26.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Tips Investasi Kripto untuk Pemula agar Tidak Tertipu

JAKARTA, duniafintech.com – Beberapa tahun terakhir, tren investasi sedang menuju ke dunia digital. Saat ini, aset digital menjadi salah satu instrumen yang diandalkan dalam berinvestasi.

Aset digital yang sedang populer, yakni investasi mata uang kripto (cryptocurrency). Investasi ini menjadi hal menarik bagi investor yang bernyali tinggi. Untuk para investor yang sudah berpengalaman dan memiliki profil risiko yang tinggi, aset kripto bisa menjadi salah satu alternatif untuk berinvestasi.

Saat ini banyak sekali orang yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk cryptocurrency. Pemain baru juga sudah banyak yang bermunculan bahkan kalangan muda juga ikut mencoba peruntungan investasi kripto.

Aset kripto merupakan salah satu jenis aset yang dapat diperdagangkan pada bursa berjangka di Indonesia.

Namun, investasi aset kripto sama halnya dengan investasi lainnya. Perlu kamu pahami dulu apa yang harus dilakukan dan hal yang tidak dilakukan ketika investasi aset kripto. Hal ini agar meminimalisir risiko kerugian anda.

Tips Investasi Kripto untuk Pemula

Dilangsir dari The Time, berikut ini adalah 6 tips investasi dengan mata uang kripto untuk pemula agar anda tidak mudah tertipu.

  1. Miliki strategi untuk perdagangan kripto

Bukan hal yang mudah untuk dapat mengenali rekomendasi cryptocurrency asli dari penipuan. Bagaikan banyak ‘hiu’ di luar sana menunggu untuk mengambil uang anda.

Penipuan dalam investasi kripto belakangan ini semakin menjamur, bahkan kasus ini melonjak hingga 7.118 dalam kurun waktu sembilan bulan pertama 2021. Jumlah itu tumbuh sebesar 30% bila dibandingkan dengan 2020.

Ada baiknya anda mundur dari hal-hal yang sedang hype saat ini. Apalagi di saat anda dihadapkan dengan banyak informasi tentang cryptocurrency.

Cobalah untuk melihat secara kritis proyek tersebut. Salah satunya yaitu hindari koin yang memberikan janji tapi belum memberikan sesuatu yang nyata.

Misalnya, berapa banyak pengguna yang dimilikinya? Apakah ada hubungan dengan industri?

  1. Kelola risiko

Jangan sampai anda melakukan  kesalahan yang sama seperti orang lain.

Sebaiknya, Anda tetapkan batasan  minimal berapa banyak investasi dalam mata uang digital. Selain itu,  jangan sampai anda mudah tergoda untuk berdagang dengan lebih banyak uang daripada yang bisa anda tanggung. Perlu diingat, perdagangan cryptocurrency merupakan investasi yang memiliki risiko yang tinggi dan lebih banyak pedagang yang mengalami kerugian.

  1. Diversifikasi portofolio kripto

Anda jangan fokus investasi yang banyak di dalam satu cryptocurrency. Hal itu tidak ada gunanya seperti halnya investasi saham. Ada baiknya anda menaruh uang  di berbagai mata uang digital.

Dengan begitu, jika salah satu dari mereka jatuh nilainya, anda tidak mengambil risiko terlalu tinggi. Apalagi saat ini harga pasar dari investasi ini sangat fluktuatif.

Ada ribuan pilihan koin untuk dipilih, jadi lakukan riset sebelum anda memilihnya.

  1. Investasi untuk jangka panjang

Para pemula harus tahu, bahwa Cryptocurrency tidak akan hilang.

Seringkali para pemula ini mudah terbuai dengan penipuan. Biasanya sering ditipu untuk melakukan panic buying saat harga rendah.

Dengan meninggalkan uang anda di pasar selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, nantinya ada hadiah terbaik yang anda dapatkan.

  1. Otomatiskan pembelian

Sama seperti dunia investasi saham, menggunakan pembelian secara otomatis. Pertukaran mata uang kripto, Coinbase dan Gemini, memungkinkan anda agar mengatur pembelian secara berulang.

Mengatur pembelian atau jual otomatis akan menghilangkan stres sedangkan Menentukan waktu jual beli cukup itu menimbulkan stres.

Cobalah anda mengatur pembelian atau jual otomatis. Kenapa ? mengatur waktu pasar dengan membeli mata uang dengan harga yang menurut Anda serendah mungkin atau menjual dengan harga yang tinggi.

Langkah ini merupakan hal yang bisa, bahkan para profesional pasar berjuang untuk melakukannya dengan benar.

  1. Jangan Gunakan Bot

Meskipun bot perdagangan dapat dalam beberapa keadaan, namun sama sekali tidak direkomendasikan untuk pemula yang mencari tips investasi kripto. Bot bisa dibilang sebagai penipuan yang menyamar.

Jika ada sebuah sistem yang mengatur waktu perdagangan beli dan jual anda dengan sempurna, pasti semua orang akan menggunakannya, untuk itu jangan mudah tertipu!

 

Penulis: Kontributor / Achmad Ghifari

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE