30.1 C
Jakarta
Senin, 26 Februari, 2024

Usaha Modal Kecil Untung Besar 2023 untuk Pemula, Cek Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha modal kecil untung besar bisa kamu wujudkan dengan mencoba ragam ide bisnis terbaik dalam ulasan ini.

Menjalankan bisnis dengan modal kecil tentu saja bukanlah sesuatu yang mustahil. Hal itu karena sudah ada banyak peluang saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pundi-pundi uang.

Dengan berkembangnya tren dan teknologi belakangan ini, kamu pun lebih terbantu utu untuk memulai usaha dengan lebih mudah. Bahkan, kamu pun juga bisa melakukannya dari rumah, dengan memanfaatkan modal seadanya.

Lantas, bagaimana ya caranya? Simak yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Cara Mengumpulkan Modal Usaha bagi Pemula, Simak Yuk!

Daftar Usaha Modal Kecil Untung Besar Terbaik 2022

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha modal kecil untung besar sebagai inspirasi usaha yang bisa direkomendasikan untukmu.

Bisnis dropship sebagai contoh usaha modal kecil untung besar

Teknologi yang kian maju juga telah memudahkan kamu untuk bisa memulai usaha. Saat ini, dropshipper menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang perlu dicoba.

Kamu dapat memulai usaha ini hanya dengan modal yang kamu punya, bahkan tanpa modal sekalipun. Hal itu karena kamu tidak perlu punya stok barang alias cukup dengan menentukan jenis dan produk barang yang akan dijual.

Saat ini, banyak toko online yang menawarkan peluang ini. Hal yang perlu dilakukan adalah tinggal memasarkan produk semenarik mungkin kepada calon konsumen supaya mereka tertarik.

Laundry kiloan

Biasanya, usaha yang satu ini laris manis saat sedang memasuki musim hujan. Di samping itu, laundry kiloan tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar dan kamu bisa mulai menjalankannya dengan modal awal Rp5 jutaan. Usaha ini cocok buatmu yang tinggal di lingkungan mahasiswa dan pekerja.

Les privat sebagai contoh usaha modal kecil untung besar

Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar lainnya, yaitu les privat. Misalnya kamu mendirikan les privat sendiri tanpa khawatir modal, dengan keuntungan bisa mengatur tarif sendiri. 

Di samping les privat yang perlu mendatangi rumah siswa untuk mengajar, kamu pun bisa membuka tempat les di rumah. Yang kamu perlukan di sini adalah papan tulis, meja kecil, serta perlengkapan menulis.

Nah, kalau memungkinkan pula, saat ini les privat pun sudah bisa dilakukan lewat video conference.

Bisnis ternak kelinci sebagai contoh usaha modal kecil untung besar

Usaha menjanjikan dengan modal yang kecil berikutnya adalah ternak dan jual-beli kelinci. Seiring berkembangnya bisnis ini, kamu pun bisa menambah modal supaya lebih banyak menjual kelinci dan punya area yang lebih luas.

Kerajinan tangan

Sekiranya kamu yang memiliki ketekunan dan kreativitas, membuat kerajinan tangan bisa menjadi pilihan usaha yang patut dicoba.

Dalam hal ini, kamu dapat mencoba membuat barang-barang dekorasi kerajinan tangan ataupun barang siap pakai, misalnya membuat aksesori, tas, dan produk kerajinan lainnya.

Meskipun modalnya kecil, kamu tetap dapat memulai usaha tersebut dengan berjualan hiasan sederhana lewat toko online atau media sosial.

Usaha yang satu ini pun bisa dilakukan oleh siapapun, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga.

Desain grafis dan video editing 

Fleksibilitas lokasi adalah keuntungan dari bisnis yang berikut ini. Bahkan, kamu bisa melakukannya dari rumah. Berbekal laptop, tablet, atau perangkat lain yang berguna untuk membantu pembuatan desain grafis dan juga video editing, kamu pun sudah bisa mulai mencari klien.

Di lain sisi, prospek usaha ini pun cukup menjanjikan sebab hampir semua sektor usaha kini memerlukan desain grafis dan video editor. Kalau sudah mulai banyak klien maka kamu juga bisa mempekerjakan orang lain sehingga usahamu bisa semakin berkembang.

Baca juga: Kiat Mengatur Keuangan Usaha Kecil: Edukasi Diri hingga Perhatikan Kontrak

usaha modal kecil untung besar

Jasa fotografi

Buat kamu yang punya kamera memadai dan menggemari fotografi, bisnis ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Adapun jasa fotografi sering dipakai untuk acara wisuda, pernikahan, atau momen spesial lain, misalnya acara reuni/ulang tahun. Nah, kamu bisa mulai menawarkan jasa ini pada keluarga atau teman dekat sebagai langkah awal.

Kalau orang terdekat sudah puas maka mereka tidak akan ragu merekomendasikan orang lain untuk menggunakan jasa kamu.

Tips Memilih Usaha Modal Kecil Untung Besar Terbaik

Pilih yang sesuai dengan minat

Pastikan sebelum memulai usaha, kamu sudah memilih bidang usaha yang sesuai minatmu.  Hal itu bertujuan agar usaha yang akan dijalani nantinya menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Kalau sudah dilandasi dengan minat tersebut maka kamu pun akan merasa lebih semangat dan pekerjaan membangun usaha ini juga akan terasa lebih ringan.

Maka dari itu, sebaiknya hindari memilih usaha yang tidak sesuai dengan minatmu. Misalkan, jika punya skill atau hobi memasak maka tentunya akan lebih pas kalau kamu memilih memulai usaha kuliner dan semacamnya. Nah, dari hobi yang dimiliki, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan ke depannya.

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha

Kemudian, tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Dalam hal ini, jangan sampai kamu menentukan waktu secara asal-asalan sebab memulai usaha bukanlah perkara main-main.

Selain itu, jangan juga kamu nantinya terburu-buru karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat. Saat salah sedikit saja, kamu pun bisa merugi nantinya.

Cara Mengumpulkan Modal Usaha

  • Gadai aset
  • Pinjam modal dari bank
  • Pinjam modal dari perusahaan fintech
  • Pinjam modal dari koperasi
  • Pinjam modal dari pemerintah (Kredit Usaha Rakyat/KUR)
  • Modal ventura
  • Pinjam modal dari e-commerce
  • Pinjam modal dari e-wallet
  • Kampanye di situs crowdfunding
  • Datang ke seminar investasi

Baca juga: 5 Usaha Modal Kecil Terbaik saat Ini yang Menguntungkan, Simak Yuk Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE