29.2 C
Jakarta
Rabu, 29 Mei, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Cerah, Intip Yuk Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Rabu (15/2/2023).

Adapun mayoritas harga kripto hari ini pada jajaran teratas terpantau memiliki pergerakan yang seragam dan kembali berada di zona hijau.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Masih Loyo, Cek Harga Kripto Hari Ini

Berita Kripto Hari Ini: BTC Berhasil Menguat 

Menukil data dari Coinmarketcap via Liputan6.com, Bitcoin (BTC) berhasil menguat 2,74 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 4,13 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berada di level USD 22.227 per koin atau setara Rp 337,5 (asumsi kurs Rp 15.186 per dolar AS). 

Di samping itu, Ethereum (ETH) pun kembali menguat pada pagi ini. Diketahui, ETH naik 4,56 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih melemah 6,37 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 23,62 juta per koin. 

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang masih menguat sejak kemarin.. Dalam 24 jam terakhir, BNB naik 1,84 persen, tetapi masih melemah 10,57 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,50 juta per koin. 

Sementara itu, Cardano sukses kembali ke zona hijau. Dalam satu hari terakhir, ADA menguat 8,13 persen, tetapi masih melemah 2,64 persen sepekan. Dengan demikian, ADA berada pada level Rp 5.861 per koin.

Solana (SOL) pun kembali menguat dalam satu hari terakhir sebesar 6,74 persen. Namun, SOL masih melemah 7,88 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 329.874 per koin.

Harga Kripto Lainnya

Di sisi lain, ada XRP yang ikut kembali menguat. Diketahui, XRP melesat 2,26 persen dalam 24 jam, tetapi masih terkoreksi 5,66 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 5.760 per koin. 

Adapun Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali perkasa. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 2,32 persen, tetapi masih melemah 9,58 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.265 per token.

Sementara itu, Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Binance USD (BUSD) diketahui menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.029 triliun atau setara Rp 15.626 triliun.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pertukaran Kripto Kraken Diselidiki SEC, Ini Penyebabnya

berita kripto hari ini

Berita Kripto Hari Ini: Proyeksi Pasar Kripto setelah Rilis Harga Konsumen Januari 2023

Sebelumnya, usai menghadapi peningkatan harga yang cukup tajam, pasar kripto kembali alami koreksi dalam beberapa pekan terakhir.

Terdapat sejumlah alasan di balik pasar crypto kembali lesu dan membuat investor kurang bergairah untuk melakukan akumulasi.

Mengacu pada data CoinMarketCap, harga Bitcoin (BTC) telah turun sekitar 5,91 persen dari kenaikan tertinggi pada bulan Januari lalu di level USD 24.165.

Pada Selasa, 14 Februari 2023 pukul 08.00 WIB, harga BTC terpantau berada di posisi USD 21.771 dengan penurunan 4,44 persen dalam tujuh hari terakhir.

Tim Riset Tokocrypto menyebut bahwa penurunan dan volatilitas pasar kripto yang tinggi akhir-akhir ini disebabkan oleh kombinasi antara kekhawatiran investor atas peningkatan penegakan peraturan di Amerika Serikat (AS) dan data laporan Consumer Price Index (CPI) alias Indeks harga konsumen AS bulanan Januari 2023 yang akan mengukur tingkat inflasi.

Selain itu, investor pun sedang membukukan keuntungan setelah kinerja Bitcoin pada bulan Januari yang luar biasa.

Menurut Tim Riset Tokocrypto, tindakan US Securities and Exchange Commission (SEC) terhadap Kraken dan Paxos Trust dan rumor pelarangan staking kripto di AS bisa diterjemahkan sebagai penurunan lebih lanjut untuk Bitcoin dan pasar kripto yang lebih luas.

“Melihat situasi itu, mendorong investor untuk mulai melakukan aksi jual untuk mendapatkan untung dari kenaikan harga di Januari lalu. Akhirnya BTC mencapai penurunan dalam posisi terendah dalam tiga minggu terakhir,” ucap Tim Riset Tokocrypto, Selasa (14/2/2023).

Adapun serangkaian kabar buruk tersebut cukup untuk kembali melemahkan harga kripto. Kini, kemungkinan besar investor masih takut dan khawatir imbas dari perkembangan regulasi kripto di AS yang belum menunjukan hal positif.

Sekalipun terjadi penurunan harga pada sebagian besar aset kripto, sentimen pasar kripto masih terjaga dan stabil. Hal itu tampak dari pergerakan sideways pada Bitcoin Fear and Greed Index di area level 48—58 masih dalam kategori Neutral.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Organisasi Nirlaba Turki Kumpulkan Donasi Kripto Jutaan Dolar untuk Bantu Korban Gempa

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU