26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Tips Investasi Modal Kecil, Instrumen Syariah Ini Bisa Jadi Pilihan

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi modal kecil salah satunya adalah instrumen investasi syariah. 

Investasi jenis ini merupakan pilihan cocok bagi seorang muslim, sebab sudah pasti mengedepankan prinsip syariah dan menanamkan nilai-nilai islami dalam proses investasi tersebut. 

Memahami Apa Itu Investasi Syariah

Terkait investasi syariah, sekurang-kurangnya terdapat 29 fatwa DSN MUI yang berhubungan dengan investasi syariah. Meskipun fatwa sifatnya tidak mengikat, tetapi pada prakteknya fatwa DSN-MUI adalah salah satu rujukan dalam mengembangkan pasar modal syariah Indonesia. 

Tiga (3) contoh fatwa DSN-MUI yang menjadi dasar pengembangan investasi syariah adalah:

  • Fatwa DSN-MUI Nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi Untuk Reksa dana Syariah
  • Fatwa DSN-MUI Nomor 40/DSN-MUI/X/2003 tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal
  • Fatwa DSN-MUI Nomor 80/DSN-MUI/III/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek

Secara khusus, investor yang akan memulai investasi syariah diawali dengan melakukan akad investasi berupa akad kerja sama atau musyarakah, sewa-menyewa atau ijarah, dan akad bagi hasil atau mudharabah. Investasi syariah saat ini juga telah menyebar luas ke berbagai macam lembaga keuangan di bidang perbankan maupun non-perbankan.

Tips Investasi Modal Kecil

Tips Investasi Modal Kecil, Pilihlah Investasi Syariah

Sebenarnya, jenis ataupun tips investasi pemula modal kecil syariah sama dengan jenis investasi yang konvensional. Hanya saja skema ini menggunakan sistem syariah dalam menjalankannya. 

Baca juga: Tips Investasi Modal Kecil: di P2P Lending Cuma Modal 100 Ribu!

Sehingga jenis investasi modal kecil syariah dianggap lebih menguntungkan dan bebas riba, terutama bagi umat muslim.

Berikut ini merupakan daftar jenis investasi syariah yang halal untuk pemula dan bisa menjadi pilihan investasi tanpa riba bagi kita yang ingin menggunakannya, tanpa perlu khawatir karena sistem dan konsepnya dilakukan berdasarkan ajaran agama Islam. 

Simak baik-baik penjelasannya, agar kita mengetahui perbedaannya dengan jenis investasi konvensional.

1. Tips Investasi Modal Kecil Syariah: Sukuk Tabungan

Jenis investasi pemula modal kecil syariah pertama adalah sukuk tabungan, atau obligasi syariah. Suksuk merupakan surat berharga yang berupa surat pengakuan utang yang diterbitkan sesuai prinsip syariah oleh negara atau perusahaan kepada calon pemegang obligasi.

Sementara pemegang obligasi akan menerima keuntungan berupa bagi hasil secara berkala. Namun sayangnya, banyak yang tidak tertarik dengan jenis sukuk tabungan ini, karena tingkat pengembaliannya dianggap kecil. Tapi, bagi yang tertarik saat ini banyak bank-bank syariah yang menawarkan jenis investasi ini, beberapa aplikasi investasi juga menyediakan sukuk tabungan sebagai salah satu jenis investasi yang bisa dipilih.

2. Tips Investasi Modal Kecil Syariah: Deposito Syariah

Jenis investasi pemula modal kecil syariah selanjutnya adalah deposito syariah, sama dengan deposito konvensional. Namun biasanya deposito syariah memiliki sistem bagi hasil yang diatur berdasarkan persentase. 

Contohnya, deposito syariah untuk 12 bulan di bank A persentase bagi hasilnya 44% : 56%. Hal ini berarti setiap keuntungan yang diperoleh akan dibagi menjadi 44% untuk kita dan 56%.

Baca jugaBerita Fintech Indonesia: 4 Alasan Milenial Wajib Investasi di Fintech P2P Lending

Deposito merupakan jenis investasi yang cocok digunakan untuk mempelajari cara investasi untuk pelajar. Sebab, deposito memiliki sistem yang sama dengan menabung. Deposito juga bisa menjadi gerbang bagi kita untuk mempelajari investasi lainnya.

3. Reksa Dana Syariah

Jenis investasi pemula modal kecil syariah selanjutnya adalah reksa dana. Definisi dari reksa dana syariah sebenarnya sama saja dengan reksa dana konvensional, namun pada sistem penerapannya menggunakan sistem syariah. 

Kita juga sangat mudah membedakan reksadana syariah dan konvensional. Dapat dilihat dari ada atau tidaknya tulisan ‘syariah/sharia, sesederhana itu.

4. Emas

Salah satu investasi modal kecil dengan hasil profit harian atau bulanan terukur yang bisa kita gunakan di tahun 2021 hingga 2022 ini adalah emas. 

Pasalnya dalam investasi konvensional, emas juga memang tersedia sebagai jenis investasi. Namun, emas dalam investasi syariah memiliki perhitungan yang dijamin bebas dari riba. Selain itu, daya tarik emas sebagai investasi juga disebabkan oleh kemananannya dan nilainya yang terjaga. Oleh karena itu, emas merupakan investasi jangka pendek yang merupakan pilihan tepat, terutama bagi pemula.

5. Saham Syariah

Jenis investasi syariah modal kecil terakhir adalah saham syariah. Sama dengan jenis investasi konvensional, yang investasi saham syariah adalah penggunaan sistem syariah yang lebih islami. 

Banyak daftar saham syariah yang tersedia di bursa efek Indonesia yang bisa kita pilih. Namun, menggunakan saham sebagai instrumen investasi memiliki risiko yang tinggi, diperlukan keterampilan dan pengalaman untuk memainkannya, meski syariah sekalipun.

Itulah tips investasi modal kecil lewat instrumen Syariah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda ya.

Baca jugaHeboh! Dirut Perusahaan Ini Ditangkap Gegara Dugaan Investasi Bodong

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE