34.6 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Meski Harganya Bergejolak, Inilah Tips Investasi Crypto yang Bisa Datangkan Cuan

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi crypto atau aset mata uang digital berikut ini dapat menjadi panduan Anda dalam berinvestasi.

Saat ini, cryptocurrency atau aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di dunia. 

Di tengah gejolak pasar kripto saat ini, nyatanya juga tak menyurutkan minat investor dalam berinvestasi kripto. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan dari Bappebti di bulan Februari tahun 2022 menunjukkan bahwa investor kripto di Indonesia sudah berjumlah 12,4 juta investor. 

Baca juga: Memahami Apa Itu Lightning Crypto, Sejarah Hingga Prediksi Masa Depannya

Di kancah internasional pun, Indonesia bersama dengan Brazil merupakan negara dengan tingkat kepemilikan kripto terbanyak di dunia dengan persentase sebesar 41 persen. 

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency atau kripto adalah sebuah mata uang digital yang dijamin dan diawasi oleh Cryptography, sebuah sistem yang melindungi data dari ancaman keamanan seperti hacker.

Dengan perlindungan yang sulit ditembus, aset virtual ini sangat sulit untuk dimanipulasi.

Berbeda dengan mata uang konvensional, tidak mempunyai bentuk fisik sama sekali. Selain itu, mata uang ini cuma bisa kamu gunakan sebagai alat transaksi di pasar online saja.

Meskipun cuma ‘sah’ digunakan sebagai alat transaksi di dunia maya saja, kamu masih bisa menukar Cryptocurrency dengan mata uang fiat seperti Rupiah, Yen, Dollar, dan lain-lain.

Jadi kripto merupakan istilah digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis mata uang digital bukan hanya sebatas Bitcoin saja. Hal sering terjadi karena Bitcoin merupakan mata uang digital dengan nilai hampir 70% nilai total pasar kripto global.

tips investasi crypto

Tips Berinvestasi Crypto, Bisa Datangkan Cuan

Selain sebagai alat transaksi, Crypto juga banyak digemari oleh masyarakat sebagai investasi. Kemudahan dalam bertransaksi serta menjanjikan return yang tinggi membuat para investor terutama millenials dan gen Z yang banyak kepincut mata uang digital ini.

Pamor Crypto sebagai alternatif investasi semakin mencuat sejak pandemi 2021 berlangsung. Seperti alat investasi lainnya, tentu kamu perlu tahu seluk-beluk tentang Cryptocurrency. Jangan sampai niat kamu berinvestasi hanya untuk mengikuti trend saja.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Faucet Crypto? Cara Mudah Dapat Aset Kripto Gratis 

Berikut ini beberapa tips investasi crypto yang perlu Anda pahami, sebagai berikut:

1. Jangan Panik Saat Harga Turun

Perlu dipahami jika Cryptocurrency merupakan alat investasi high risk high return yang punya fluktuasi tinggi. Jangan panik saat uang yang kamu miliki tiba-tiba turun. Tunggu momen yang tepat untuk mengambil keputusan. Hal ini karena yang yang mengalami penurunan adalah nilainya, bukan jumlah koin yang kamu miliki.

2. Hold untuk Jangka Panjang

Sebagian orang berinvestasi dengan Crypto untuk jangka pendek. Hal ini wajar, mengingat aset virtual ini berfluktuasi dengan cepat. Jika kamu perhatikan, sebenarnya Cryptocurrency punya potensi dalam jangka panjang. Apalagi dengan biaya transaksi yang relatif tinggi, menahannya dengan sabar adalah sebuah keputusan yang wajar.

3. Lakukan Diversifikasi

Seperti alat investasi lainnya, penting buat kamu untuk melakukan diversifikasi. Jangan hanya fokus di Bitcoin saja, cari mata uang digital lain yang punya potensi untuk investasi. Setidaknya kamu punya alternatif jika salah satu dari koin kamu mengalami kerugian.

4. Pahami dan Ketahui Produknya

Seperti yang sudah disinggung di atas, terdapat lebih dari 2.200 jenis Crypto yang kini beredar di pasar virtual. Dari ratusan ribu jenis tersebut, pilihlah koin yang regulasinya sudah benar. Selain itu, pastikan mereka sudah ada dalam sistem Blockchain.

5. Diversifikasi dalam Investasi

Dalam investasi, kamu boleh saja memasukkan crypto sebagai salah instrumen yang menghiasi portofolio investasi kamu. Namun, kamu tidak boleh lupa melakukan diversifikasi kepada instrumen yang lebih stabil dan aman sebagai strategi mitigasi risiko anda.

Demikianlah ulasan mengenai tips investasi crypto yang bisa jadi panduan bagi Anda dalam berinvestasi. Sebagai pemula, Anda bisa menggunakan crypto exchange Indodax yang sudah terdaftar Bappebti dan dipercaya 5,4 juta member terverifikasi. 

Di Indodax juga menyediakan kanal edukasi kripto yang bernama Indodax Academy. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Apa Itu Sandbox Crypto? Begini Pengertian Hingga Cara Kerjanya

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU