32.4 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Tutorial Investasi Crypto: Platform hingga Tips Sukses Berinvestasi

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi crypto yang menguntungkan akan sangat diperlukan oleh para trader di dunia investasi kripto.

Cryptocurrency atau crypto saat ini menjadi salah satu objek investasi yang semakin diminati.

Nah, sebagai instrumen baru, sejumlah fenomena mengejutkan masih sering lho terjadi. Agar kamu lebih paham, simak yuk tutorial investasinya di bawah ini.

Baca juga: Cara Investasi Crypto Jangka Panjang untuk Pemula, Dijamin Cuan!

Apa Itu Crypto?

Menukil Investopedia, cryptocurrency (mata uang kripto) atau crypto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Ringkasnya, kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut.

Di sini juga berlaku hukum penawaran dan permintaan (supply-demand). Artinya, semakin banyak orang yang menanamkan modalnya pada cryptocurrency, nilainya akan semakin tinggi.

Di Indonesia sendiri aset kripto yang dikategorikan sebagai emas digital telah mendapatkan legalitas hukum melalui Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Komoditi (Bappebti).

Berdasarkan Peraturan Bappebti pada 2020, sebanyak 229 aset kripto, dinyatakan legal untuk diperjualbelikan. Hanya saja, aset kripto hanya diperuntukkan sebagai sarana investasi bukan menjadi nilai tukar yang sah.

Fungsi Mata Uang Crypto – Tutorial Investasi Crypto

Mata uang crypto atau cryptocurrency telah menjadi salah satu inovasi dalam investasi dan pembayaran. Melangsir Qoala, mata uang crypto ini juga memiliki beberapa fungsi, antara lain seperti berikut ini.

Transaksi Barang/Jasa

Mata uang crypto bisa dipakai untuk transaksi alias sebagai alat tukar. Saat ini sudah ada beberapa negara yang resmi mengizinkan mata uang crypto sebagai alat pembayaran yang sah seperti El Savador dan Paraguay. Tidak hanya itu, saat ini telah banyak merchant dan ritel yang juga telah menerima cryptocurrency sebagai alat pembayarannya.

Investasi

Fungsi crypto yang selanjutnya adalah sebagai instrumen investasi yang cukup populer saat ini. Crypto telah menjadi salah satu coin yang bagus untuk investasi 2022 karena mampu mengalahkan inflasi. Di Indonesia sendiri, crypto memang belum bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. 

Akan tetapi pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk memiliki uang crypto sebagai aset investasi. Setidaknya ada 229 jenis mata uang crypto yang diakui oleh Bappebti dan bisa diperdagangkan secara sah di Indonesia.

Mining

Satu lagi fungsi dari mata uang digital adalah berkaitan dengan mining atau penambangan. Mining sendiri merupakan proses pencarian mata uang digital yang dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer dengan cara memecahkan masalah atau teka-teki matematika kompleks. 

Biasanya proses mining dilakukan secara serentak oleh banyak orang dari seluruh dunia dengan perangkat komputer yang canggih dan sambungan internet.

Rekomendasi Exchange atau Platform Kripto Terpercaya

Dalam berinvestasi mata uang digital ini, memilih exchange kripto adalah hal yang penting. 

Berikut ini rekomendasi pasar exchange crypto terbaik sebagai sarana investasi kripto terpercaya di Indonesia yang terverifikasi di BAPPEBTI dan memiliki keunggulan sebagai platform investasi di Indonesia, di antaranya:

PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)

Rekomendasi platform exchange kripto yang pertama adalah Indodax. Salah satu broker bitcoin terbesar di Indonesia ini memiliki tiga fitur trading, seperti Instant Order, Limit Order, dan Stop Order. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memantau aset kripto pribadi dengan mudah.

Kelebihan dari Indodax, yakni memiliki perlindungan autentikasi multifaktor untuk keamanan pelanggan, pelacakan transaksi jual beli, melakukan setor dan tarik rupiah dalam waktu kurang dari satu hari, serta tersedia layanan khusus anggota selama 24 jam penuh.

Exchange kripto besutan Oscar Darmawan ini telah memiliki 5,5 juta member terverifikasi. Di Indodax kamu bisa investasi mulai dari Rp 10 ribu saja. 

PT Pintu Kemana Saja (Pintu)

Sama seperti aplikasi jual beli aset kripto lain, platform exchange crypto Pintu juga dapat digunakan di HP dengan cara mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di App Store ataupun Google Play.

Keunggulan yang ditawarkan dari Pintu adalah bebas komisi untung, memberikan gratis deposit rupiah tanpa biaya sepeserpun, dan melakukan tarik rupiah secara real time hanya dengan biaya Rp 4.500 flat.

Selain itu, Pintu ini juga menawarkan transaksi beli aset kripto sebesar Rp 22.000 saja dan keamanan aset dijamin 100 persen.

PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)

Sejak didirikan pada tahun 2018, Tokocrypto menyediakan layanan beli, jual, investasi, hingga belajar Bitcoin maupun aset kripto lainnya.

Tokocrypto sudah memiliki sistem layanan yang terintegrasi dengan layanan deposit dompet digital seperti OVO. Selain itu, platform exchange crypto ini juga menyediakan layanan tutorial untuk menjadi penggunanya. 

PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)

Zipmex merupakan salah satu exchange crypto terbaik yang berizin di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pertama kali di Singapura dan menjadi salah satu platform dengan pengguna terbanyak di kawasan Asia Tenggara.

Zipmex menawarkan harga trading paling rendah mulai dari 0,2 persen. Selain itu, platform exchange crypto yang satu ini memberikan keamanan dan perlindungan dengan polis asuransi hingga USD 100 juta.

Baca juga: Mau Dapat Cuan? Inilah Tips Investasi Crypto Bagi Pemula

tutorial investasi crypto

Tutorial Investasi Crypto di Indodax

Jika kamu sudah siap untuk trading crypto maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah trading crypto di Indodax di bawah ini.

Registrasi dan Verifikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum trading crypto di Indodax adalah registrasi. Caranya adalah dengan mengunjungi website indodax.com, kemudian klik “Daftar”.

Setelah itu, isi username, email, dan password yang kamu ingin gunakan untuk akun Indodax kamu.

Jika sudah registrasi maka kamu wajib melakukan proses KYC (Know Your Customer). Proses ini adalah proses verifikasi identitas kamu, apakah data itu benar atau tidak.

Selain itu, proses ini juga berguna untuk melindungi kamu jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi di bursa.

Dalam proses KYC, kamu perlu upload foto KTP dan juga foto pribadimu. tujuannya adalah untuk menghindari adanya penipuan atau akun-akun fiktif.

Jika sudah selesai upload semua dokumen yang diperlukan maka akun kamu akan diverifikasi dalam waktu 1 x 24 jam oleh Indodax.

Deposit Rupiah sebagai Tutorial Investasi Crypto di Indodax

Jika akun kamu sudah ready maka sekaranglah saatnya kamu untuk membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah.

Sebelum membeli, tentunya kamu perlu deposit dulu. Setiap exchange memiliki fitur pembayaran yang berbeda-beda, ada yang bisa menggunakan kartu kredit bahkan e-wallet.

Akan tetapi, umumnya, kamu bisa melakukan pembayaran dengan rekening bank kamu melalui bank transfer.

Proses deposit ini biasanya membutuhkan waktu paling lama 1 x 24 jam untuk bisa diverifikasi oleh exchange.

Beli Bitcoin

Untuk beli bitcoin di Indodax, dapat dilakukan secara instan atau limit. Yang dimaksud instan adalah ketika kamu membeli Bitcoin dengan harga yang sesuai market saat ini.

Sedangkan secara limit, kamu menentukan sendiri ingin melakukan pembelian bitcoin di harga berapa.

Apabila kamu membeli bitcoin dengan metode instan maka pilih market atau instan. Setelah itu, masukkanlah nominal yang kamu inginkan untuk membeli bitcoin. 

Kemudian, klik calculate atau hitung untuk mengetahui estimasi bitcoin yang akan kamu dapatkan.

Sementara itu, kalau kamu membeli bitcoin dengan metode limit maka masukkan jumlah rupiah yang kamu ingin belikan bitcoin serta masukkan harga bitcoin yang kamu inginkan. Setelah itu, klik beli bitcoin.

Jual Bitcoin sebagai Tutorial Investasi Crypto di Indodax

Penjualan bitcoin juga dapat dilakukan secara instan atau limit. Jadi, kalau menjual secara instan maka kamu menjual bitcoin sesuai dengan harga market saat itu.

Sementara itu, secara limit, kamu menentukan sendiri ingin melakukan penjualan bitcoin di harga berapa. Pada metode instan, pilihlah metode market atau instan.

Setelah itu, masukkan jumlah Bitcoin yang ingin dijual. Klik calculate atau hitung. Kemudian, klik “jual bitcoin” maka akan otomatis terjual.

Kalau kamu memilih penjualan bitcoin secara instan maka kamu menjadi market taker. Keuntungannya adalah kamu tidak perlu menunggu bitcoin kamu untuk terjual. Namun, kamu harus membayar sejumlah biaya.

Pada metode limit, kamu memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu jual. Kemudian, masukkan harga jual Bitcoin yang kamu inginkan.

Setelah itu, klik jual bitcoin. Kalau kamu menentukan harga jual bitcoin kamu sendiri maka kamu menjadi market maker.

Keuntungannya adalah kamu tidak dikenakan biaya apa pun, tetapi kamu harus menunggu hingga bitcoin mencapai harga yang kamu tentukan.

Untuk mendapatkan keuntungan, kamu perlu menunggu harga bitcoin meningkat sebelum melakukan penjualan.

Lakukanlah penjualan bitcoin di harga yang lebih tinggi dari harga pembelian agar kamu bisa mendapatkan peluang keuntungan dari selisih harga pasar tersebut.

Withdraw atau Penarikan Dana

Withdraw atau penarikan saldo rupiah kamu ke rekening bank dapat kamu lakukan. Caranya adalah, pada menu “finansial” klik Rupiah lalu klik bagian “withdraw” atau penarikan.

Setelah itu, masukkan jumlah nominal yang akan kamu tarik, kemudian pilih bank yang kamu gunakan dan nomor rekeningnya.

Untuk melakukan withdraw, pastikan kamu menggunakan rekening yang sesuai dengan nama yang terdaftar pada akun Indodax milikmu. Tujuannya adalah untuk menghindari penipuan.

Tips Sukses Investasi Crypto

  • Memiliki perencanaan yang matang
  • Memperhatikan biaya layanan dan spread
  • Menyesuaikan target dengan kemampuan
  • Memilih risiko kecil bagi pemula
  • Mengetahui market timing
  • Memastikan platform trading aman dan legal
  • Terus-menerus belajar tentang trading aset crypto
  • Memastikan teknologi keamanan yang diterapkan

Baca juga: Meski Harganya Bergejolak, Inilah Tips Investasi Crypto yang Bisa Datangkan Cuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE