29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Tips Menggunakan Jasa Influencer

JAKARTA, duniafintech.com – Tips menggunakan jasa Influencer untuk kepentingan endorsement guna memasarkan brand produk Anda. Saat ini melakukan endorsement bukanlah hal yang sulit dilakukan oleh pelaku bisnis dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Para artis dan selebriti ibu kota banyak yang bersedia untuk membantu kamu melakukan endorsement produk, mulai dari yang cuma-cuma hingga harus merogoh kocek ratusan juta untuk melakukannya.

Saat kondisi seperti ini, tentunya teknik pemasaran yang dilakukan adalah secara online, maka dari itu jasa seorang influencer akan sangat dibutuhkan untuk mendongkrak sebuah popularitas produk kamu.

Perlu diketahui, saat ini ada banyak artis, sosialita dan pemilik instagram dengan followers banyak yang menjadi seorang influencer mengingat jasa influencer untuk endorse juga lumayan menjanjikan.

Terutama bagi artis-artis baru yang masih menjajaki peruntungan di bidang entertainment. Namun, nyatanya artis top juga mengikuti langkah yang sama untuk mendapatkan pemasukan tak terduga yakni melakukan endorsement melalui kanal media sosial.

Apabila saat ini bisnis yang sedang dijalani adalah bisnis online, maka memanfaatkan jasa influencer untuk melakukan endorsement perlu kamu lakukan untuk memperlaris dagangan kamu. Lalu, bagaimana cara menggunakan jasa endorsement yang tepat? Simak tips menggunakan jasa Influencer yang tepat berikut ini.

Tips Menggunakan Jasa Influencer untuk Kepentingan Endorsement

Influencer merupakan ujung tombak dalam bisnis atau seorang yang populer memiliki kecenderungan untuk menebar aura positif pada bisnis kamu. Selain itu, seorang influencer tentunya sangat populer dan memiliki banyak followers di media sosial sehingga potensi berkembangnya bisnis juga akan semakin besar.

Kendati demikian, tidak semua sosial media yang memiliki banyak pengikut bisa dijadikan sebagai seorang influencer. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan jasa influencer untuk endorsement agar tidak tertipu, antara lain:

  1. Teliti Keaslian Followers

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan jasa influencer, tentunya harus memperhatikan keaslian daripada followersnya. Misalkan, bisa dengan memastikan akun followersnya aktif atau tidak. Hal ini mengingat saat ini ada banyak sekali jasa tambah followers fiktif hanya supaya akun seseorang terlihat popular. Padahal, kenyataannya followers tersebut merupakan pemilik akun palsu.

Nah, untuk dapat melihat keasliannya tentunya kamu harus melihat nama dari akun tersebut. Umumnya akun palsu memiliki nama yang mencurigakan seperti angka dibelakang atau di depan nama.

Selain itu, akun palsu juga biasanya sangat jarang melakukan postingan. Mungkin saja Anda akan melihat sedikit postingan yang ada pada akun tersebut dan minim dengan komentar. Jumlah likes banyak juga tidak menjamin akun tersebut asli, karena likes saat ini juga bisa dibeli.

  1. Menyesuaikan dengan Target Pasar

Memilih seorang influencer untuk memasarkan produk Anda juga harus disesuaikan dengan target pasar. Misalkan saja kamu sedang menjual baju bayi atau baju anak-anak. Tentunya kamu juga harus mencari seorang influencer yang sudah memiliki anak atau sudah berkeluarga. Hal ini tentunya akan menarik banyak simpati pembeli untuk membeli produk yang kamu jual.

Jika kamu menjual produk olahraga, tentunya harus memilih seorang influencer yang memiliki tubuh atletis. Jika kamu menjual hijab, tentu harus mencari influencer yang menggunakan hijab. Jika influencer yang dipilih berbeda dengan target pasar, maka endorsement akan sia-sia karena tidak mendapatkan profit dari endorsement tersebut.

  1. Siapa Pengikutnya

Perlu untuk diketahui bahwa semakin seorang terkenal, maka akan semakin banyak juga hatersnya. Maka dari itu, tentunya Anda harus berhati-hati karena jika seorang influencer memiliki banyak haters bisa jadi ini akan menyebabkan dampak buruk bagi bisnis.

Jika demikian, ada kemungkinan juga para haters akan membenci produk yang kamu jual. Jika demikian, pastinya akan terhambat bisnis yang sedang dijalani? Untuk mengantisipasi hal ini, bisa dengan melihat komentar-komentar yang ada pada setiap unggahan seorang influencer.

  1. Perhatikan Kualitas Konten

Sebagai pemilik usaha, tentunya harus waspada dengan jenis konten yang akan ditampilkan influencer. Jangan sampai, nantinya produk kamu tidak sesuai dengan konten seorang influencer. Ini akan membuatmu tidak bisa memperoleh keuntungan dari produk.

Umumnya, para influencer juga akan meminta konten yang sudah jadi dari Anda, ataupun mengupload konten sendiri berdasarkan kesepakatan Anda dan influencer tentunya.

  1. Menyesuaikan dengan Budget

Jika seorang influencer semakin terkenal, maka akan semakin mahal juga harga dari setiap endorsement-nya. Bahkan, ada beberapa influencer yang mematok tarif dari mulai harga murah, wajar sampai dengan gila–gilaan.

Maka dari itu, tips menggunakan jasa Influencer untuk kepentingan endorsement tentunya harus pilah – pilah mana yang sekiranya sesuai dengan budget Anda. Jangan sampai nanti ketika sudah harga influencernya mahal, namun kamu tidak mendapat profit dari endorsement tersebut.

Misalkan saja seorang artis yang memiliki pamor tinggi, dia pun bisa berjalan-jalan ke luar negeri bahkan memborong seluruh anggota keluarganya karena endorsement dari sebuah produk.

Hal ini tentunya merupakan biaya endorsement yang cukup tinggi. Jika produk yang dijual adalah UKM, tentunya biaya sedemikian besar tak perlu dikeluarkan.

  1. Memiliki Banyak Platform

Kebanyakan saat ini para influencer tanah air juga melakukan endorsement melalui sebuah platform, namun perlu diketahui lebih dulu bahwa jika seorang influencer memiliki banyak akun media sosial, ini akan sangat membantu bagi bisnis kamu.

Influencer juga bisa meng-upload endorsement-nya melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube. Dengan begitu kamu akan memperoleh profit yang lebih besar lagi.

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU