26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

Tips Menyiapkan Keuangan untuk Masa Pensiun dari Sejak Dini, Simak Berikut Ini

DuniaFintech.com – Tidak sedikit orang yang sudah mulai merencanakan pensiun. Ketika kita membicarakan pensiun, yang kerap muncul sebagai bagian dari perencanaan dengan menyiapkan keuangan untuk masa pensiun itu sendiri. Tentu tidak bijak apabila kita merencanakan pensiun namun melewatkan strategi untuk mempersiapkan dana pensiun.  Pentingnya dana pensiun mungkin tidak perlu penjelasan lagi. Yang pasti, dana pensiun akan sangat berguna ketika tubuh sudah tidak lagi mampu bekerja keras, diri sudah tidak produktif, dan apabila kondisi kesehatan sudah mulai berkurang.

Di Indonesia, masa pensiun karyawan biasanya dimulai pada usia 55 tahun. Dengan asumsi usia harapan hidup ada di angka 75 tahun, Anda membutuhkan dana yang sebaiknya cukup untuk biaya hidup selama 20 tahun. Jika saat ini Anda berusia 25 tahun, maka Anda memiliki waktu 30 tahun untuk menabung dan membiarkan tabungan berkembang. Sementara jika berusia 30 tahun, Anda punya waktu 25 tahun; pada usia 35, punya 20 tahun; dan seterusnya.

Walaupun masih berumur tergolong muda, tak ada salahnya sedikit demi sedikit merencanakan keuangan untuk masa pensiun dari sekarang. Berikut ini adalah tips menyiapkan keuangan untuk masa pensiun sedini mungkin, agar masa tuamu bisa lebih tenang dan aman. Hal ini demi memutus rantai generasi sandwich juga.

Targetkan Usia Pensiun

Tips menyiapkan keuangan untuk masa pensiun memang lebih baik dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, untuk pensiun Anda tidak harus menunggu tua terlebih dahulu. Jika dilihat rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia adalah di usia 70 tahunan, sedangkan usia pensiun yang ideal adalah pada usia 55 tahun. Nah, di sini Anda bisa menargetkan sendiri di usia berapa Anda mulai pensiun dan mempersiapkannya.

Baca Juga:

Berinvestasi

Selanjutya adalah dengan berinvestasi. Investasi bisa menjadi salah satu jalan, untuk memutar dan mengembangkan hartamu. Ada berbagai macam investasi yang bisa Anda kembangkan. Mulai dari bermain saham, barang, properti, logam mulia, hingga reksa dana.  Berinvestasi juga memiliki kelebihan, karena nilainya akan terus berkembang, sehingga bisa dijadikan simpanan dan Anda akan mendapatkan keuntungan, yang bisa dikumpulkan untuk masa tua nanti.

Mempunyai Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Tips yang ke tiga adalah mempunyai asuransi kesehatan maupun jiwa. Karena, dengan mempunyai asuransi kesehatan atau jiwa, kondisi keuanganmu tidak akan terpecah fokusnya, ketika Anda membutuhkan dana untuk berobat.  Terlebih, di masa tua nanti Anda akan menemukan banyak risiko penyakit yang mungkin akan menyerangmu. Nah, di sini asuransi kesehatan atau jiwa, bisa membantu untuk menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan.

Memiliki Tabungan Khusus Pensiun

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tips menyiapkan keuangan untuk masa pensiun bisa dilakukan dengan menabung. Kamu bisa menabung ke lembaga keuangan seperti bank, atau perusahaan asuransi yang menyediakan produk tabungan dana pensiun. Untuk sistem menabungnya adalah seperti biasa, yakni dana disetor bulanan dan dana akan dikunci dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Biasanya, jangka waktu tabungan dana pensiun mulai dari 10 hingga 20 tahun.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU