34.5 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

Berperan dalam Situasi Sulit, Ini Tips Memilih Pinjaman Online Syariah 

JAKARTA, duniafintech.com – Tips memilih pinjaman online syariah berikut ini tentu saja penting untuk Anda simak dan juga perlu diketahui.

Pinjaman online resmi syariah bisa menjadi salah satu solusi alternatif bagi kaum muslimin atau muslimah yang tengah memiliki kebutuhan dana. 

Jenis aplikasi fintech atau financial technology ini menawarkan sejumlah kemudahan terkait akses dan prosedur pengajuan kredit.

Situs pinjaman online resmi yang berbasis syariah umumnya tidak mengandung riba atau bunga pinjaman. Sebagai pengganti, layanan tersebut biasanya lantas memberlakukan sejumlah akad pinjaman yang sesuai dengan prinsip hukum Islam yang menjadi dasar keberadaannya.

Baca juga: Dijamin Halal, Ini Jenis Akad Pinjaman Online Syariah

Tips Memilih Pinjaman Online Syariah

Berita penipuan yang melibatkan oknum berkedok layanan pinjaman online berlabel syariah tentunya sangatlah memprihatinkan. Agar Anda tidak sampai ikut menjadi korban, cermatilah beberapa poin berikut ini sebagai tips saat hendak memilih situs pinjaman online syariah, di antaranya:

1. Legalitas status layanan

Situs pinjaman online syariah yang bonafit haruslah sudah mengantongi izin usaha yang resmi. Pada awal Maret lalu OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah merilis sejumlah nama situs pinjaman online yang legal. Anda bisa memanfaatkan daftar tersebut sebagai bahan referensi.

2. Rekomendasi terkait rekam jejak kualitas penyedia layanan

Di era komunikasi digital sekarang, tentu tidaklah sulit bagi Anda untuk mendapatkan informasi tentang rekam jejak suatu situs pinjaman online. Pilihlah situs yang telah memperoleh rekomendasi baik dari masyarakat, terutama nasabah yang pernah menggunakannya.

3. Tujuan penggunaan dana pinjaman

Situs pinjaman online berbasis syariah umumnya mensyaratkan penggunaan dana harus untuk kepentingan yang halal. Beberapa bahkan memfokuskan diri untuk memberi pinjaman dengan tujuan spesifik, seperti haji atau wisata religi, modal usaha, kredit rumah, dsb.

Agar dapat memperoleh manfaat layanan pinjaman yang efektif, sebaiknya pilihlah situs yang selaras dengan tujuan Anda.

4. Ketersediaan fasilitas layanan konsumen

Adanya fasilitas layanan konsumen yang sigap dan responsif tentunya akan sangat memudahkan Anda berkomunikasi dengan pihak pemberi pinjaman. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapatkan bantuan jika mengalami kendala selama menjalani masa kredit.

Selain keempat hal di atas, telitilah juga detail persyaratan lain yang mungkin diajukan oleh pihak situs pinjaman online resmi. Dengan demikian, Anda akan benar-benar memiliki informasi dan gambaran lengkap terkait kredibilitas situs pinjaman tersebut.

Tips memilih pinjaman online syariah

Peran Pinjol Syariah dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Di samping itu, masa pandemi sekarang ini membuat kondisi di berbagai sektor terguncang. Tak sedikit perusahaan yang gulung tikar, sehingga banyak karyawan yang terkena imbasnya alias ter-PHK. Selain itu, pandemi ini juga membuat sebagian besar bahan kebutuhan juga naik.

Baca juga: Sesuai Syariat Islam, Begini Kriteria Pinjaman Online Berbasis Syariah

Walhasil, perekonomian masyarakat pun ikut terguncang karena kehilangan pekerjaannya, tak bisa memenuhi kebutuhan, belum lagi biaya pengobatan jika sakit. Namun, kehidupan terus berjalan. Mau tak mau, masyarakat harus mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan.

Dalam kondisi seperti ini, platform financial technology (fintech) berbasis syariah mengambil perannya. Dengan fintech syariah, siapapun bisa mengajukan pinjaman untuk memenuhi berbagai kehidupan dengan rasa aman tanpa harus khawatir dengan riba dan sebagainya.

Adapun kelebihan dari fintech syariah yang membuat masyarakat semakin mengincar fintech syariah, yaitu tidak menggunakan sistem bunga. Melainkan fintech syariah menerapkan sistem bagi hasil dengan tenor yang disepakati.

Selain itu, sistem penagihan bagi nasabah fintech syariah dengan pendekatan atau pendampingan. Jika bayar tagihan lewat dari jatuh tempo, pinjamanmu tidak dikenakan biaya denda karena fintech syariah mengedepankan unsur prinsip transparansi dan adil.

Selama pandemi, masyarakat memanfaat fintech syariah untuk keperluan, berikut ini:

1. Memenuhi Kebutuhan

Tak heran, jika fintech syariah mengalami pertumbuhan yang pesat. Masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman untuk membangkit perekonomian keluarganya, baik untuk belanja kebutuhan, membayar biaya penting dalam rumah tangga.

2. Modal Usaha

Sebagian besar perusahaan yang mengalami kekurangan modal di masa pandemi ini juga mengandalkan pinjaman dari fintech syariah. Sebab, fintech syariah yang ditujukan untuk modal usaha memberikan nilai pinjaman yang sangat tinggi, yaitu mencapai miliaran.

Itulah ulasan mengenai tips memilih pinjaman online syariah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Tips Melunasi Pinjaman Online dengan Menekan Biaya Dapur, Bisa Dicoba ya! 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU