25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

7 Tips Menggunakan Pinjaman Online Lebih dari Satu Aplikasi

JAKARTA, duniafintech.com – Ketika dihadapkan pada kebutuhan yang mendesak, seseorang biasanya akan mengajukan pinjaman online. Karna pengajuan pada pinjaman online memang mudah dan cepat sehingga membuat penggunanya menjadi terlena. Oleh karena itu, ada beberapa tips menggunakan pinjaman online untuk Anda yang ingin mengajukan pinjol lebih dari satu aplikasi.

Karena kemudahannya tersebut biasanya membuat orang lupa, sehingga banyak orang yang melakukan pinjaman dari pinjaman online yang berbeda-beda. Lalu apakah aman menggunakan pinjaman online dari beberapa aplikasi sekaligus?

Karena selain kemudahannya, pinjaman online juga memiliki risiko tersendiri. Maka pastikan kamu bijak dalam menggunakannya dan melakukannya dari aplikasi pinjaman online yang tepat agar bisa memastikan pengajuan yang kamu lakukan aman.

Tips Menggunakan Pinjaman Online Lebih dari Satu Aplikasi

Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa menggunakan pinjaman dengan aman, antara lain:

  1. Nilai Utang harus Proporsional

Berapapun aplikasi pinjaman online yang digunakan, nilai utang tetap proporsional dan masih sesuai dengan kemampuan keuangan. Idealnya, keseluruhan nilai cicilan utang bulanan tidak lebih dari 30% jumlah penghasilan bulanan.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki kemampuan keuangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan lainnya di dalam pengeluaran rutin bulanan.

Penting untuk menghitung dan merencanakan pengajuan pinjaman online dengan cermat. Jangan sampai jumlah cicilan melebihi kemampuan keuangan untuk menanggung utang.

Jika ternyata nilainya lebih dari 30% dari penghasilan bulanan, maka sebaiknya kamu tidak mengajukan pinjaman pada aplikasi yang baru. Lunasi utang yang ada terlebih dahulu, sebelum mengajukan pinjaman kembali.

  1. Pilih Aplikasi Pinjaman yang Legal

Tips menggunakan aplikasi pinjaman online selanjutnya adalah hindari aplikasi pinjaman yang ilegal dan tidak terdaftar secara resmi. Aplikasi seperti ini hanya akan membuat kamu mengalami masalah dan terbebani dengan berbagai biaya serta bunga pinjaman yang tinggi.

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus memilih aplikasi yang tepat dan sudah terdaftar secara resmi di OJK. Aplikasi yang seperti ini pada umumnya sudah mengikuti semua aturan dan kebijakan yang diterapkan OJK, sehingga hak sebagai nasabah lebih terjamin dan terlindungi.

  1. Pahami Semua Syarat dan Ketentuan

Jangan memilih aplikasi pinjaman dengan gegabah dan mengajukannya dengan tergesa-gesa, sebab ini beresiko menimbulkan kerugian. Penting untuk memahami semua persyaratan dan ketentuan yang diterapkan oleh aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Sempatkan diri untuk membaca semua persyaratan ini dan memahaminya dengan baik. Jika ada informasi yang kurang dipahami, maka akan sangat bijak bila kamu menanyakan terlebih dahulu kepada admin atau staff lembaga pembiayaan yang aplikasinya akan digunakan tersebut.

  1. Patuhi Persyaratan dan Ketentuannya

Penuhilah semua persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan. Lengkapi semua dokumen yang diminta dan isilah semua data diri dengan informasi yang valid.

Kamu juga harus mudah dihubungi oleh pihak perusahaan pembiayaan selama proses verifikasi pengajuan pinjaman tersebut. Hal ini akan mempermudah proses pengajuan pinjaman, sehingga kamu bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan cepat.

  1. Pilih Pinjaman dengan Bunga yang Rendah

Saat mengajukan pinjaman pada aplikasi online, cermati dengan baik besaran bunga yang diterapkan. Bunga pinjaman yang tinggi akan membuat nilai utang semakin besar, sehingga cicilan perbulannya juga semakin besar.

Jangan memilih pinjaman dengan bunga yang besar seperti ini. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu temukan dan jadikan sebagai pertimbangan, sehingga kamu akan leluasa untuk memilih.

Lakukan perbandingan antara satu aplikasi dengan yang lainnya, agar kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga paling rendah.

  1. Catat Pokok Utang, Cicilan dan Tanggal Bayar

Saat kamu memiliki beberapa pinjaman dari aplikasi yang berbeda, maka buat catatan secara detail untuk masing-masing pinjaman ini. Catatlah jumlah pokok utang, jumlah cicilan yang harus dibayarkan dan juga tanggal jatuh tempo masing-masing pinjaman tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu melakukan pembayaran dan menyelesaikan setiap utang dengan baik.

  1. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Sebagaimana pinjaman pada umumnya, pinjaman online yang kamu ajukan di aplikasi juga akan menerapkan sejumlah denda dan biaya lainnya yang cukup besar. Lakukan pembayaran dengan disiplin dan tepat waktu, agar kamu terbebas dari bunga dan berbagai biaya ini. Lakukan pembayaran dua atau tiga hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Itulah tadi beberapa tips menggunakan pinjaman online berbeda agar pinjaman kamu aman. Maka dari itu, ajukanlah pinjaman pada aplikasi yang tepat dan lakukan pembayaran dengan baik setiap bulannya, agar kelak pinjaman ini tidak menimbulkan masalah di dalam keuangan.

 

 

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE