Tips Memilih Perusahan P2P Lending yang Tepat

0
433

duniafintech.com – Rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengajukan peminjaman di lembaga keuangan konvensional, seperti bank, membuat individu dan pengusaha kecil beralih ke peminjaman online atau p2p lending. Namun, apakah perusahan p2p lending tersebut tepat? Berikut ini tips memilih perusahan P2P Lending yang tepat.

Tips Memilih Perusahan P2P Lending yang Tepat

Perusahaan P2P lending ini hadir memberikan kemudahan dan cara cepat memperoleh pinjaman. Pinjaman online ini juga cenderung fleksibel dari segi aturan dan tidak ribet sehingga hampir dipastikan pengajuannya diterima.

Baca juga: Lu Global Menangkan Aplikasi Fintech (ASEAN) Terbaik

Tapi yang namanya bisnis, tetap saja selalu ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan popularitas P2P lending sebagai sarana mencari keuntungan. Tak pelak, banyak nasabah yang mengalami kerugian karena mengambil pinjaman dari mereka.

Lantas, bagaimana caranya menemukan perusahaan peminjaman yang tepat? Simak beberapa tips berikut ini! 

  1. Izin Resmi

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, wajib memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan selaku pihak berwenang. Ini menjadi kunci terpenting yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman: periksa apakah mereka terdaftar di OJK.

OJK saat ini memilih hampir 100 nama perusahaan resmi yang bergerak di sektor peminjaman online. Daftar ini selalu diperbaharui setiap bulannya. Pastikan Anda selalu mengupdate informasi dari situs www.ojk.go.id

2. Kemudahan Aplikasi

Salah satu alasan kenapa orang memilih mengambil pinjaman online adalah untuk menghindari birokrasi yang rumit. Carilah perusahaan yang tidak meminta dokumen yang terlalu banyak dan menyulitkan.

Baca juga: Bursa Efek Thailand Berencana Rilis Platform Aset Digital 

3. Waktu Pencairan

Pinjaman online kerap menjadi pilihan karena waktu pencairannya yang cenderung cepat. Biasanya antara 24 jam sampai satu minggu. Jauh berbeda jika Anda mengajukan pinjaman ke bank yang bisa memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan yang ingin Anda gunakan jasanya tentang lama waktu pencairan dana pinjaman. 

4. Bunga Rendah

Masalah bunga yang ditetapkan oleh perusahaan P2P lending lokal sempat menjadi kehebohan beberapa waktu yang lalu. Ini karena mereka menetapkan bunga yang terlalu tinggi yang akhirnya menyulitkan para peminjam. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan pinjaman yang bunganya di bawah 1% per bulan. 

5. Profesionalitas

Selain masalah bunga, profesionalitas penyedia jasa P2P lending lokal juga sempat menuai kontroversi beberapa waktu yang lalu. Banyak pihak konon menggunakan cara penagihan yang kasar dan tidak sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Anda bisa menghindari hal ini dengan mencari nama-nama lenders yang populer serta memiliki rekam jejak yang baik.

Menemukan perusahaan peminjaman yang tepat memang tidak semudah memilih sepatu di toko. Lebih dari sekadar apa yang terlihat di luar, Anda masih harus mempelajari secara mendalam perusahaan yang akan Anda gunakan jasanya. Melakukan riset lewat internet hingga bertanya pada rekan-rekan yang sudah berpengalaman bisa menjadi langkah bagus menemukan P2P lending terbaik.

Itulah tips memilih perusahan P2P Lending yang tepat! Jangan ragu tuliskan komentar Anda!

-Dita Safitri-

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here