25 C
Jakarta
Minggu, 27 November, 2022

UBISOFT MELAKUKAN EKSPLORASI BLOCKCHAIN DALAM DUNIA VIDEO GAME

duniafintech.com – Seperti diketahui teknologi Blockchain memang menawarkan sebuah sistem jaringan yang terbilang efisien dari segi biaya dan juga memiliki kelebihan dalam hal keamanan dan transparansi.

Hal inilah yang mendorong salah satu perusahaan atau pelaku industri video game terbesar asal Prancis, Ubisoft untuk mulai melakukan eksplorasi atau pengembangan teknologi Blockchain pada dunia gaming khususnya video game.

Mungkin bagi Anda pecinta permainan video game, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa judul video game yang dirilis oleh perusahaan gaming Ubisoft.

Seperti Asphalt, Watch Dog, Far Cry, Assasin’s Creed, dan masih banyak lagi video game hasil ciptaan Ubisoft yang saat ini beredar di game console.

Ketertarikan pihak Ubisoft dalam mengembangkan teknologi Blockchain untuk video game, tentu saja bukan semata-mata untuk mengikuti tren teknologi saja.

Seperti dilansir situs gaming IGN, Direktur Trend dan Wawasan Lab, Lidwine Sauer, Ubisoft, salah satu alasan mengapa Ubisoft ingin menguji coba dan melakukan eksplorasi Blockchain adalah teknologi Blockchain mampu menawarkan kemampuan dalam hal kepemilikan suatu item secara digital atau smart contract yang tidak dimiliki oleh teknologi yang beredar saat ini.

“Penerapan Blockchain ini nantinya diyakini akan menekan angka pembajakan video game yang marak dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dikarenakan tidak bisa direplikasi oleh siapa pun.” Ujar Lidwine Sauer.

Teknologi Blockchain Mampu Melindungi Kepemilikan Asset dan Juga Properti Kreatif Secara 100%

Berkat adanya Blockchain kepemilikan properti kreatif, hak paten, dll bisa mudah dilindungi dengan layanan Blockchain seperti smart contract.

Salah satu cara melindungi video game dari serangan pembajakan adalah dengan melakukan proteksi dan berkaloborasi dengan beberapa website yang menyediakan layanan download game atau pihak Ubisoft harus memiliki aplikasi berbasis Blockchain sendiri untuk meminimalisir bahaya dari pembajakan video game tersebut.

Ini merupakan langkah maju yang ingin dilakukan oleh pihak Ubisoft terkait masalah seperti hak cipta dan juga hak paten yang biasanya sering melanda para pelaku indusrti gaming akibat pembajakan ataupun pencurian ide kreatif mereka. Itulah mengapa saat ini sudah banyak perusahaan kakap yang bergerak pada bidang teknologi, game, energi, dll yang mulai mengembangkan dan menerapkan sistem teknologi Blockchain pada sektor bisnis mereka. Alhasil, manfaat teknologi Blockchain bisa dirasakan oleh banyak kalangan secara luas.

Source: Coindesk.com

Written by: Febrian Surya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Menghitung Obligasi pada Harga Diskonto dan Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghitung obligasi perlu dipahami oleh mereka yang memilih menggunakan instrumen investasi yang satu ini. Tujuannya adalah agar para investor, khususnya pemula,...

Cara Berinvestasi di Bank dan Beberapa Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara berinvestasi di bank tentu saja akan sangat penting diketahui oleh masyarakat secara luas sekarang ini. Investasi di bank sendiri menjadi solusi...

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate: Cashback hingga Mitra Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tipe kemitraan Shopee Affiliate penting dipahami saat kamu akan mengisi formulir pendaftaran Shopee affiliate. Seperti diketahui, banyak orang yang tertarik dengan kemitraan...

Surat Berharga Negara: Jenis-jenis hingga Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Surat Berharga Negara (SBN) masih menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan. Bagi para pemula, SBN pun layak untuk dimiliki....

Indonesia Krisis Beras dan Pemerintah Harus Impor?

JAKARTA, duniafintech.com - Indonesia saat ini harus dihadapi dengan adanya ancaman bahaya pangan, stok beras beras nasional sedang berada titik terendah atau krisis. Hal semacam...
LANGUAGE