29.9 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Tips Sukses Investasi Crypto yang Wajib Diketahui Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Tips sukses investasi crypto penting diketahui supaya para trader, khususnya pemula, dapat cuan dengan maksimal.

Sebagaimana diketahui, cryptocurrency sendiri dianggap sebagai mata uang baru yang cukup menarik perhatian pelaku bisnis sebagai instrumen investasi.

Pakar keuangan pun bahkan beranggapan bahwa jual beli yang berkaitan dengan blockchain atau aset kripto merupakan masa depan.

Di Indonesia, meski tidak digunakan sebagai alat pertukaran, tetapi aset kripto, di antaranya Bitcoin, bisa digunakan sebagai media investasi seperti saham.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tutorial Investasi Crypto: Platform hingga Tips Sukses Berinvestasi

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran menggunakan kriptografi yang kuat dalam mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Menukil laman YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika, nama cryptocurrency sendiri berasal dari cryptography yang punya arti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang.

Cryptocurrency juga dilindungi jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain.

Adapun blockchain adalah teknologi serupa dengan buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Fitur yang utama dari cryptocurrency adalah mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat mana pun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Hal itu berbeda dengan mata uang suatu negara yang dikontrol oleh pemerintah suatu negara.

Macam-macam cryptocurrency yang beredar saat ini di antaranya adalah Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, Stellar, Dogecoin, Cardano, Eos, dan yang lainnya.

Tips Sukses Investasi Crypto: Cara Trading Crypto Harian bagi Pemula

Membuat Akun di Broker Terpercaya

Bagi pemula yang belum memiliki akun, kamu bisa memilih broker atau exchange crypto terpercaya, misalnya Indodax.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran akun sesuai prosedur atau ikuti instruksi serta perintah yang tersedia.

Menyiapkan Portofolio Harian

Portfolio adalah sebuah hal terpenting yang harus diisi oleh trader tiap bertransaksi khususnya trading uang kripto.

Biasanya, trader harian akan mencatat semua transaksi perdagangan yang masuk ataupun keluar setiap harinya akankah mendapat keuntungan atau mengalami kerugian. 

Sebagai informasi, portofolio trading harian akan lebih baik jika hanya mengambil 1 persen dari aset cryptocurrency yang dimiliki dan mengubahnya menjadi berkali lipat (2—10%) untuk mendapatkan persentase yang lebih besar.

Menggunakan Paper Trading

Kalau ingin mencoba trader harian maka ada baiknya kamu menggunakan fake money atau paper trading.

Tujuannya agar trader bisa menganalisis transaksi dan mengembangkan strategi sebelum terjun dalam trading harian yang sebenarnya.

Dengan kata lain, sebaiknya memulai trading harian dengan akun demo atau perdagangan kertas dahulu.

Melakukan Analisis dengan Risk Meter

Sebaiknya, kamu juga melakukan analisis terlebih dahulu grafik itu sebelum trading untuk memaksimalkan analisis serta keuntungan.

Risk Meter menunjukkan analisis risiko bitcoin terhadap harga dagang.  Analisis dilakukan dengan perhitungan logaritma dalam siklus waktu tertentu.

Metrik analisis biasanya akan menunjukkan warna biru untuk pembelian dan merah menunjukkan perubahan waktu yang tepat saat menjual aset.

Memilih Aset Kripto Terbaik

Adapun trading harian sebaiknya dilakukan pada koin dengan volatilitas dan likuiditas yang tinggi, misalnya bitcoin.

Pasalnya, pemilihan kripto peringkat atas dinilai lebih menguntungkan. Meskipun berisiko tinggi, tetapi harga crypto bisa naik secepat mereka turun.

Memiliki Perencanaan dan Disiplin

Penting dipahami, kunci sukses dalam trading adalah manajemen risiko sehingga seorang trader harus memiliki perencanaan yang baik dan matang.

Oleh sebab itu, jangan malas dan disiplin untuk mencatat setiap transaksi di portofolio.

Memantau Pergerakan Harga Crypto

Kalau sudah punya akun dan membeli sejumlah nilai maka rajin-rajinlah untuk memantau fluktuasi harga Crypto.

Hal ini perlu dilakukan supaya kamu semakin paham dan dapat melihat peluang keuntungan.

Tips Sukses Investasi Crypto

Memiliki Perencanaan yang Matang

Jika kamu baru terjun ke bisnis ini maka biasanya pasti merasakan kesulitan pada awal-awal melakukan trading.

Hal itu wajar sebab fluktuasi harga sekuritas dari waktu ke waktu dan tingkat risiko yang lebih besar ketimbang mata uang lain.

Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis ini. Perencanaan yang kamu buat mesti memperhatikan jangka panjang. 

Maka dari itu, penting saat kamu ingin sukses investasi cryptocurrency, kamu harus mempelajari aset kripto yang diminati.

Baca juga: Apa Itu Crypto Winter? Ternyata Begini Sejarah dan Dampaknya

Hal itu pun akan menjadi pedoman rencana untuk dijadikan pelajaran ataupun tujuan ke depannya.

Pelajari pula tingkat risiko supaya kamu tidak semata-mata menggunakan emosi saat melakukan investasi ini.

Tips Sukses Investasi Crypto

Memperhatikan Biaya Layanan dan Spread

Adapun biaya layanan tentunya menjadi hal yang mesti diperhatikan—berapa pun besarnya. Dalam melakukan transaksi perdagangan aset crypto, ada skema biaya layanan yang dibebankan kepadamu, yakni biaya pembelian dan penarikan.

Kedua hal di atas dapat menjadi acuan bagimu untuk memilih exchange atau platform Bitcoin sebab umumnya berbeda-beda.

Terdapat sejumlah exchange yang memberikan flat rate yang lebih menguntungkan, kemudian ada juga yang menggunakan skema persentase sesuai nominal penarikan. Di samping itu, ada pula biaya transaksi sebagai market taker yang akan dikenakan kepada para trader.

Bukan itu saja, juga ada spread, yakni perbedaan antara harga order beli tertinggi dan jual terendah di pasar pertukaran.

Buat investor pemula, perbedaan spread dalam selisih antara harga jual dan beli tidak jarang membuat terkejut. Selayaknya membeli emas, ada spread harga atau selisih harga jual dan beli yang harus diperhatikan.

Menyesuaikan Target dengan Kemampuan sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Memang tidak dimungkiri bahwa melakukan investasi banyak yang mengharapkan untung besar. Namun, kenyataannya, para investor aset kripto yang berhasil harus melalui berbagai tantangan dan tidak sukses dalam waktu singkat.

Hal itu karena bisnis ini dilakukan jangka panjang sehingga perlu adanya rencana target yang sesuai dengan kemampuan.

Adapun target yang disesuaikan mesti dijalankan secara konsisten. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperdalam pengetahuan investasi ini agar dapat memperhitungkan skema kapan harus membeli dan menjualnya.

Memilih Risiko Kecil bagi Pemula

Buat para pemula, memilih risiko kecil ketika memulai bisa menjadi salah satu kiat sukses trading cryptocurrency.

Memang, saat memperoleh profit besar di awal bisa memicu semangat sehingga rela mengambil risiko besar. 

Hal itulah yang benar-benar harus dipahami bahwa tidak ada jaminan mengambil risiko besar dapat membawa untung besar.

Oleh sebab itu, mulailah menerapkan trading dengan risiko kecil pada awal memulai. Kamu akan belajar banyak hal seiring waktu hingga berani mengambil risiko yang besar.

Mengetahui Market Timing sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Mengetahui waktu membeli dan menjual aset digital adalah tips yang perlu diketahui oleh trader dan investor.

Tips yang satu ini dapat menjadi cara untuk mengurangi risiko investasi. Apalagi, harga aset crypto yang mudah naik dan turun, sulit untuk diprediksi pergerakannya.

Market timing merupakan kemampuan investor dalam menentukan kapan harus menjual dan kapan harus membeli suatu aset.

Belilah saat harganya sedang murah, lalu jual saat harganya sedang naik. Strategi pembelian saat harga aset lebih murah dapat diketahui dari analisis grafik serta pergerakan harga rata-rata jangka pendek dan panjang.

Memastikan Platform Trading Aman dan Legal

Lebih jauh, platform trading yang akan digunakan juga sudah harus aman dan mendapatkan legalitas dari pemerintah setempat. Keputusan ini untuk meyakinkan bahwa uang yang Anda investasikan aman.

Kini,ada banyak perusahaan atau entitas yang telah mendapatkan tanda daftar dari Bappebti sebagai pedagang aset kripto, di antaranya Indodax.

Terus Belajar Trading Aset Crypto sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Buat para pemula, kalau berminat untuk melakukan bisnis cryptocurrency maka tentunya harus terus mempelajarinya dengan saksama.

Ada banyak informasi dan  pengetahuan dasar konten mata uang crypto atau blockchain, edukasi media exchange, dan tutorial investasi dalam bentuk teks maupun video interaktif di internet.

Di samping itu, jangan cepat menyerah saat kamu mengalami kerugian. Jika sudah memahami konsep awal secara baik maka pasti mengakui bahwa rugi merupakan salah satu hal yang harus dirasakan. Solusinya, harus mencoba kembali dengan rencana yang lain. 

Teknologi Keamanan yang Diterapkan

Nah, hal terakhir yang penting diperhatikan, yakni penggunaan teknologi untuk menjamin keamanan transaksi di exchange yang dipilih.

Sebagian besar exchange di Indonesia telah menggunakan standar keamanan seperti Two Factor Authenticator (2FA) dan konfirmasi melalui email dan SMS.

Mereka yang yang terdaftar di BAPPEBTI hampir dipastikan sudah memiliki sertifikasi ISO 27001 tentang Sistem Keamanan Informasi dan telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga: Cara Trading Crypto Harian dengan Tepat agar Cuan Maksimal

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE