28.6 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Tips Sukses Investasi Crypto agar Cuan Maksimal, Intip Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Tips sukses investasi crypto perlu diketahui agar para trader, utamanya para pemula, bisa cuan dengan maksimal.

Seperti diketahui, cryptocurrency sendiri dianggap sebagai mata uang baru yang cukup menarik perhatian pelaku bisnis sebagai instrumen investasi.

Bahkan, pakar keuangan juga beranggapan bahwa jual beli yang berkaitan dengan blockchain atau aset kripto merupakan masa depan.

Nah, di Indonesia, sekalipun tidak digunakan sebagai alat pertukaran, tetapi aset kripto bisa digunakan sebagai media investasi seperti saham.

Baca juga: Sebelum Investasi Crypto, Ketahui Dulu Aset Kripto Legal di Indonesia

Sebagai pengingat kembali, cryptocurrency adalah mata uang digital yang dikembangkan menggunakan teknologi enkripsi.

Lain dari mata uang konvensional yang bersifat terpusat, aset kripto bersifat desentralisasi, yaitu tidak ada pihak yang akan menjadi perantara dalam suatu transaksi.

Adapun pembayaran yang dilakukan di sini berlangsung secara peer-to-peer, yaitu dari pengirim langsung ke penerima.

Supaya, tentunya ada sandi-sandi istimewa yang membuat hal tersebut tidak mudah untuk disalahgunakan.

Tips Sukses Investasi Crypto – Jenis-jenis Mata Uang Kripto yang Populer

Untuk diketahui, jenis-jenis mata uang kripto yang saat ini beredar dan sangat populer adalah sebagai berikut:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Dogecoin
  • Ripple
  • Litecoin
  • Cardano
  • Polygon

Tips Sukses Investasi Crypto

1. Memiliki Perencanaan yang Matang

Jika kamu baru terjun ke bisnis ini maka biasanya pasti merasakan kesulitan pada awal-awal melakukan trading.

Hal itu wajar sebab fluktuasi harga sekuritas dari waktu ke waktu dan tingkat risiko yang lebih besar ketimbang mata uang lain.

Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis ini. Perencanaan yang kamu buat mesti memperhatikan jangka panjang. 

Maka dari itu, penting saat kamu ingin sukses investasi cryptocurrency, kamu harus mempelajari aset kripto yang diminati.

Hal itu pun akan menjadi pedoman rencana untuk dijadikan pelajaran ataupun tujuan ke depannya.

Pelajari pula tingkat risiko supaya kamu tidak semata-mata menggunakan emosi saat melakukan investasi ini.

2. Perhatikan Biaya Layanan dan Spread

Adapun biaya layanan tentunya menjadi hal yang mesti diperhatikan—berapa pun besarnya. Dalam melakukan transaksi perdagangan aset crypto, ada skema biaya layanan yang dibebankan kepadamu, yakni biaya pembelian dan penarikan.

Kedua hal di atas dapat menjadi acuan bagimu untuk memilih exchange atau platform Bitcoin sebab umumnya berbeda-beda.

Terdapat sejumlah exchange yang memberikan flat rate yang lebih menguntungkan, kemudian ada juga yang menggunakan skema persentase sesuai nominal penarikan. Di samping itu, ada pula biaya transaksi sebagai market taker yang akan dikenakan kepada para trader.

Bukan itu saja, juga ada spread, yakni perbedaan antara harga order beli tertinggi dan jual terendah di pasar pertukaran.

Buat investor pemula, perbedaan spread dalam selisih antara harga jual dan beli tidak jarang membuat terkejut. Selayaknya membeli emas, ada spread harga atau selisih harga jual dan beli yang harus didiperhatikan.

3. Sesuaikan Target dengan Kemampuan sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Memang tidak dimungkiri bahwa melakukan investasi banyak yang mengharapkan untung besar. Namun, kenyataannya, para investor aset kripto yang berhasil harus melalui berbagai tantangan dan tidak sukses dalam waktu singkat.

Hal itu karena bisnis ini dilakukan jangka panjang sehingga perlu adanya rencana target yang sesuai dengan kemampuan.

Adapun target yang disesuaikan mesti dijalankan secara konsisten. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperdalam pengetahuan investasi ini agar dapat memperhitungkan skema kapan harus membeli dan menjualnya.

Baca juga: 5 Investasi Crypto Jangka Panjang, Cocok untuk Pemula

Tips Sukses Investasi Crypto

4. Pilih Risiko Kecil bagi Pemula

Buat para pemula, memilih risiko kecil ketika memulai bisa menjadi salah satu kiat sukses trading cryptocurrency.

Memang, saat memperoleh profit besar di awal bisa memicu semangat sehingga rela mengambil risiko besar. 

Hal itulah yang benar-benar harus dipahami bahwa tidak ada jaminan mengambil risiko besar dapat membawa untung besar.

Oleh sebab itu, mulailah menerapkan trading dengan risiko kecil pada awal memulai. Kamu akan belajar banyak hal seiring waktu hingga berani mengambil risiko yang besar.

5. Mengetahui Market Timing sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Mengetahui waktu membeli dan menjual aset digital adalah tips yang perlu diketahui oleh trader dan investor.

Tips yang satu ini dapat menjadi cara untuk mengurangi risiko investasi. Apalagi, harga aset crypto yang mudah naik dan turun, sulit untuk diprediksi pergerakannya.

Market timing merupakan kemampuan investor dalam menentukan kapan harus menjual dan kapan harus membeli suatu aset.

Belilah saat harganya sedang murah, lalu jual saat harganya sedang naik. Strategi pembelian saat harga aset lebih murah dapat diketahui dari analisis grafik serta pergerakan harga rata-rata jangka pendek dan panjang.

6. Pastikan Platform Trading Aman dan Legal

Lebih jauh, platform trading yang akan digunakan juga sudah harus aman dan mendapatkan legalitas dari pemerintah setempat. Keputusan ini untuk meyakinkan bahwa uang yang Anda investasikan aman.

Kini,ada banyak perusahaan atau entitas yang telah mendapatkan tanda daftar dari Bappebti sebagai pedagang aset kripto, di antaranya Indodax.

7. Terus Belajar Trading Aset Crypto sebagai Tips Sukses Investasi Crypto

Buat para pemula, kalau berminat untuk melakukan bisnis cryptocurrency maka tentunya harus terus mempelajarinya dengan saksama.

Ada banyak informasi dan  pengetahuan dasar konten mata uang crypto atau blockchain, edukasi media exchange, dan tutorial investasi dalam bentuk teks maupun video interaktif di internet.

Di samping itu, jangan cepat menyerah saat kamu mengalami kerugian. Jika sudah memahami konsep awal secara baik maka pasti mengakui bahwa rugi merupakan salah satu hal yang harus dirasakan. Solusinya, harus mencoba kembali dengan rencana yang lain. 

8. Teknologi Keamanan yang Diterapkan

Nah, hal terakhir yang penting diperhatikan, yakni penggunaan teknologi untuk menjamin keamanan transaksi di exchange yang dipilih.

Sebagian besar exchange di Indonesia telah menggunakan standar keamanan seperti Two Factor Authenticator (2FA) dan konfirmasi melalui email dan SMS.

Mereka yang yang terdaftar di BAPPEBTI hampir dipastikan sudah memiliki sertifikasi ISO 27001 tentang Sistem Keamanan Informasi dan telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sekian ulasan tentang tips sukses investasi crypto yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Menghitung Break Even Point dalam Investasi Saham dan Crypto

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE