Adapun kripto yang kecil dapat dimanipulasi supaya memberikan keuntungan besar bagi beberapa orang, selain investornya sendiri.

Hal itu dapat ditandai dengan kemunculan mata uang kripto yang nilainya tidak seberapa dan malahan mengarah pada kasus investasi bodong di crypto.

Selayaknya ikan-ikan kecil di suatu kolam yang besar, mata uang kripto bernilai kecil ini sebetulnya tidak akan terlihat menguntungkan, bahkan tidak berarti sama sekali. 

Akan tetapi, bagi sebagian orang, apalagi para pemain kripto pemula, aset kripto bernilai kecil ini cukup menggoda untuk dicoba.

Nah, hal ini yang mestinya waspadai. Pasalnya, sekalipun lebih minim risiko, berinvestasi dengan menggunakan kripto kecil mungkin tidak akan memberimu keuntungan berarti sebab nilainya tidak terdaftar dalam bursa kripto global. 

Bijak dalam Bermedia Sosial

Karena sama-sama berada di dunia virtual, investasi kripto dan media sosial dapat saling berhubungan satu sama lain.

Nah, investasi bodong yang dilakukan juga dapat menjadikan portal media sosial sebagai sarana promosi.

Buat pemain pemula, bermedia sosial dengan bijak menjadi kunci untuk berhati-hati supaya tidak terjerumus dalam investasi yang membuatmu merugi.

Tips Investasi Aset Crypto – Tips Hindari Investasi Bodong Crypto

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba agar investasi kripto bisa cuan maksimal:

  • Pahami dengan tepat konsep cryptocurrency;
  • Pilih exchange crypto yang legal dan terpercaya;
  • Evaluasi variabel terhadap aset kripto;
  • Lakukan analisis teknikal melalui grafik candlestick;
  • Ketahui besaran biaya layanan;
  • Lakukan diversifikasi koin;
  • Mulai investasi dengan jumlah kecil;
  • Rajin melihat pasar kripto.

Tips Hindari Investasi Bodong Crypto

Cara Trading Crypto Harian bagi Pemula

Membuat akun di broker terpercaya

Bagi pemula yang belum memiliki akun, kamu bisa memilih broker atau exchange crypto terpercaya, misalnya Indodax.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran akun sesuai prosedur atau ikuti instruksi serta perintah yang tersedia.

Menyiapkan portofolio harian

Portfolio adalah sebuah hal terpenting yang harus diisi oleh trader tiap bertransaksi khususnya trading uang kripto.

Biasanya, trader harian akan mencatat semua transaksi perdagangan yang masuk ataupun keluar setiap harinya akankah mendapat keuntungan atau mengalami kerugian. 

Sebagai informasi, portofolio trading harian akan lebih baik jika hanya mengambil 1 persen dari aset cryptocurrency yang dimiliki dan mengubahnya menjadi berkali lipat (2—10%) untuk mendapatkan persentase yang lebih besar.

Menggunakan paper trading

Kalau ingin mencoba trader harian maka ada baiknya kamu menggunakan fake money atau paper trading.

Tujuannya agar trader bisa menganalisis transaksi dan mengembangkan strategi sebelum terjun dalam trading harian yang sebenarnya.

Dengan kata lain, sebaiknya memulai trading harian dengan akun demo atau perdagangan kertas dahulu.

Melakukan analisis dengan risk meter

Sebaiknya, kamu juga melakukan analisis terlebih dahulu grafik itu sebelum trading untuk memaksimalkan analisis serta keuntungan.

Risk Meter menunjukkan analisis risiko bitcoin terhadap harga dagang.  Analisis dilakukan dengan perhitungan logaritma dalam siklus waktu tertentu.

Metrik analisis biasanya akan menunjukkan warna biru untuk pembelian dan merah menunjukkan perubahan waktu yang tepat saat menjual aset.

Memilih aset kripto terbaik

Adapun trading harian sebaiknya dilakukan pada koin dengan volatilitas dan likuiditas yang tinggi, misalnya bitcoin.

Pasalnya, pemilihan kripto peringkat atas dinilai lebih menguntungkan. Meskipun berisiko tinggi, tetapi harga crypto bisa naik secepat mereka turun.

Memiliki perencanaan dan disiplin

Penting dipahami, kunci sukses dalam trading adalah manajemen risiko sehingga seorang trader harus memiliki perencanaan yang baik dan matang.

Oleh sebab itu, jangan malas dan disiplin untuk mencatat setiap transaksi di portofolio.

Memantau pergerakan harga crypto

Kalau sudah punya akun dan membeli sejumlah nilai maka rajin-rajinlah untuk memantau fluktuasi harga Crypto.

Hal ini perlu dilakukan supaya kamu semakin paham dan dapat melihat peluang keuntungan.

Advisor Indeks Crypto

Baca juga: Tips Sukses Investasi Crypto yang Wajib Diketahui Pemula

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU