26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Tips Investasi Modal Kecil, Cocok Buat Para Pemula! 

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil sangat cocok bagi para pemula. Sebagai pemula yang baru memulai untuk berinvestasi, wajib memahami berbagai tips penting. 

Ini dilakukan sebagai langkah untuk belajar dan menambah pengetahuan sebelum memulai berinvestasi. 

Sebab juga, kebanyakan bagi investor pemula mereka memiliki modal kecil sehingga tidak yakin untuk melakukan investasi. Namun ada beberapa produk yang memudahkan bagi kamu untuk investasi modal kecil.

Investasi menjadi kegiatan yang tepat untuk mencapai beberapa tujuan finansial, seperti membeli kendaraan, menyiapkan dana pensiun, biaya pernikahan, hingga dana pendidikan anak. Umumnya, untuk pemula pasti masih bingung untuk memulai dan menggunakan produk yang ada tersebut. 

Tips Investasi Modal Kecil

Tips Investasi Modal Kecil yang Cocok Buat Pemula 

Berikut ini ada tips investasi modal kecil yang cocok bagi investor pemula. Dimulai dari 6 jenis investasi ini, disimak ya. 

1. Tips Investasi Modal Kecil: Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi untuk mewadahi modal bagi sekumpulan investor agar dapat melakukan penanaman modal di pasar modal dengan investasi modal kecil. Produk ini sangat cocok bagi investasi modal kecil. 

Dengan modal sepuluh ribu rupiah saja, kamu sudah bisa berinvestasi di produk ini. Selain itu keuntungan sebagai pemula lainnya, kamu tidak perlu memantau perkembangan aset. Terdapat Manajer Investasi (MI) untuk mengelola dana  yang kamu simpan di produk reksadana tersebut.

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil, Instrumen Syariah Ini Bisa Jadi Pilihan

Reksadana juga tidak perlu memiliki modal cukup besar. Tentu untuk melakukan investasi bagi pemula, produk ini sangat cocok. Selain itu, reksadana juga cocok bagi pemula yang baru pertama kali mulai masuk ke dalam dunia investasi.

2. Tips Investasi Modal Kecil: Emas

Salah satu produk tanpa perlu banyak analisa dengan modal kecil adalah emas. Produk ini cocok bagi kamu untuk memulai investasi modal kecil. 

Aset logam ini sangat tepat untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Emas sendiri juga menjadi salah satu produk andalan bagi investor yang sudah berpengalaman maupun pemula. Produk ini juga menjadi salah satu produk penjaga nilai, khususnya saat terjadi krisis ekonomi ketika harga-harga aset lainnya mengalami penurunan.

3. P2P Lending

Instrumen ini merupakan penyedia jasa pinjaman untuk menghubungkan debitur atau pihak peminjam secara langsung dengan pemilik dana pinjaman atau kreditur. Peer to peer lending menjadi salah satu pilihan cocok untuk investor dengan modal kecil. Kamu bisa mulai investasi di P2P lending dengan modal sebesar seratus ribu rupiah.  

Selain itu, produk yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini juga dapat menganalisis risiko dari para calon peminjamnya.  

4. Obligasi Pemerintah

Investor pemula banyak meminati obligasi terbitan pemerintah Surat Berharga Negara (SBN). Untuk patokan biaya SBN mulai dari satu juta rupiah sampai dengan dua miliar rupiah. 

Ketika kamu berinvestasi dengan produk ini tidak secara langsung akan mendapatkan imbal hasil, melainkan harus menunggu sampai jatuh tempo sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Kamu bisa menggunakan beberapa produk obligasi pemerintah seperti Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel, Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR).

5. Saham

Dengan menggunakan instrumen ini kamu bisa mempunyai kepemilikan dari suatu perusahaan terbuka melalui pembelian saham. Harga saham sendiri memiliki banyak variasi. Sebagai investor pemula, disarankan menggunakan produk reksadana saham karena Manajer Investasi (MI) akan memilih saham sesuai dengan kapasitas finansialmu. 

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil: di P2P Lending Cuma Modal 100 Ribu!

Sementara itu, apabila kamu menggunakan produk investasi saham, kamu bisa mempunyai kemungkinan untuk mengalami kerugian karena sebagai investor pemula yang belum memiliki pengalaman dalam menganalisa naik turunnya harga saham.

6. Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding sendiri menggunakan investasi dana kecil karena menggunakan skema patungan untuk pendanaan suatu bisnis. Investor akan memiliki kepemilikan saham dalam bisnis tersebut. 

Adapun kelebihan dari investasi jenis ini akan menguntungkan bagi investor apabila bisnis tersebut menguntungkan, sebaliknya risiko yang ada juga setimpal apabila bisnis mengalami kerugian.

Sebagai investor pemula dengan modal sedikit, juga memiliki kesempatan yang sama dengan investor modal besar dan sudah berpengalaman. Bagi yang masih awam dalam dunia investasi, kamu nggak perlu ragu dengan investasi modal kecil untuk memulai kegiatan berinvestasi. 

Itulah tips investasi modal kecil yang bisa anda pilih. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaBerita Fintech Indonesia: 4 Alasan Milenial Wajib Investasi di Fintech P2P Lending

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE