27.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Auto Cuan, Inilah Panduan Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Banyak peluang untuk berbisnis dari perkembangan pesat dunia internet, termasuk sosial media, sehingga cara memulai bisnis online, termasuk untuk pemula bisa dipelajari sejak awal.

Adapun kelebihan bisnis online, salah satunya, adalah tidak terikat ruang ataupun waktu sehingga dapat dilakukan di mana dan kapan pun. Saat ini, banyak informasi dan pengetahuan di internet yang dapat Anda pelajari dengan gratis, contohnya bisnis rumahan online atau tanpa modal lewat sistem dropshipping.

Di samping itu, Anda pun bisa mempelajari cara memulai bisnis online makanan dan jenis bisnis lainnya via internet yang pastinya auto menghasilkan cuan. Panduannya adalah seperti dijelaskan di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

  1. Tentukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Adapun produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar berpotensi untuk memenangkan pasar, demikian pula sebaliknya. Karena itu, jika hendak memulai bisnis online shop baju, makanan, atau produk lainnya, langkah pertama yang harus dipertimbangkan, yakni produk Anda dibutuhkan pasar dan mampu menyelesaikan masalah konsumen atau justru sebaliknya.

Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi masalah yang dihadapi konsumen
  • Cari peluang bisnis di mana saja
  • Pilih masalah yang punya potensi bisnis
  1. Riset Pasar

Cara memulai bisnis online untuk pemula yang berikutnya adalah Anda harus fokus riset di bidang tersebut sebab merupakan cara menemukan ide bisnis online terbaik di sejumlah platform online. Dalam hal ini, carilah data yang objektif sebagai penunjang fondasi bisnis online sehingga keputusan yang diambil bukan sekedar asumsi atau opini, dengan langkah sebagai berikut:

  • Riset keyword
  • Cek apa yang sedang tren di media sosial
  • Bergabung ke forum
  • Buat survei
  1. Analisis Kompetitor

Panduan selanjutnya adalah dengan mempelajari kelebihan kompetitor. Anda dalam hal ini mesti mengetahui cara mereka membangun bisnis online, mendekati konsumen, hingga kekurangannya.

Informasi ini akan membuat produk Anda mampu bersaing dengan kompetitor. Lalu, Anda dapat menganalisis persaingan dengan kompetitor, dengan cara seperti berikut ini:

  • Kelompokkan kompetitor
  • Kunjungi website kompetitor
  • Kunjungi media sosial kompetitor
  • Cari review kompetitor
  • Identifikasi market positioning kompetitor
  • Bandingkan harga kompetitor
  1. Cari Model Bisnis

Setelah melakukan riset, cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya dengan memilih bisnis model yang paling menguntungkan. Walau produknya sama, penjualannya bisa berbeda-beda. Kamu bisa menjualnya melalui website, marketplace, atau sosmed.

Setiap pilihan platform akan berpengaruh pada metode penjualan. Memulai bisnis online makanan melalui sosmed tentu berbeda pendengarannya dengan cara penjualan melalui grub WhatsApp. Jadi kamu harus tetap mempersiapkan hal teknis untuk menjalankan bisnis online beserta risiko-risiko yang harus dihadapi.

  1. Tentukan Target Pasar

Tujuan produk yang hendak Anda jual akan diperjelas dengan menentukan target pasar, yang merupakan sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang dibuat.

Adapun setiap usaha online shop terlaris punya pasarnya masing-masing. Karena itu, dengan menentukan  target pasar yang lebih spesifik, Anda dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing. Langkahnya, antara lain:

  • Kelompokkan target pasar
  • Buat buyer persona yang spesifik
  1. Produk yang Bisa Dijual secara Online

Cara memulai bisnis online untuk pemula di sejumlah platform yang berikutnya adalah dengan menentukan produk yang akan Anda jual. Jika Anda telah mengamati data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar, tentu Anda sudah punya bayangan produk yang akan dijual. 

Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan target pasar. Contoh produk bisnis atau usaha online shop terlaris yang bisa Anda jual secara online adalah sebagai berikut:

  • Produk digital atau fisik: handphone, alat kesehatan, furniture, snack, oleh-oleh, ebook, atau software
  • Jasa: pemesanan tiket, pengiriman barang, booking hotel, atau layanan online marketing
  1. Buat Website

Tanpa punya website, memulai bisnis online shop baju, makanan, dan lain sebagainya tentu saja bakal terasa kurang. Pasalnya, membuat website adalah salah satu cara konsumen untuk menguji kredibilitas usaha Anda. 

Perkembangan teknologi saat ini juga kian memudahkan pengguna komputer untuk membuat website meski ia tidak menguasai coding. Anda pun dapat menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis online.

Akan tetapi, kalau Anda punya dana lebih, tidak ada salahnya untuk mulai membangun website yang lebih profesional untuk meningkat kredibilitas bisnis.

  1. Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Waktu yang tepat untuk menguji keandalan Anda dalam berbisnis adalah saat memasarkan bisnis online. Anda pun perlu mengantongi strategi yang tepat untuk dapat memasarkan bisnis online secara tepat sasaran dengan pesan marketing yang sesuai.

Strategi pemasaran bisnis online yang dapat Anda coba, antara lain:

  • Manfaatkan Google Bisnisku (Google My Business) 
  • Optimasi SEO
  • Maksimalkan media sosial
  1. Pertahankan Pelanggan Setia

Kini, produk Anda telah terjual dan punya berbagai pelanggan baru. Tentu saja itu merupakan berita baik. Meski demikian, jangan lupakan pelanggan lama.

Anda pun harus tahu, ongkos promosi untuk memperoleh pelanggan baru lebih mahal ketimbang merawat pelanggan lama. Cara untuk mempertahankan pelanggan lama, yakni:

  • Berinvestasi untuk customer support
  • Loyalty card
  • Email marketing
  1. Siapkan mental baja untuk konsisten dalam berbisnis

Terakhir, bagi Anda yang merupakan pemula dalam dunia bisnis, pastikan untuk menyiapkan mental baja karena Anda pastinya bakal melewati proses trial and error sampai menemukan berbagai kendala.

Meski begitu, pastikan Anda melihat kendala atau kesulitan ini sebagai tantangan dalam berbisnis. Dengan demikian, Anda dapat menjadi pebisnis yang konsisten dan tidak mudah patah semangat saat berada pada situasi yang menuntut pengambilan keputusan dalam fase kritis.

Demikianlah penjelasan tentang cara memulai bisnis online untuk pemula yang dapat Anda terapkan. Adapun langkah-langkah tadi dapat Anda ikuti sebagai panduan, referensi, dan inspirasi untuk segala jenis produk yang dijual secara online nantinya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE