31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

8 Tips Menjalankan Bisnis Online agar Tetap Profit

Bisnis online merupakan hal yang berbeda dibandingkan bisnis offline. Di bawah ini akan diberikan tips menjalankan bisnis online agar bisa profit.

Melalui internet bersama dengan smartphone atau ponsel pintar telah mengubah cara berbisnis dari yang awalnya mengharuskan seseorang untuk menjualnya secara tatap muka, namun sekarang bisnis memiliki cara untuk menjualnya secara online melalui internet.

Dengan adanya teknologi internet untuk berbisnis sekarang ini tidak mengharuskan Anda bertatap muka dengan konsumen secara langsung. Namun, calon konsumen akan menilai penawaran produk kamu bagus atau tidaknya dan melihat barang-barang dagangan atau produk Anda secara online. Semua transaksi dilakukan secara online, serta pembelian dan pembayarannya.

Tips Menjalankan Bisnis Online

Jika saat ini Anda ingin membuka bisnis secara online, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan bisnis online yang dapat mengembangkan bisnis Anda lebih baik.

  1. Melindungi Reputasi Online Merek

Hal utama adalah melindungi reputasi, karena dalam berbisnis secara online adalah tentang reputasi. Sebab, sekecil apapun kesalahannya dapat mencemari merek kamu selamanya, intinya adalah mengontrol di dunia maya. Maka dari itu, perlu untuk menyiapkan google alert untuk merek Anda. Hal ini bertujuan untuk memeriksa setiap penyebutan atau mention merek kamu.

Dengan memiliki seperangkat pedoman branding dan media sosial yang kuat, maka siapapun yang memposting atas nama merek Anda mengetahui apa yang diharapkan dari orang tersebut. Maka dari itu, belajar untuk menangani keluhan pelanggan dan mengadopsi pola pikir: memecahkan masalah; bahkan jika pelanggan itu salah. 

  1. Menyimpan Catatan Pelanggan

Pemilik bisnis biasanya memiliki salah satu masalah, yakni mereka harus dapat menyimpan catatan dengan aman. Pemilik bisnis memiliki kewajiban hukum untuk melindungi informasi pelanggan yang diperoleh secara online pada saat mereka melakukan transaksi. Misalnya, menyimpan informasi di perangkat terpisah dan memiliki sejumlah cadangan penyimpanan yang aman. Maka dari itu, pentingnya menyimpan catatan pelanggan dengan aman mengharuskan kamu untuk selalu memperbarui sistem, kontrol harus diterapkan, dan akses harus dibatasi hanya untuk karyawan tertentu. 

  1. Mengatur Aset Web

Aset web adalah segalanya bagi kelangsungan bisnis yang kamu miliki, mulai dari situs web online shop hingga profil media sosial, serta akun hosting. Ini memungkinkan kamu untuk membuat website yang akan memudahkan calon pelanggan untuk mencari informasi sebelum membeli produk, maka dari itu harus teratur dalam mengatur aset web Anda.

Semua aset yang relevan harus dioptimalkan secara terus-menerus untuk citra merek Anda. Misalnya, media sosial dan halaman web harus memiliki kata kunci yang relevan agar produk Anda ada di page 1 dan berada di baris paling atas. Mereka harus dimasukkan dalam rencana pemasaran terpadu dan harus diperbarui secara berkala dengan informasi terbaru tentang perusahaan atau produk.

  1. Ketahui Pesaing dan Pasar yang Dituju

Setiap bisnis pasti memiliki pesaing dan sebagai pemilik bisnis tentu harus tahu siapa pesaingnya. Sehingga, kamu tahu alasan pelanggan memilih produk yang Anda jual dibanding pesaingmu. Tidak ada lebih penting dibandingkan mengetahui pesaing dan pasar yang ingin kamu tuju. 

  1. Gigih dalam Berbisnis

Kegigihan merupakan salah satu syarat menjadi pebisnis sukses, karena kegigihan akan terbayar pada akhirnya jika terus melakukan semua hal yang benar. Maka dari itu, harus konsisten dan benar-benar fokus pada tujuan.

  1. Mengikuti Tren Terbaru

Pada era digitalisasi semuanya terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Dalam dunia online ini lebih cepat berkembang dari apapun yang kamu lihat di dunia nyata. Sebab itu, diperlukan untuk terus memperhatikan tren media sosial berkembang dan berubah sepanjang waktu. 

  1. Investasikan Pada Koneksi Internet

Dalam menjalankan bisnis online tentu harus memiliki jaringan internet yang bagus dan lancar untuk menunjang bisnis Anda dalam bersaing di pasar. Pastikan memilih penyedia layanan internet yang memiliki reputasi baik dalam hal konektivitas dan lakukan riset terhadap provider tersebut sebelum digunakan. 

  1. Tahu Kapan Harus Berhenti

Dalam dunia bisnis tidak sepenuhnya berjalan mulus, kadang kala ada sebuah ide akan gagal. Tantangan terbesar bagi pebisnis adalah mengetahui kapan sebuah ide tersebut gagal. Karena tidak ada gunanya mencoba menghidupkan kembali ayam mati. Jadi, jangan pernah takut untuk mengubah arah jika diperlukan. Anda memiliki kontrol atas bisnis yang sedang dijalankan, jika terjadi sesuatu sudah tidak memiliki jalan keluar, maka jangan segan untuk berhenti dan memilih jalur alternatif lainnya. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis memang pada awalnya memiliki sebuah risiko. Sebab itu diperlukan untuk meluangkan waktu guna belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut. 

 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE