27.2 C
Jakarta
Sabtu, 9 Desember, 2023

Token Mandiri Terkunci: Panduan Cara Mengatasi hingga Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Token Mandiri Terkunci sangat penting diketahui oleh nasabah Bank Mandiri, utamanya bagi yang telah menggunakan layanan Internet Banking Mandiri. 

Mirip dengan Mandiri Online dan SMS Banking Mandiri, Internet Banking memungkinkan Anda melakukan transaksi finansial dan nonfinansial tanpa meninggalkan rumah.

Ketika Anda menggunakan layanan Internet Banking Mandiri, Anda perlu memiliki perangkat tambahan yang disebut TOKEN MANDIRI. Perangkat ini memiliki fungsi utama untuk meningkatkan keamanan setiap transaksi melalui Internet Banking Mandiri.

Seperti saat menggunakan ATM dan Mandiri Online, Anda akan diminta membuat PIN saat mengaktifkan perangkat ini. PIN ini akan digunakan setiap kali Anda melakukan transaksi di iBanking Mandiri. Jika Anda melebihi batas percobaan PIN yang diizinkan, maka perangkat akan terkunci.

Ketika ini terjadi, perangkat tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. Bagi Anda yang mengalami masalah serupa, berikut ini beberapa solusi dan informasi mengenai biayanya.

Baca juga: Syarat Pinjaman Kredit Serbaguna Mandiri untuk Karyawan

ISFF 2023 INDODAX

Token Mandiri Terkunci

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda juga harus memasukkan PIN Token Mandiri setiap kali Anda akan menggunakan perangkat tersebut. Anda sebaiknya selalu berhati-hati dan teliti saat memasukkan PIN Token karena jika Anda salah memasukkan 5 kali berturut-turut, perangkat tersebut akan terkunci.

Ketika Token Mandiri terkunci, layanan Internet Banking Mandiri tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Temukan jawabannya di bawah ini.

Panduan Mengatasi Token Mandiri Terkunci

Anda dapat mengatasi masalah ini baik secara online maupun offline. Untuk metode online, Anda dapat menggunakan layanan Call Center, sedangkan untuk metode offline, Anda dapat datang langsung ke Bank Mandiri. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasinya melalui kedua metode tersebut:

1. Lewat Call Center

  • Hubungi Call Center Mandiri.
  • Sampaikan bahwa Token Mandiri Anda terkunci karena kesalahan PIN.
  • Petugas akan meminta Nomor Challenge.
  • Nyalakan Token Mandiri, dan Anda akan melihat tulisan LOCK PIN dengan nomor xxxx345 di layar. Nomor Challenge adalah 7 digit angka yang terletak di belakang tulisan LOCK PIN. Sampaikan nomor ini kepada petugas.
  • Tunggu sejenak, petugas akan memasukkan nomor Challenge Anda ke dalam sistem untuk membuka Token Mandiri yang terkunci.
  • Petugas akan memberikan nomor response yang telah diterima.
  • Tekan tombol merah pada Token, lalu masukkan nomor response yang diberikan petugas pada perangkat.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat PIN baru dengan tampilan NEW PIN _ _ _ _ _.

Baca juga: Manfaat Mandiri Cash Management dan Layanannya, Cari Tahu Yuk!

Token Mandiri Terkunci

  • Konfirmasikan pembuatan PIN baru pada kolom PIN CONF _ _ _ _ _.
  • Dengan langkah-langkah ini, masalah Token Mandiri terkunci akan berhasil diatasi.

2. Melalui Kantor Cabang

  • Ambil nomor antrean di Customer Service (CS) Mandiri.
  • Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.
  • Temui petugas dan sampaikan bahwa Anda ingin membuka Token Mandiri yang terkunci.
  • Serahkan berkas persyaratan yang diminta oleh petugas (KTP / Buku Rekening / ATM Mandiri).
  • Nyalakan Token dan sebutkan nomor Challenge yang muncul di layar perangkat.
  • Petugas CS Mandiri akan mencantumkan nomor tersebut dalam sistem.
  • Petugas akan memberikan kode response yang harus Anda masukkan pada layar PIN _ _ _ _ _ _ _ dengan menekan tombol merah pada perangkat.
  • Konfirmasikan pembuatan PIN baru.
  • Dengan langkah-langkah ini, proses membuka Token Mandiri yang terkunci akan berhasil.

Biaya Memperbaiki

Untuk urusan biaya, Mandiri tidak membebankan biaya kepada nasabah yang mengalami kunci PIN pada Token Mandiri. Namun, jika perangkat mengalami kerusakan, biaya penggantian sebesar Rp. 20.000 akan dikenakan. Jika Token Mandiri hilang, Anda akan dikenakan biaya penanganan sejumlah Rp. 100.000.

Baca juga: Cara Bayar Spotify Premium via Livin Mandiri Mudah dan Cepat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Link Pinjol Ilegal Mudah Cair yang Perlu Diwaspadai, Teliti sebelum Meminjam!

JAKARTA, duniafintech.com – Link pinjol ilegal mudah cair tentunya perlu diwaspadai. Pinjaman online ilegal masih menjadi masalah yang serius di Indonesia.  Banyak aplikasi pinjaman online...

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk dengan Baik dan Benar

JAKAARTA, duniafintech.com - Perkara hutang ini tidak bisa dihindari pada suatu kondisi, mau tidak mau, Anda harus siap untuk melunasi tepat waktu agar tidak...

Kualitas Layanan Fintech di Indonesia: Bagaimana Peluang dan Tantangannya?

JAKARTA, duniafintech.com – Kualitas layanan fintech di Indonesia adalah hal penting yang perlu diketahui terkait perkembangan financial technology di tanah air. Pada zaman sekarang, peran...

Produk Investasi Syariah yang Halal dan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com - Produk investasi syariah merupakan pilihan investasi yang mengacu pada prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia, terdapat beberapa...

Sah! OJK Pastikan Pinjol Jembatan Emas Tutup, Ini Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Penyelenggara fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) PT Akur Dana Abadi atau Jembatan Emas resmi tutup.  Hal ini...
LANGUAGE